Siapa yang tidak ingin kuliah di luar negeri. Hampir sebagian besar para pelajar Indonesia bercita-cita demikian. Mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang untuk mendapatkan pengalaman hidup yang baru.

Tidak hanya akan merasakan suasana negara yang berbeda, mulai dari cuaca, iklim, lingkungan masyarakat hingga makanan dan minumannya. Kuliah di luar negeri juga memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Baca Juga: 3 Persiapan Penting Untuk Kuliah di Luar Negeri

Bukan rahasia umum lagi bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata baik. Hal itu tidak hanya terlihat dari gedung sekolah yang di beberapa daerah sudah tidak layak huni, tetapi juga dari segi tenaga pengajar yang pada faktanya masih banyak yang dipaksakan untuk mengajar mata pelajaran tertentu, padahal itu bukan bidangnya.

Beragam keuntungan yang akan dirasakan ketika kuliah di luar negeri membuat hampir sebagian pelajar menginginkan untuk mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang. Tidak sedikit pula yang telah berhasil mewujudkan impian tersebut.

Bagaimana dengan kamu? Kamu juga berencana kuliah di luar negeri demi mendapatkan pengalaman baru dan kualitas pendidikan terbaik? Berikut ini 5 cara kuliah di luar negeri yang patut untuk kamu ketahui.

1. Beasiswa Pemerintah

Cara yang paling umum yang dilakukan oleh para sebagian besar pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri adalah dengan memanfaatkan berbagai program beasiswa pemerintah, baik itu yang disediakan oleh pemerintah Indonesia maupun pemerintah negara asing.

Salah satu program beasiswa pemerintah Indonesia yang paling popular dan banyak diminati adalah beasiswa LPDP. Program dana bantuan pendidikan ini bertujuan untuk mempersiapkan profesional dan pemimpin masa depan Indonesia.

Jenis beasiswa LPDP ini sendiri adalah beasiswa penuh. Itu artinya, tidak hanya menanggung biaya kuliah hingga kuliah, tetapi juga biaya hidup termasuk tiket pesawat pulang pergi dari/ke Indonesia dan negara tujuan.

Tidak hanya pemerintah Indonesia yang menyediakan beasiswa untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri, tetapi pemerintah negara lain. Sebut saja Beasiswa Chevening yang berasal dari pemerintah Inggris dan banyak pula diminati oleh pelajar Indonesia.

2. Beasiswa Universitas

Selain pemerintah baik Indonesia maupun negara asing, program beasiswa juga disediakan oleh pihak universitas terkait. Umumnya, untuk bisa mendapatkan beasiswa kampus, kamu harus terlebih dahulu dinyatakan diterima di universitas tersebut.

Pada program beasiswa ini, kamu memerlukan modal untuk setidaknya membeli tiket pesawat dari Indonesia ke negara tujuan, sekaligus juga membayar uang pendaftaran dan uang semester, serta pula menanggung biaya hidup sendiri.

3. Beasiswa Swasta atau Sponsor

Program beasiswa tidak hanya ditawarkan dari pihak pemerintah dan universitas saja, tetapi pihak swasta juga menyediakannya. Di Indonesia, perusahaan Djarum misalnya, membuka kesempatan untuk pelajar Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri dengan program beasiswa mereka yang bernama Djarum Foundation.

Kamu juga bisa mengajukan proposal beasiswa ke kantor tempatmu bekerja, jika memang menyediakan. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang memang menyediakan dana khusus untuk para karyawannya yang ingin kembali mengenyam pendidikan tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

4. Pertukaran Pelajar

Salah satu jalan mudah untuk merasakan pengalaman kuliah di luar negeri adalah melalui program pertukaran pelajar. Namun untuk mendapatkan kesempatan ini, tentu saja kamu harus memiliki prestasi di sekolah atau kampus kamu.

Berprestasi bukan berarti hanya berarti nilai akademis secara baik saja, tetapi juga aktif berorganisasi, berkepribadian yang baik, dan mungkin keahlian khusus. Beberapa poin yang menjadi pertimbangkan untuk kamu mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri dengan cara melalui program pertukaran pelajar.

Cara lain untuk kuliah di luar negeri adalah dengan download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Mengapa? Karena melalui goKampus, berbagai program beasiswa kuliah tersedia. Proses pendaftaran kuliah juga bisa dilakukan. Tak hanya itu, kamu juga bisa cicil biaya kuliah. Event kampus dan magang juga tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like