Kuliah di luar negeri menjadi sebuah impian bagi sebagian besar pelajar Indonesia. Impian itu tidak terlepas dari berbagai keuntungan yang dihadirkan ketika berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang.

Memperluas relasi hubungan menjadi keuntungan pertama kuliah di luar negeri. Kamu dipastikan tidak hanya akan bertemu dengan mahasiswa lokal –negara tujuan- tetapi juga dengan mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Kuliah di Luar Negeri? Jangan Lakukan 3 Hal Ini!

Keuntungan kuliah di luar negeri yang kedua adalah merasakan pengalaman baru dalam menjalani kehidupan. Kamu untuk sementara waktu tidak akan tinggal di Indonesia, tetapi di negara tujuan tempat mengenyam pendidikan. Tentu budaya dan kehidupan bermasyarakat di sana berbeda. Ambil contoh di Inggris, dimana tingkat disiplin begitu tinggi.

Dan keuntungan lain dari kuliah di luar negeri sekaligus menjadi faktor terbesar mengapa banyak pelajar Indonesia yang berkeinginan ke negeri orang untuk kuliah adalah mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik.

Tidak dapat dipungkuri bahwa beberapa universitas terbaik berada di luar negeri, sebut saja di Inggris, Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia dan sebagainya. Meski begitu, di Indonesia sendiri mengenai sistem pendidikannya juga sudah mulai membaik. Terlihat dari beberapa perguruan tinggi dalam negeri yang masuk dalam daftar kampus terbaik di kawasan Asia.

Langkah pertama untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri adalah dengan mencari informasi seputar pendaftaran selengkap-lengkapnya. Mulai dari jadwal pendaftaran hingga berkas yang dibutuhkan.

Mengenai berkas apa saja yang diperlukan saat daftar kuliah di luar negeri, berikut ini setidaknya 3 dokumen penting yang paling umum digunakan.

1. Dokumen Bukti Akademis

Dokumen penting pertama untuk daftar kuliah di luar negeri yang paling umum digunakan adalah bukti akademis. Dokumen bukti akademis ini berupa Ijazah baik SMA dan sederajatnya maupun S1 dan S2.

Proses pendaftaran ke universitas di luar negeri sangat memerlukan dokuman tersebut. Ketika pendaftaran, sebagian besar kampus mewajibkan kamu untuk mengirimkan fotocopy Ijazah yang telah dilegalisir melalui pos.

Namun satu hal yang penting untuk diingat dan dilakukan adalah bahwa kamu harus lebih dulu men-translate Ijazah milik kamu oleh pihak universitas. Tapi ada beberapa agen pendidikan yang membantu dalam urusan translate Ijazah untuk keperluan daftar kuliah di luar negeri.

Selain itu, jangan lupa pula untuk membawa Ijazah asli yang telah dilegalisir ketika ingin daftar ke salah satu universitas di negara tujuan. Mengingat, beberapa universitas mewajibkan para calon mahasiswa untuk membuktikan keaslian surat kelulusan mereka.

2. Sertifikat Bahasa Inggris

Sertifikat bahasa Inggris menjadi dokumen penting kedua yang umum digunakan untuk daftar kuliah di luar negeri. Namun dokumen kedua ini tergantung pada negara dan universitas tujuan kamu, mengingat ada beberapa kampus di luar negeri yang tidak mewajibkan calon mahasiswanya untuk melampirkan sertifikat bahasa Inggris.

TOEFL dan IELTS menjadi sertifikat bahasa Inggris yang paling umum digunakan oleh para mahasiswa ketika ingin daftar kuliah di luar negeri. Terpenting adalah, mengetahui English Requirement, mengingat masing-masing universitas memiliki standar yang berbeda.

3. Surat Rekomendasi dan Essay

Dan dokumen penting yang paling umum digunakan untuk daftar kuliah yang terakhir adalah surat rekomendasi atau Letter of Recommendation. Sebagian kampus di luar negeri mewajibkan calon mahasiswa untuk melampirkan dokumen yang satu ini.

Surat rekomendasi ini bisa berasal dari pembimbing skripsi sewaktu kuliah, dekan, guru ataupun kepala sekolah, ataupun petinggi perusahaan jika kamu seorang karyawan. Adapun mengenai isi dari dokumen ini adalah pendapat orang lain tentang diri kamu, baik itu mengenai kelebihan maupun kekurangan.

Selain surat rekomendasi, dokumen penting lainnya adalah essay atau Letter of Motivation. Berbeda dengan surat rekomendasi, essay adalah dokumen yang ditulis sendiri dan berisikan tentang harapan, latar belakang, dan berbagai alasan mengapa kamu kuliah dan mengambil jurusan ini, serta lain sebagainya.

Kini berkat aplikasi goKampus, segala urusan kampus beres hanya dalam genggaman tangan. Proses pendaftaran kuliah lebih hemat 80%, berbagai program beasiswa kuliah tersaji, dan cicilan biaya kuliah juga bisa dilakukan di goKampus. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat dan mencari informasi tentang event kampus. Begitu juga tentang informasi magang yang tersaji dari penawaran-penawaran perusahaan ternama. Jadi, download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like