limbah pertambangan
Tips Belajar

Limbah Pertambangan Ternyata Juga Bisa Bermanfaat, Loh!

Apa yang terpikirkan oleh kamu saat mendengar “kegiatan pertambangan”? Yang terbersit olehmu mungkin saja limbahnya yang berbahaya. Memang, limbah pertambangan memiliki dampak yang gak sedikit terhadap pencemaran air maupun kerusakan lingkungan. Namun, jika kalau pengolahannya baik, limbah pertambangan juga dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, loh. Perusahaan tambang yang baik dan bijak sudah seharusnya memikirnya seluruh proses pertambangan dan bisa bertanggung jawab terhadap hasil limbah. Pengawasan dari masyarakat dan pemerintah setempat juga sangat berperan penting. Nah, agar kamu mengetahui jenis-jenis limbah pertambangan dan juga manfaatnya, yuk baca artikel ini!

Apa Itu Limbah Pertambangan?

Mengutip dari Gramedia, limbah pertambangan adalah bahan-bahan sisa yang berasal dari rangkaian aktivitas pertambangan. Jika dibiarkan dan tidak diolah dengan baik, zat-zat beracun limbah pertambangan dapat mencemari dan merusak lingkungan. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian khusus para pelaku pertambangan. Contoh limbah pertambangan adalah arsenik, asap, asam sulfat, timbal, merkuri, raksa, batu-batuan, logam berat, karbon monoksida, radioaktif, dan berbagai macam lainnya. Limbah pertambangan memiliki tiga jenis berdasarkan bentuknya, yaitu padat, cair, dan gas.

Limbah padat atau tailing, mengutip Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, adalah limbah dari hasil proses penggerusan batuan tambang yang mengandung bijih mineral dan mengambil logam berharganya. Sedangkan, limbah cair, mengutip dari situs Green Chemicals Indonesia, adalah limbah yang berbentuk cair dari proses penambangan, penimbunan di stockpile, dan proses pencucian material tambang. Limbah cair terbagi menjadi 2 jenis, yaitu logam terlarut dan limbah air asam tambang.

Bagaimana Cara Mengelola Limbah Pertambangan?

Dalam proses pertambangan, gak hanya pelaku tambang, melainkan pemerintah dan masyarakat setempat harus turut mengawasi seluruh prosesnya. Jangan sampai ada pihak yang merasa rugi selama proses berlangsung.

Limbah tambang adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari. Oleh karena itu, perusahaan tambang harus dengan seksama memikirkan cara pengolahan tambang, supaya tetap dapat bermanfaat bagi manusia. Misalnya, dalam proses penambangan emas, seperti mengutip dari Agincourt Resources, pengolahan limbah pertambangan emas bisa sampai pada tahap zero waste atau tidak ada yang terbuang sama sekali. Tentunya, dengan melalui kontrol kualitas yang ketat, limbah tambang dapat memberikan manfaat untuk berbagai macam kebutuhan.

1. Material Konstruksi

Pemanfaatan limbah tambang yang paling umum adalah dengan menjadikannya sebagai bahan material konstruksi seperti genteng, bata, paving block, dan sebagainya. Limbah yang bisa diproses menjadi bahan material konstruksi adalah lumpur halus, tailing, slag (ampas bijih), dan berbagai macam lainnya. Lumpur halus biasanya untuk membuat konstruksi tambang di bawah tanah jadi lebih kuat, slag untuk agregat beton dan sandblasting untuk membersihkan permukaan tanah dengan cara menembakkan partikel berupa pasir.

2. Pembangkit Listrik

Limbah gas seperti Sulfur Dioksida (SO2) biasanya sebagai tenaga pembangkit listrik sehingga dapat meminimalkan biaya produksi listrik.

3. Bahan Baku Pabrik Semen

Slag tergolong jenis limbah B3 (bahan, berbahaya dan beracun), dan pengolahannya harus teliti. Melalui berbagai proses pengolahan tertentu, slag dapat menjadi bahan baku pembuatan semen. Sebagai gambaran, slag adalah limbah yang berbentuk batu batu kaca dan mengandung sulfida, logam oksida, silikon dioksida, dan lainnya.

4. Daur Ulang Limbah

Masker bekas hingga bag filter yang digunakan dalam proses pertambangan juga dapat didaur ulang menggunakan teknik peleburan di pabrik. Salah satu alasan pendauran masker bekas adalah karena adanya kemungkinan besar logam-logam berharga yang menempel di masker.

Baca Juga: Pertambangan, Bidang Pekerjaan Sulit Tapi Banyak Peminat

So, limbah pertambangan tidak selamanya negatif kok, jika pengolahan limbahnya baik dan melalui proses atau kontrol yang ketat. Oh iya, kamu tertarik dengan jurusan pertambangan? Kamu bisa mencari informasi seputar jurusan tersebut di goKampus loh. Di goKampus, banyak jurusan yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakatmu! Penasaran? Langsung klik di sini ya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *