universitas yang ada jurusan tata boga
Kategori Kelas

5 Universitas yang Punya Jurusan Tata Boga

Seiring perkembangan dunia kuliner, minat calon mahasiswa terhadap jurusan tata boga rupanya semakin tinggi. Universitas yang ada jurusan tata boga juga semakin banyak loh. Hal ini tentu jadi kabar baik terutama buat kamu yang memang memiliki passion di dunia kuliner. 

Di sisi lain, banyaknya pilihan kampus mungkin membuat kamu sedikit bingung mau pilih yang mana. Masing-masing tentu memiliki keunggulan, mulai dari fasilitas hingga jaringan alumni yang berpengaruh pada prospek kerja selepas lulus nanti.

Rekomendasi Universitas yang Ada Jurusan Tata Boga di Indonesia 

1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Jurusan tata boga di UNJ telah mendapat akreditasi A. Setelah lulus, alumninya akan mendapatkan gelar sebagai sarjana pendidikan. Di sini kamu akan diajarkan lebih banyak tentang pengetahuan akan kuliner dan pastry. Selain itu, kamu juga diberikan materi mengenai cake shop, pengelolaan katering, serta pengelolaan restoran dan makanan hotel. 

2. Universitas Negeri Surabaya

Pada dasarnya, di sini akan lebih banyak mempelajari tentang dekorsi boga, bakery, pastry dan manajemen usaha boga. Selain itu, kamu juga akan banyak mempelajari masakan lokal dan internasional untuk kebutuhan industri kuliner restoran, hotel, dan semacamnya. 

3. Universitas Negeri Malang

Sama seperti UNJ, lulusan dari kampus ini juga akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan. Bedanya, selain sarjana, di UM juga tersedia program D3 loh. Sedangkan untuk fokus mata kuliahnya, di sini kamu akan banyak belajar tentang pengelolaan makanan, bisnis kuliner, dan tentunya bakery dan pastry

4. Universitas Pendidikan Indonesia

Jurusan tata boga di UPI terkenal dengan jaringan alumninya yang kuat. Namun hanya tersedia satu kelas besar untuk kelas tata boga. Maka dari itu proses seleksinya cenderung lebih ketat. Adapun fokus mata kuliahnya lebih banyak mengenai jasa boga, pastry, manajemen catering dan masih banyak lagi.  

5. Universitas Negeri Yogyakarta

Gak hanya menawarkan program studi S1, di sini juga ada program studi D3 loh. Ciri khas dari jurusan tata boga di UNY adalah kamu akan lebih banyak berfokus pada ilmu dari teknik boga murni. Selain itu, kamu juga fokus belajar ilmu mengenai perencanaan menu, resep, serta penyajian dari setiap hidangan.

Baca Juga: Akademi Tata Boga Bandung, Pelopor Kampus Seni Kuliner di Indonesia

Itulah lima universitas yang ada jurusan tata boga yang dapat kamu pilih. Tentunya masih banyak perguruan tinggi lain yang memiliki keunggulan dan karakteristik berbeda. Kamu bisa memilih universitas unggulan lain yang menyediakan jurusan tata boga di sini.

Oh iya, kalau minat bekerja di sektor pariwisata dan perhotelan, kamu tentu harus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Yuk, perlancar kemampuan bahasa Inggris kamu terutama di bidang perhotelan dengan ikutan kelas Cepat Cakap Inggris Khusus Pramusaji F&B di sini.

Jangan lupa pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Psst, kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan bahasamu sekarang atau explore kelas Cakap lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *