tata boga
Kategori Kelas Upskill

Gak Banyak yang Tahu! Ini yang Dipelajari di Jurusan Tata Boga

Tahukah kamu kalau jurusan tata boga itu gak cuma belajar masak? Mahasiswa jurusan ini juga belajar tentang perencanaan, pengelolaan, hingga cara mengevaluasi usaha kuliner. Nah buat kamu yang penasaran sama jurusan ini, kita simak ulasannya yuk. 

Pada dasarnya, tata boga memang ilmu pengetahuan yang mempelajari seni mengolah makanan, mulai dari pengolahan bahan, memasak, hingga cara menghidangkannya. Jadi berbagai aspek tata boga, baik tekstur makanan, mutu pangan, maupun kandungan nilai gizi juga dipelajari. Kamu juga bisa membaca seputar jurusan tata boga di sini.

Tata boga sendiri di Indonesia mulai berkembang sebagai disiplin ilmu sejak era Hindia Belanda. Pada abad ke-19 dulu, para juru masak bertugas menyiapkan makanan untuk para pejabat Belanda dan lokal. Nah saat itu, hidangan yang disajikan dinamakan boga hindia (Indische Keuken). 

Setelah Kemerdekaan, tata boga mulai ditawarkan di berbagai SMK, di mana lulusannya diarahkan untuk bekerja di industri pariwisata dan perhotelan. Jurusan ini juga mulai hadir di SMA sebagai keterampilan ekstrakurikuler. Seiring perkembangan dunia kuliner, tata boga pun mulai menjadi disiplin ilmu di sejumlah perguruan tinggi.

Baca Juga: Salah Kaprah Tentang Jurusan Hospitality

Apa Sih yang Dipelajari di Jurusan Tata Boga? 

Mahasiswa jurusan tata boga juga belajar teknik penyajian makanan yang memperhatikan 4 aspek, yakni estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi. Kamu juga akan belajar mengolah berbagai makanan khas Nusantara serta hidangan luar negeri seperti masakan barat, masakan China, masakan Timur Tengah, dan dari berbagai kawasan lainnya. 

Tak hanya makanan, kamu juga belajar bagaimana meracik minuman dan mempelajari cara menghidangkannya. Oh iya, soal aspek sanitasi, kebersihan, porsi gizi, sampai cara pelayanan juga jadi ilmu dasar yang dipelajari di jurusan ini loh. 

Selain itu, mahasiswa juga mempelajari berbagai cabang ilmu sains yang berhubungan dengan pengolahan makanan. Dari situ, mereka akan langsung mengimplementasikan pengetahuan tersebut dengan melakukan praktik pengolahan dan pemrosesan makanan. Tak cuma sampai di situ, lulusannya pun bakal dibekali modal untuk berwirausaha di bidang pangan dengan pengetahuan seputar komersialisasi dan teknik distribusi produk pangan yang dibutuhkan untuk menjadi wirausahawan yang berkualitas.

Jadi sekali lagi, tata boga gak melulu soal belajar masak. Pada akhirnya semua pengetahuan-pengetahuan tadi akan mencetak lulusan yang siap terjun ke dunia bisnis kuliner. Kamu tahu kan kalau prospek karier di bisnis kuliner itu luas banget? 

Namun, ya itu tadi, banyaknya bidang ilmu yang dipelajari membuat jurusan ini sebenarnya menjadi gampang-gampang susah. Gampang bila minat kamu memang di dunia kuliner, tapi susah kalau kamu gak punya etos, semangat, dan kreativitas untuk mengikutinya. 

Mata Kuliah di Jurusan Tata Boga

NoMata Kuliah Tata BogaNoMata Kuliah Tata Boga
Etika14Kudapan dan Minuman Nusantara
Kimia Dasar15Pengolahan Makanan Nusantara
3Matematika16Teknologi Makanan
4Sosiologi17Dekorasi Kue
5Dasar-dasar Manajemen18Pengolahan Makanan Oriental
6Ilmu Gizi19Pengolahan Makanan Kontinental
7Higiene20Makanan untuk Fisiologis Khusus
8Sanitasi21Pastry
9Kewirausahaan22Tata Hidang
10Dasar Boga23Analisis Mutu Pangan
11Kimia Makanan24Bakery
12Dekorasi Makanan25Pengelolaan Usaha Boga
13Gizi Terapan26Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Prospek Karier Jurusan Tata Boga

Industri kuliner yang selalu berkembang dan tak pernah sepi peminat membuat prospek karier lulusan tata boga menjadi sangat cerah. Bidang kuliner diyakini akan selalu diperlukan kapan pun dan di mana pun, sehingga peluang mendapat pekerjaan setelah lulus dari jurusan ini selalu terbuka.

Baca Juga: Ini Manfaat Ikutan Seminar Bisnis Bagi Pebisnis Pemula

Ada banyak profesi yang dapat kamu pilih setelah lulus, misalnya: 

1. Chef

Koki atau chef merupakan salah satu profesi favorit lulusan jurusan ini. Jenis koki ada banyak, misalnya saucier (sauté chef), poissonnier (fish chef), rotisseur (roast chef), grillardin (grill chef), friturier (fry chef), entremetier (vegetable chef), garde container (pantry chef), boucher (butcher), dan patissier (pastry chef

2. Food vlogger

Food vlogger makin diminati karena berpotensi mendatangkan keuntungan besar. Profesi ini punya peran penting karena selain mengenalkan makanan atau tempat makan, mereka juga bisa berbagi pengetahuan tentang rasa, tekstur, hingga ke visual sajian, bahkan cara membuatnya.

3. Food stylist

Pekerjaan ini umumnya dibutuhkan di restoran, penerbit buku resep, dan media-media promosi makanan, termasuk media sosial.

4. Baker

Mirip dengan koki, baker pun dapat bekerja di banyak bidang. Misalnya di restoran, kapal pesiar, catering, kafe, atau atau toko roti juga bisa. 

5. Barista

Jurusan ini akan mempelajari ilmu menghidangkan dan mengelola kopi loh. Jadi kamu akan punya bekal yang bagus untuk jadi barista. Tingginya minat orang pada kopi membuat barista sangat dibutuhkan. 

6. Jurusan tata boga juga bisa kerja di lembaga pemerintahan

Lulusan jurusan ini juga banyak yang bekerja sebagai pengawas obat dan makanan di BPOM, Departemen Pertanian, LIPI, hingga perusahaan BUMN seperti BULOG dan PTPN (Perkebunan Nusantara). 

7. Konsultan gizi dan pangan

Ilmu yang kamu dapat bisa disalurkan untuk bekerja sebagai konsultan gizi dan pangan, baik untuk individu, perusahaan, organisasi, maupun profesional seperti atlet, artis, dan semacamnya. 

8. Tenaga pendidik

Kamu juga bisa menjadi tenaga pendidik baik formal maupun nonformal, misalnya seperti guru sekolah, dosen, ataupun pengajar kursus bidang kuliner. 

9. Wirausaha juga salah satu prospek lulusan jurusan tata boga

Seperti disampaikan di atas, lulusan tata boga juga dibekali pengetahuan seputar komersialisasi dan teknik distribusi produk pangan yang dibutuhkan untuk menjadi wirausahawan.

Baca Juga: Serba-Serbi Ijazah, Salah Satu Surat Sakti Dalam Hidup Kita!

Rekomendasi Kampus Terbaik untuk Jurusan Tata Boga

Nah, bagi kamu yang tertarik masuk jurusan ini tapi masih bingung ingin kuliah di mana, berikut beberapa rekomendasi kampus terbaik yang membuka jurusan tata boga: 

NoNama Kampus
1Universitas Negeri Jakarta
2Universitas Negeri Surabaya
3Universitas Negeri Malang
4Universitas Pendidikan Indonesia
5Universitas Negeri Yogyakarta
6Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua
7Indonesia Patisserie School
8The Sages Institute International
9Bali Culinary Pastry School
10Tristar Culinary Institute
11Akademi Pariwisata Makassar
12Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
13Politeknik Sahid (Pariwisata)
14Universitas Ciputra
15Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
16Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta
17Akademi Tata Boga Bandung

Tentunya masih banyak perguruan tinggi lain yang memiliki keunggulan dan karakteristik berbeda. So, sudah tahu kira-kira kamu akan kuliah di mana jika ambil jurusan ini?

Oh iya, kalau minat bekerja di sektor pariwisata dan perhotelan, kamu tentu harus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Yuk, perlancar kemampuan bahasa Inggris kamu terutama di bidang perhotelan dengan ikutan kelas Cepat Cakap Inggris Khusus Pramusaji F&B di sini.

Jangan lupa pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Psst, kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan bahasamu sekarang atau explore kelas Cakap lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *