mahasiswa baru
goKampus Tips Belajar Upskill

Langka! 10 Jurusan Yang Jarang Diminati

Memilih jurusan setelah lulus SMA pasti sudah jadi hal yang biasa bagi calon mahasiswa baru nih. Ada yang sebelumnya sudah mencari tau pemahaman melalui internet, ada juga yang berkonsultasi bareng orang tua atau senior di sekolahnya untuk mempertimbangkan jurusan perkuliahan.

Tapi kamu tau gak sih kalau sebenarnya disamping jurusan yang familiar setiap tahun seperti jurusan manajemen, jurusan psikologi, jurusan DKV, dan lain sebagainya. Ada loh jurusan yang jarang diminati oleh mahasiswa di Indonesia. Hmmm.. apa aja ya? goKampus bakal kasih tau kamu 10 jurusan yang jarang diminati di Indonesia. Cek yuk!

1. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan yang jarang diminati yang pertama adalah jurusan ilmu perpustakaan. Biasanya jurusan ini menawarkan jenjang D3 dan S1. Gak jarang juga loh ada beberapa kampus yang menawarkan peluang studi lanjut ke S2 di jurusan ilmu perpustakaan.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari nanti terkait dengan matematika, hukum, sosiologi, filsafat, komputer, dan mata pelajaran lainnya. 

Hal ini dikarenakan para lulusan jurusan ilmu perpustakaan dituntut agar bisa menguasai segala ilmu. Selain itu, jika kamu memutuskan untuk mendalami jurusan ilmu perpustakaan, kamu akan belajar tentang pengelolaan perpustakaan, teknisi perpustakaan, manajemennya, hingga penerapan teknologi informasi untuk memudahkan kegiatan di perpustakaan.

Prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan cukup luas dan tidak hanya menjadi penjaga perpustakaan dan pustakawan saja saja. Setelah lulus nanti, kamu bisa menjadi document controller atau pengontrol dokumen.

Bagi kamu yang senang bekerja dengan arsip dokumen, tidak ada salahnya untuk melamar di bidang kearsipan karena mata kuliah jurusan tersebut juga mempelajari cara membuat arsip. Kamu juga bisa menjadi seorang sekretaris, indexer, hingga pemilik percetakan karena sudah pernah mendapatkan dasar-dasar penerbitan buku. 

2. Jurusan Kehutanan

Jurusan yang jarang diminati di Indonesia selanjutnya adalah jurusan kehutanan. Ketertarikan terhadap alam bisa menjadi salah satu motivasimu untuk masuk ke jurusan kehutanan. Jurusan ini memang tidak sepopuler jurusan kedokteran atau teknik, namun peluang kerjanya sangat luas. 

Dengan masuk ke jurusan kehutanan, ketika lulus nanti kamu bisa berkontribusi pada Indonesia untuk melindungi hutan dan kekayaan alam Indonesia, apalagi hutan yang terdapat di negeri ini sangat luas serta rentan dengan tindak penyalahgunaan

Prospek kerjanya lulusan jurusan kehutanan cukup banyak dan menjanjikan, misalnya sebagai seorang peneliti, pegawai BUMN, perusahaan perkebunan, pekerjaan di lembaga birokrat seperti Dinas Kehutanan, Balai Pengelolaan, hingga di Kementerian.

Gak menutup kemungkinan juga kamu bisa bekerja di tempat badan konservasi ternama seperti WWF, Wildlife Conservation Society, Conservation International, dan sebagainya.

3. Jurusan Ilmu Arkeologi

Jurusan yang jarang diminati selanjutnya di Indonesia adalah jurusan Ilmu Arkeologi. Kalau kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal dan meneliti benda-benda jaman dulu dan bersejarah. 

Peluang kerja jurusan Arkeologi kedepannya adalah menjadi seorang arkeolog, peneliti, sejarawan, dll. Apabila tujuan utamamu setelah lulus nanti menjadi seorang arkeolog namun belum tercapai, kamu bisa mencoba peluang lain untuk bekerja di bidang akademik seperti museum sebagai seorang kurator maupun arsiparis. 

Selama mendalami jurusan Arkeologi, kamu pun akan diajarkan cara mengolah data, sehingga peluang kerja selepas lulus bisa juga berkaitan dengan bidang pengumpulan data hingga penulisan laporan di sektor jurnalistik hingga konservasi.

4. Jurusan Sastra Jawa

Jurusan yang jarang diminati di Indonesia selanjutnya adalah jurusan sastra jawa. Jurusan ini sebenarnya cocok banget buat kamu yang suka sastra dan ingin mendalami bahasa-bahasa Indonesia asli. 

Prospek kerja  lulusan Sastra Jawa adalah sebagai seniman, wartawan, pekerja museum, peneliti budaya Jawa, ahli bahasa, penerjemah, dosen, guru bahasa Jawa, dan sebagainya. 

5. Jurusan Ilmu Filsafat

Kamu pasti udah gak asing lagi sama jurusan filsafat yang terkenal sulit ini kan. Namun, kenyataannya jurusan filsafat merupakan salah satu jurusan yang jarang diminati di Indonesia.

Banyak yang menganggap bahwa jurusan Ilmu Filsafat hanya akan membuat stress karena mempelajari hal-hal kecil. Namun, sebenarnya Ilmu Filsafat ini akan mengajarkan kita untuk lebih kritis untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi. 

Filsafat dikenal sebagai induk segala ilmu karena mempelajari hal-hal mendasar yang ada pada manusia serta kaitannya dengan realita, sehingga ilmu ini sangat membutuhkan pemahaman dasar dan lebih bersifat abstrak. 

Peluang kerja lulusan Ilmu Filsafat adalah menjadi pegawai SDM, konsultan rekrutmen, eksekutif pemasaran, psikoterapis, penulis, pegawai di instansi pemerintahan, dan tempat lainnya. 

Baca Juga: Berguna Banget! 10 Cara Menjadi Psikolog

6. Jurusan Ilmu Astronomi

Jurusan yang jarang diminati di Indonesia lainnya adalah jurusan ilmu astronomi, dimana jurusan ini erat banget kaitannya dengan pelajaran mengenai benda-benda langit.

Setelah lulus jurusan Ilmu Astronomi, jangan dibayangkan bahwa kamu akan menjadi astronot. Lebih dari itu, kamu akan menjadi seorang astronom, bekerja sebagai peneliti dan bidang pengembangan, dosen, hingga pegawai di instansi pemerintah maupun non pemerintahan.

7. Jurusan Seni Peran

Jurusan yang jarang diminati di Indonesia berikutnya adalah jurusan seni peran, dimana jurusan ini kerap kali dianggap remeh karena banyak statement yang mengatakan kalau ingin berakting gak perlu menempuh pendidikan formal. Sebenarnya, ketika kamu masuk ke jurusan seni peran, kamu akan mempelajari banyak hal, seperti akting dan mimik wajah.

Untuk peluangnya lulusan jurusan Seni Peran, kamu bisa menjadi bintang film, sutradara, produser dan sebagainya. Gak hanya itu, jika kamu benar-benar menguasai bidang yang diambil, kamu bisa menjadi pelatih di dunia seni peran, bahkan mengajar di akademi seni peran atau sekolah khusus akting.

Namun, jika kamu lebih suka dengan pekerjaan di balik layar, kamu bisa menjadi staff marketing untuk mempromosikan pertunjukan seni peran.

8. Jurusan Teknik Perkapalan

Jurusan teknik perkapalan merupakan salah satu jurusan yang jarang diminati di Indonesia loh guys. Jurusan ini akan mempelajari tentang kapal dan alat transportasi lainnya terutama yang mengambang di laut.

Kamu akan belajar berbagai macam hal tentang perancangan dan pembangunan kapal, mulai dari bentuk dasar dan struktur kapal, proses produksi, cara memperbaiki kapal, navigasi kapal, aspek hukum kelautan, hingga mekanisme pengoperasian armada kapal.  

Prospek kerja lulusan jurusan Teknik Perkapalan sangat luas. Kamu bisa bekerja di tempat yang menyediakan bidang pembangunan kapal, pemeliharaan dan reparasi peralatan lepas pantai, jasa konstruksi dan rekayasa, dan sebagainya. 

9. Jurusan Manajemen Transportasi

Jurusan yang jarang diminati berikutnya adalah jurusan manajemen transportasi. Kamu akan mempelajari hal-hal yang erat kaitannya dengan transportasi. Kamu akan belajar mengenai perencanaan, pengoperasian, hingga pemeliharaan berbagai macam jenis transportasi. 

10. Jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Jurusan yang jarang diminati di Indonesia yang terakhir adalah jurusan ilmu hama dan penyakit tumbuhan nih guys. Kamu akan mempelajari materi kuliah tentang isu pengelolaan hama demi mengkonservasi lingkungan sekaligus manajemen sumber daya alam. 

Setelah lulus dari jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, kamu bisa melanjutkan karir di bidang pembuatan obat, bekerja di pabrik pupuk, sebagai penyuluh pertanian, peneliti tanah dan tumbuhan, perencana restorasi lingkungan, konsultan lingkungan, manajer ilmu alam, spesialis konservasi alam, dan sebagainya.

Kamu juga dapat bekerja di lembaga pemerintahan, misalnya LIPI, Bappeda, Departemen Pertanian, perusahaan BUMN, maupun perusahaan swasta.

Kamu bisa klik halaman ini untuk cari informasi lebih mengenai jurusan yang akan cocok buat kamu ya.  Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *