jurusan IPS bisa jadi apa aja
goKampus Tips Belajar Upskill

Cek Biaya Universitas Psikologi Di Indonesia

Setiap tahunnya jurusan psikologi selalu memiliki peminat yang tinggi di berbagai universitas psikologi di Indonesia. Apalagi kalau kamu bingung mau masuk ke universitas psikologi mana yang kamu inginkan. Nah, sebelum ke sana kita bahas dulu yuk jurusan psikologi itu belajar apa aja sih? Cek artikel ini yuk!

Ilmu psikologi bisa diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk bisa memahami bagaimana seseorang bisa merasakan, berpikir, dan bertindak tentang suatu hal.

Selain itu, ilmu psikologi memiliki banyak kegunaan yang bisa diaplikasikan dalam berbagai sektor kehidupan. Nah, dari hal ini ilmu psikologi bertujuan untuk memberikan alternatif bagi seseorang dalam menjalani kehidupannya. 

Salah satunya adalah melalui pemikiran yang berbagai aliran psikologi yang ada di dalamnya. Itulah mengapa kebenaran dalam ilmu psikologi itu gak mutlak.

Belajar ilmu psikologi merupakan hal yang mudah loh, makanya gak heran kalo jurusan ilmu psikologi merupakan salah satu jurusan yang paling diminati oleh para pelajar di Indonesia, bahkan setiap tahunnya peminatnya selalu nambah loh guys. 

Alasannya pun beragam, mulai dari yang sudah terbiasa mengamati perilaku orang lain sampai materinya paham untuk hafalan. Padahal, belajar ilmu psikologi membutuhkan seluruh pemahaman yang tinggi, dan materinya juga ada hitungannya loh!

Ilmu psikologi juga bukan sebatas akal sehat aja nih, Ilmu psikologi merupakan sesuatu yang ilmiah yang bisa diteliti secara adil dan objektif. Dan yang orang-orang sering salah persepsi adalah kamu bisa menjadi psikolog saat kamu sudah lulus S1. 

Padahal gak loh, kamu gak bisa langsung jadi psikolog walaupun kamu udah lulus sarjana S1 jurusan psikologi. Kamu butuh gelar magister atau S2 untuk menjadi seorang psikolog. Jadi gelar psikologimu bukan abal-abal.

Biar kamu gak penasaran sama berbagai universitas jurusan psikologi di Indonesia. goKampus akan kasih tau kamu tiga universitas jurusan psikologi yang cukup favorit di Indonesia beserta biayanya. Ini dia!

1. Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Universitas psikologi yang pertama adalah di Universitas Tarumanagara (UNTAR). Program Studi Psikologi di kampus ini telah dirintis sejak tahun 1981. Ilmu Psikologi mulai digunakan pada Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur, dan Fakultas Kedokteran dalam bentuk mata kuliah Pengantar Psikologi.

Pada tahun yang sama didirikan pula Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi yang dikelola langsung oleh Yayasan Tarumanagara.

Program studiSPPBPPBiaya sks/blokJumlah sks/blokTotal biaya kuliah semester 1Total biaya kuliah
Psikologi25,000,0008,500,000400,0002016,500,000117.100.000

2. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas psikologi selanjutnya adalah UPH. Dengan enam konsentrasi pilihan (pendidikan psikologi, psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi industri dan organisasi, psikologi perkembangan, serta psikologi konseling), UPH memiliki tujuan untuk menghasilkan profesional dengan integritas dan kemampuan dalam membuat kemajuan yang diperlukan di bidang psikologi.

Fakultas psikologi UPH memberikan mahasiswanya gambaran tentang studi dasar psikologi dan bentuk aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum fakultas psikologi dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan perspektif yang luas dalam bidang psikologi, kemampuan luar biasa untuk melakukan penelitian di bidang teknologi perilaku dan konseling, serta dedikasi yang tinggi dalam pelayanan kesehatan mental sesuai dengan profesionalisme.

Untuk bisa mengoptimalkan proses belajar mengajar, mahasiswa akan diberikan penjelasan langsung oleh dosen atau tenaga pengajar yang memiliki pengalaman dan profesional di bidang psikologi. UPH juga memberikan fasilitas berupa laboratorium yang bisa digunakan sebagai tempat workshop.

Berikut ini adalah biaya kuliah jurusan psikologi UPH:

Program studiFirst payment
2nd semester – complete

Total study fee
Admission feeJacket, orientation,facilities1st semester (semester fee + credit fee)
psikologi45,000,00016,000,00018,850,000127,595,000207,445,000

3. Universitas Surabaya

Universitas psikologi selanjutnya adalah UBAYA. Fakultas Psikologi UBAYA telah menjadi institusi yang digunakan untuk mendidik mahasiswanya lebih dari sekedar mengembangkan ilmunya melalui pengajaran di kelas yang unggul, tetapi juga untuk mengembangkan soft skill mahasiswanya. 

Ubaya juga memberikan mahasiswanya pengajaran softskill melalui pengajaran di ruang kelas, program co curricular dan ekstrakurikuler. Fakultas psikologi memiliki berbagai dosen dan tenaga pengajar yang sudah ahli dan profesional di bidangnya masing-masing. Dan fakultas psikologi Ubaya terbuka dari S1 sampai S3.

Berikut ini adalah biaya kuliah jurusan psikologi Ubaya:

Fakultas Program studiUPP (per semester)Persyaratan khusus
totalAngsur 5xtunai
Psikologi19,950,0003,990,00019,000,000

Baca Juga: 12 Fun Fact Tentang Mata Kuliah Psikologi

Setelah kamu mengetahui lebih detail mengenai universitas jurusan psikologi yang favorit di Indonesia, kita bahas yuk beberapa jenis ilmu psikologi yang harus kamu pelajari saat kamu menjadi mahasiswa jurusan psikologi.

1. Psikologi Umum dan Eksperimental

Macam-macam psikologi yang pertama adalah psikologi umum dan eksperimental. Saat ini dunia Psikologi mengenal sekitar 13 teori kepribadian. Dari mana diperoleh 13 teori tersebut? Dari penelitian yang dilakukan oleh para psikolog, khususnya Psikolog Klinis. Sigmeun Freud, tokoh yang merumuskan Teori Psikoanalisis Klasik, misalnya, adalah seorang Psikolog Klinis.

Nah, salah satu cara penelitian yang dilakukan untuk menghasilkan teori Psikologi adalah melalui eksperimen selama bertahun-tahun. Dan dalam Ilmu Psikologi Umum dan Eksperimental inilah kita belajar tentang metodologi penelitian, responden, alat pengukuran psikologi, dan masih banyak lagi.

2. Psikologi Klinis

Macam-macam psikologi lainnya adalah psikologi klinis. Dalam Psikologi Klinis, kita mendalami perilaku manusia dengan lebih detail. Seorang Psikolog Klinis menangani beragam kondisi mental individu, mulai dari yang ringan seperti mengatasi krisis percaya diri hingga yang masuk kategori berat seperti perilaku psikopat.

Untuk menjadi seorang Psikolog Klinis, kamu harus melanjutkan kuliah ke jenjang Magister – tepatnya S2 Profesi. Setelah selesai spesifikasi kuliah Psikologi Klinis, calon Psikolog harus mengikuti sidang profesi Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Sebagian Psikolog Klinis bekerja dalam setting medis. Lantas, apa bedanya dengan Psikiater? Pendekatan dan landasan keilmuan Psikologi Klinis adalah pada perilaku manusia. Psikolog Klinis juga tidak diizinkan memberikan pelayanan penggunaan obat karena kewenangan ini dimiliki oleh Psikiater yang berlatar belakang keilmuan Kedokteran.

3. Psikologi Perkembangan

Macam-macam psikologi selanjutnya adalah psikologi perkembangan. Perkembangan mental kita sejak kanak hingga berusia senja mengalami tahapan-tahapan proses yang menarik. Setiap tahapan dikaji secara ilmiah dalam Psikologi Perkembangan. Maka pada bidang Ilmu Psikologi inilah kita belajar tentang perkembangan remaja, pendidikan anak, dan seterusnya.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa loh klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *