sertifikasi iso
Tips Belajar

Kenalan Sama Sertifikasi ISO! Seberapa Penting Buat Dunia Usaha?

Dalam dunia bisnis, pernah dengar sertifikasi ISO? Apa alasan menggunakan sertifikasi ISO? Memang penting untuk sebuah perusahaan? Nah, buat kamu yang mau memulai sebuah usaha atau bisnis, terus punya pertanyaan-pertanyaan tadi, jawabannya sertifikasi ISO sangat dibutuhkan loh.

ISO (The International Organization for Standardization) adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. ISO memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen.

Bagi usaha atau bisnis yang memiliki sertifikasi ISO, memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Soalnya, ada jaminan kualitas dari produk atau jasa serta kepercayaan konsumen terhadap brand tersebut. Situs OSS Certification melansir, ada beberapa manfaat dengan adanya sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan. Apa saja sih?

1. Sertifikasi ISO Bisa Meningkatkan Kredibilitas Dan Kepercayaan

Dengan mengutamakan sistem manajemen berkualitas, sebuah perusahaan dapat menjamin kredibilitas mereka. Kredibilitas di sini adalah kendali proses dan prosedur sebuah perusahaan. Apabila terdapat sesuatu hal yang tidak beres, maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Kredibilitas ini juga akan menghasilkan nilai positif dalam kepuasan pelanggan.

2. Jaminan Kualitas Berstandar Internasional

Untuk mendapatkan standardisasi ISO, sebuah perusahaan harus melalui siklus PDCA, yaitu identifikasi, analisa, dan eksekusi dalam penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus ini adalah prinsip internasional yang hadir di berbagai jenis industri loh.

3. Lebih Hemat Biaya

Sertifikasi ISO juga memungkinkan suatu perusahaan menerapkan sistem manajemen khusus yang membantu mereka untuk mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh. Jika ada indikasi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun, maka bisa mengantisipasi dengan cepat. Secara gak langsung, dengan adanya sertifikasi ISO, mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja buruk.

4. Kinerja Karyawan Lebih Optimal

Berkat prinsip manajemen mutu, membuat seluruh karyawan dari level staff hingga level eksekutif mudah mengikuti kebijakan perusahaan. Hal ini akan memacu para karyawan untuk dapat menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas mereka sesuai standar ISO.

5. Meningkatkan Image

Salah satu keuntungan paling jelas dari perusahaan yang mendapatkan sertifikasi ISO adalah image atau brand perusahaan menjadi lebih positif. Selain itu, secara lambat laun juga bisa meningkatkan laba perusahaan.

Baca Juga: Tips Memilih Lembaga Sertifikasi Berkualitas Dunia

Nah, kalau kamu bercita-cita supaya bisa bekerja di perusahaan dengan sertifikasi ISO, pastikan kamu sendiri punya sertifikasi yang bonafide ya. Misalnya kamu sertifikat dari luar negeri seperti Singapura. Apalagi, salah satu universitas di Singapura, yaitu Trend Global College memberikan kemudahan akses buat siapapun yang ingin mendapatkan sertifikasi.

Trent Global College merupakan lembaga pendidikan tinggi modern yang menawarkan program diploma dan program sarjana universitas asing untuk jurusan yang secara akademis tinggi peminat dan relevan dengan kebutuhan saat ini. Kampus ini juga menawarkan program-program menarik, seperti sertifikasi, diploma, sarjana, dan master.

Cara mendapatkannya? Kamu bisa ikutan kelas online di goKampus dan sertifikat dari Tren Global Singapura bisa kamu peroleh. Pilihan kelasnya beragam, kamu bisa pilih kelas online sesuai minatmu dan dapatkan sertifikat dari Singapura! Yuk, buat karirmu semakin cerah! Minat? Langsung pilih sertifikasimu di sini ya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *