sertifikat kompetensi
Tips Belajar

Tips Memilih Lembaga Sertifikasi Berkualitas Dunia

Siapa di sini yang sedang meningkatkan kualifikasi diri? Baik kualifikasi pendidikan dan skill sebagai bekal untuk masuk dunia kerja? Persaingan di luar sana semakin meningkat banget ya! Nah, kalau kamu mau berkompetisi dengan kandidat lain, baik di dunia kerja maupun pendidikan, kamu perlu strategi untuk menaikkan nilai jual. Salah satu caranya dengan mematenkan keahlianmu melalui lembaga sertifikasi profesi.

Ada banyak lembaga sertifikasi yang memberikan klaim terbaik dan tepercaya. Hanya saja, gak semua lembaga sertifikasi profesi punya akreditasi oke berkualitas dunia buat menunjang kualitas dan kredibilitas yang kamu miliki. Oleh sebab itu, kamu harus pintar memilih tempat sertifikasi profesi yang tepat. Simak penjelasannya yuk.

1. Pilih Lembaga Sertifikasi Profesi yang Diakui Negara

Pastikan lembaga tersebut memiliki lisensi resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). BNSP merupakan lembaga independen yang bertanggung jawab kepada Presiden berdasarkan dasar hukum Undang-undang dan Peraturan Pemerintah. Kamu bisa mendaftarkan sertifikasi di lembaga yang sudah memiliki lisensi resmi seperti LPS Teknologi Digital.

2. Perhitungkan Juga Soal Biaya

Untuk mengikuti sertifikasi tentu tidak gratis. Kita perlu mengeluarkan modal untuk biaya proses sertifikasi. Pastikan modal yang kamu keluarkan gak sia-sia hanya karena salah pilih tempat. Caranya mudah, pertama cari pasaran harga sertifikasi dari lembaga. Kemudian, pilih lembaga yang menawarkan jasa sertifikasi dengan harga yang wajar. Hindari biaya sertifikasi yang harganya terlalu murah atau terlampau mahal.

3. Cek Semua Testimoni

Lihat testimoni orang-orang yang sudah ikut sertifikasi. Bisa cek di google review, google search, atau bertanya kepada teman di sosial media. Testimoni sangat membantu untuk melihat penilaian orang-orang tentang pengalamannya menjalani sertifikasi.

4. Periksa Ketersediaan Bidangmu

Jika sudah menemukan lembaga yang oke di hati, pastikan menyediakan sertifikasi di bidang minat dan pekerjaanmu ya. Sebelum mendaftar, periksa dengan lengkap persyaratannya. Siapkan juga dokumen-dokumen yang diperlukan.

5. Bisa Memberikan Sertifikasi Nasional Hingga Internasional

Cek lembaga sertifikasi yang kamu pilih sudah tergabung di International Organization for Standardization (ISO) untuk standarisasi internasional dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk standarisasi nasional. Tujuannya? Supaya sertifikat yang kamu terima terlihat valid oleh perusahaan nasional maupun internasional. Jadi, nilai jual kamu terlihat lebih kompeten jika memiliki salah satu, bahkan keduanya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Kalau Kamu Punya Sertifikasi Profesional

Salah satu contoh lembaga sertifikasi yang punya reputasi bagus dan mendapatkan pengakuan dunia adalah EduTrust di Singapura. Edu Trust yang dikelola oleh Dewan Pendidikan Swasta Singapura, menjamin kualitas kesehatan finansial lembaga pendidikan swasta dan suatu standar dalam pengelolaan layanan pendidikan. Lembaga pendidikan yang telah bersertifikasi EduTrust harus berpartisipasi dalam skema perlindungan uang studi (Fee Protection Scheme) yang memastikan bahwa seluruh biaya yang dibayar oleh para siswa terlindungi dengan aman.

Terus, apakah bisa punya sertifikat yang bonafide dari Singapura untuk menunjukkan kualitas skill? Bisa banget! Kamu bisa mendapatkan sertifikat untuk mengangkat kualitas kualifikasimu dari Singapura, tepatnya dari Trent Global College.

Trent Global College adalah lembaga pendidikan tinggi yang telah mapan dan modern yang menawarkan berbagai program kepada universitas asing untuk jurusan yang secara akademis banyak peminatnya dan relevan. Kampus ini menawarkan program-program menarik, seperti sertifikasi, diploma, sarjana, dan master.

Tertarik? Kamu cukup ikutan kelas online di goKampus dan mendapatkan sertifikat dari Tren Global Singapura. Pilihan kelasnya pun beragam. Kamu bisa memilih kelas online sesuai minatmu dan kamu bisa memiliki sertifikat dari Singapura! Yuk, bikin karirmu makin cerah di masa depan! Penasaran? Langsung klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *