accounting
goKampus Tips Belajar Upskill

Catat! Rincian Biaya UTBK Tahun 2021

Sebelum kamu masuk ke perguruan tinggi pastinya kamu harus melalui serangkaian tes yang dilaksanakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), dan proses yang harus dilalui adalah harus ikut Ujian Tulis Berbasis Komputer atau disingkat menjadi UTBK. Nah, ada banyak tahapan nih sebelum kamu melaksanakan UTBK mulai dari pendaftaran hingga biaya UTBK. Cari informasinya di artikel ini yuk!

UTBK adalah tes seleksi atau ujian yang harus diikuti oleh para calon mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri, di mana UTBK dilakukan melalui komputer secara online atau tanpa mengeluarkan kertas dan pensil di dalam tesnya. Sebelum melakukan pendaftaran UTBK, LTMPT juga menghimbau untuk melakukan pendaftaran melalui perangkat laptop atau komputer dan bukan menggunakan smartphone untuk menghindari kesalahan pengisian data saat melakukan pendaftaran.

UTBK-SBMPTN 2021 terbuka untuk semua calon mahasiswa termasuk siswa yang mungkin gak lolos SNMPTN 2021. Untuk SBMPTN ini dilakukan berdasarkan hasil UTBK serta kriteria lain yang disepakati oleh PTN. Berikut ini adalah jadwal, ketentuan, materi, hingga biaya UTBK-SBMPTN 2021.

Jadwal SBMPTN 2021
DaftarTanggal
Registrasi Akun LTMPT7 Februari – 12 Maret 2021
Pendaftaran UTBK dan SBMPTN15 Maret – 1 April 2021
Pelaksanaan UTBK (2 Gelombang)Gelombang 112 April – 18 April 2021
Gelombang 226 April – 2 Mei 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN14 Juni 2021 @15.00 WIB

Buat kamu yang masih kebingungan dan belum terlalu paham apa perbedaan UTBK dan SBMPTN, Yuk kita bahas apa itu penjelasan dari UTBK!

1. UTBK itu apa sih?

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang merupakan ujian atau tes seleksi yang kamu ambil untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. Untuk mengikuti UTBK pun berarti kamu akan menempuh ujian menggunakan komputer bukan kertas lembar jawaban dan pensil.

UTBK pun baru diresmikan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi)  sejak 2018 dan mulai dilaksanakan pada tahun 2019 yang juga mengelola pendaftaran, penjadwalan, hingga pengumuman hasil ujian.

2. Pilihan mata ujian UTBK

Untuk pilihan mata ujian UTBK terbagi menjadi tiga kelompok yaitu Soshum, Saintek, dan campuran. Saintek merupakan kepanjangan dari Sains dan Teknologi yang biasa dikenal dengan kelompok IPA, dan beberapa contoh jurusan yang ada di kelompok Saintek yaitu Kedokteran, Teknik, Farmasi, Kimia, Matematika, dan Fisika.

Soshum merupakan singkatan dari Sosial dan Humaniora yang biasa dikenal dengan kelompok IPS, dan contoh jurusan yang terdapat di kelompok Soshum adalah jurusan Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Sastra, dan Hubungan Internasional.

Untuk kelompok campuran merupakan gabungan antara kelompok Saintek dan Soshum. Misalnya saja seperti di SBMPTN nanti kamu akan memilih pilihan pertama di jurusan Kedokteran dan pilihan kedua ada di jurusan Akuntansi, maka kamu harus mengambil kelompok campuran.

Buat kamu yang masih bingung gimana menentukan kelompok-kelompoknya.  Ada beberapa cara yang mesti kamu ketahui ya, yaitu:

1. Bagaimana tata cara dan ketentuan memilih kelompok studi tersebut?

Seperti yang kamu tahu untuk memasuki dunia perkuliahan nantinya akan dibagi menjadi dua kelompok, ada yang studi IPA (Saintek) dan studi IPS (soshum). Saintek sendiri merupakan singkatan dari sains dan teknologi.

Biasanya, hanya siswa yang berasal dari jurusan IPA yang diperbolehkan untuk mengambil peminatan studi ini. Sedangkan untuk kelompok Soshum adalah singkatan dari sosial dan humaniora. Dan ini hanya diperuntukkan untuk mengambil jurusan pada kelompok IPS.

2. Apa aja sih materi yang diujikan pada kelompok jurusan tersebut?

Untuk Kelompok saintek, ada beberapa materi yang sering diujikan dalam kelompok saintek ini, antara lain adalah Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. 

Sedangkan untuk kelompok Soshum, materi yang diujikan terkait dengan pelajaran yang dipelajari di jurusan IPS, antara lain adalah Matematika Soshum, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, Sejarah, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Dan untuk kelompok campuran, materi yang akan diujikan adalah campuran dari Saintek dan Soshum.

C. Persyaratan Peserta UTBK 2021 adalah:

  1. Peserta wajib memiliki akun LTMPT
  2. Terdaftar sebagai siswa SMA/MA/MK Kelas 12 pada tahun 2021 atau merupakan peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021)
  3. Peserta merupakan lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun.
  4. Persyaratan peserta ujian: peserta yang akan memilih prodi Saintek, maka mengikuti TPS dan TKA Saintek. Peserta yang memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Peserta yang memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.
  5. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2021.
  6. Peserta harus membayar biaya UTBK 2021.

D. Persyaratan peserta SBMPTN 2021 adalah:

  1. Peserta merupakan siswa SMA/MA/SMK sederajat lulusan tahun 2019/2020 harus sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  2. Peserta mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021.
  3. Peserta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  4. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio

E. Rincian Biaya pendaftaran UTBK SBMPTN tahun 2021

Pelaksanaan UTBK sendiri juga mengeluarkan biaya untuk para calon mahasiswa perguruan tinggi, berikut rincian biaya UTBK yang dikeluarkan,yaitu:

  1. Untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, biaya UTBK yang dikeluarkan sebesar Rp 200,000 dan untuk kelompok ujian campuran biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 300,000.
  2. Biaya UTBK bisa dibayarkan melalui Bank BRI, BNI, BTN, atau Mandiri serta biaya yang dikeluarkan juga gak bisa dikembalikan dengan alasan apapun.
  3. Bagi peserta pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan lolos persyaratan gak perlu mengeluarkan biaya.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi dan klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *