Memilih jurusan kuliah bukan pekerjaan yang mudah. Tidak heran, banyak yang gagal dalam urusan yang satu ini. Hasilnya, mereka terjebak pada sebuah keharusan yang dijalaninya dengan setengah hati. Sampai pada titik akhir dan mengatakan : “kayanya aku salah jurusan”.

Baca Juga: Merasa Salah Jurusan Kuliah? Ets, Tunggu Dulu!

Kalimat tersebut tampaknya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun parahnya, kalimat itu hingga detik ini masih ada saja yang mengucapkan. Seakan-akan tidak belajar dari pengalaman orang lain yang lebih dulu mengalaminya.

Jangan sampai kamu yang sekarang tengah mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia ataupun swasta, mengalami hal serupa. Penting untuk lebih dulu memikirkan secara matang sebelum mengambil sebuah keputusan yang menyangkut masa depan. Jadikan pengalaman orang lain sebagai pelajaran penting.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam mengambil program studi kuliah, perhatikan 3 tips memilih jurusan berikut ini. Dijamin kamu akan mengetahui jurusan yang terbaik untuk dipilih dan dijalani semasa kuliah nanti.

1. Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Tips pertama dalam memilih jurusan kuliah agar tidak terjerumus kesalahan seperti yang telah dialami oleh beberapa orang adalah dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Pergilah ke suatu tempat yang tenang, seperti gunung atau pantai, kemudian pikirkan apa yang kamu harapkan di kehidupan ini.

Kenali diri kamu sendiri jauh lebih mendalam. Jangan ragu pula untuk meminta pendapat dari orang-orang disekitar kamu, seperti keluarga, teman, dan para tetangga rumah tentang diri kamu. Ketahuilah bahwa orang disekitar juga pasti memperhatikan diri kita.

Cari tahu apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Kegiatan apa yang membuat kamu merasa senang ketika melakukannya. Dan hal-hal apa saja yang tidak kamu sukai. Selain itu, lihat kembali berbagai pengalaman dalam diri kamu.

Dengan mengetahui seperti apa diri sendiri, maka bukan lagi menjadi pekerjaan yang sulit untuk menentukan jurusan kuliah apa yang terbaik untuk dijalani semasa kuliah nanti

2. Lihat Kembali Nilai Akademik

Setelah meluangkan waktu untuk jauh mengenal diri sendiri, tips kedua yang harus kamu lakukan ketika bingung ingin kuliah di jurusan apa adalah kembali melihat nilai akademik. Ketahui mata pelajaran mana yang berhasil kamu dapatkan dengan nilai terbaik. Karena hal itu bisa saja menjadi keunggulan yang kamu miliki.

Namun satu hal yang perlu untuk diingat bahwa pastikan nilai terbaik dari mata pelajaran tersebut adalah usaha diri kamu sendiri, bukan justru hasil menyontek. Jika tidak, hal itu akan membuat dirimu mengambil kesalahan dalam memilih jurusan kuliah.

Selain itu, pastikan juga bahwa mata pelajaran tersebut merupakan kegiatan yang kamu sukai. Maksudnya, kalau kamu berhasil mendapatkan nilai terbaik dalam mata pelajaran Matematika, namun pada kenyataannya tidak kamu sukai, maka hal itu akan menyesatkan kamu dalam memutuskan program studi.

3. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Kenal dengan diri sendiri, kembali melihat nilai akademik, dan terakhir dalam tips memilih jurusan kuliah adalah mencari informasi sebanyak mungkin. Informasi yang kamu cari tentu yang berhubungan dengan dua tips sebelumnya.

Kamu sudah mengetahui bahwa kamu lebih suka angka daripada huruf, ditambah lagi dengan dukungan nilai mata pelajaran, maka carilah informasi yang ada kaitannya dengan itu. Informasi yang dicari diantaranya universitas, biaya kuliah, hingga biaya hidup.

Untuk memudahkan kamu memahami apa yang dimaksud, perhatikan contoh kasus berikut ini. Seorang pelajar suka pada hal-hal yang berkaitan dengan angka seperti berhitung dibandingkan huruf contohnya mengarang.

Kemudian, Ia juga mendapatkan nilai yang baik di mata pelajaran yang jauh lebih berhubungan dengan angka, seperti Matematika dan Fisika. Sehingga, informasi yang Ia cari tentu saja seputar jurusan yang lebih mengandalkan angka, contohnya Arsitektur.

Begitu juga dengan diri kamu, carilah berbagai informasi dari jurusan-jurusan yang sudah lebih merucut pada beberapa pilihan. Jangan lupa pula untuk membaca-baca pengalaman orang lain di jurusan tersebut, termasuk juga prospek kerja kedepannya.

Dan untuk lebih meyakinkan diri kamu dalam memilih jurusan, dapatkan informasi seputar dunia perkuliahan Download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Tidak hanya itu, informasi-informasi seputar acara kampus, dana pendidikan, kerja magang, hingga pendaftaran beasiswa dengan mudah didapatkan dalam satu aplikasi, goKampus namanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like