Kuliah di luar negeri menjadi impian sebagian besar para mahasiswa tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara belahan lainnya. Beragam alasan menjadi latar belakang impian tersebut. Salah satunya ingin mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Australia, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, Austria, Jerman, beberapa negara yang menjadi destinasi para mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Di negara-negara yang disebutkan tersebut memang terkenal akan kualitas pendidikannya yang tidak perlu lagi dipertanyakan.

Mewujudkan impian kuliah di luar negeri tentu tidaklah mudah. Selain mempersiapkan diri sebaik mungkin karena akan tinggal di negeri orang, dimana jauh dari rumah bahkan tidak memiliki keluarga di negara tujuan, dibutuhkan dana yang jumlahnya tidak sedikit.

Faktor biaya inilah yang menjadi penghalang besar bagi mahasiswa dalam mewujudkan impiannya untuk kuliah di luar negeri. Terlepas itu, tentu saja biaya kuliah mahal sebanding dengan kualitas pendidikan yang diberikan.

Berbagai cara dapat ditempuh untuk mengatasi mahalnya biaya kuliah di luar negeri. Salah satu cara terbaik untuk masalah itu bukan lain adalah beasiswa. Program beasiswa kuliah di luar negeri pun ditawarkan oleh berbagai pihak. Mulai dari pihak pemerintah melalui berbagai kementerian, perusahaan swasta, hingga pihak universitas itu sendiri.

Namun, meraih beasiswa kuliah bukanlah perkara yang mudah. Banyak yang melamar untuk mendapatkan dana bantuan pendidikan tersebut. Tapi tidak sedikit juga yang pada akhirnya dinyatakan gagal.

Meski demikian, bukan berarti kamu menyerah untuk bersaing dalam meraih beasiswa demi mewujudkan impian kuliah di luar negeri. Simak 3 kunci meraih beasiswa kuliah di luar negeri berikut ini!

Mencari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Kunci pertama untuk meraih beasiswa kuliah di luar negeri adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya. Mendapatkan informasi di era modern seperti sekarang ini tentu saja bukan perkara yang sulit untuk dilakukan. Cukup menggunakan komputer atau melalui smartphone, lalu ketik kata kunci di mesin pencari seperti Google, secara sekejap ragam informasi tersaji.

Informasi yang dicari dalam hal ini adalah beasiswa. Namun, bukan hanya tentang persyaratan dalam mengajukannya, tetapi juga informasi detail lainnya. Salah satunya adalah visi misi penyedia beasiswa.

Penting untuk mengetahui apa tujuan pihak penyedia beasiswa dalam memberikan dana bantuan pendidikannya. Hal ini bertujuan untuk membantu kamu dalam menulis essay beasiswa yang tentunya menjadi syarat penting dalam proses pengajuan.

Menulis Motivation Letter Seunik Mungkin

Setelah mengumpulkan berbagai informasi tentang beasiswa, kunci kedua dalam meraih beasiswa kuliah di luar negeri adalah menulis motivation letter seunik mungkin. Motivation letter itu sendiri merupakan syarat wajib dalam mengajukan beasiswa kuliah.

Tidak cukup hanya dengan kualitas terbaik, motivation letter itu harus memiliki keunikan tersendiri. Bukan hal mudah memang untuk melakukan hal tersebut. Namun, kamu bisa meminta bantuan kepada orang-orang yang sudah berpengalaman sebelumnya. Jika tidak menemukan di dunia nyata, kamu bisa melihat contoh-contoh motivation letter orang lain di internet.

Untuk menghadirkan tulisan yang unik, cobalah memberikan waktu untuk dirimu sendiri. Kamu bisa pergi ke suatu tempat yang tenang, seperti alam terbuka. Renungkan apa sebenarnya tujuan dan harapan kamu kuliah di luar negeri, dan lain sebagainya.

Melamar Sedini Mungkin

Kunci terakhir untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri dengan beasiswa adalah melamar beasiswa sedini mungkin. Ini tidak terlepas dari kunci pertama, yakni telah mengantongi informasi-informasi penting tentang beasiswa.

Melamar sedini mungkin bukan berarti kamu asal-asalan dalam mengajukan beasiswa. Penting untuk memenuhi segala persyaratan dan ketentuan yang berlaku, sebelum benar-benar meng-apply beasiswa.

Dengan melamar beasiswa sedini mungkin, maka akan membuat lampiran milik kamu akan dilihat pertama atau setidaknya kedua maupun ketiga oleh pihak penyedia dana bantuan pendidikan. Sehingga, memperbesar peluang untuk mempertimbangkan diri kamu mendapatkan beasiswa kuliah.

Download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Hanya melalui satu aplikasi ini, urusan kampus beres. Mulai dari proses pendaftaran kuliah, kesempatan meraih beasiswa kuliah hingga ragam promo mahasiswa, dan informasi magang, event kampus, serta dana pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like