Menjalankan ibadah puasa dan ragam kegiatan di bulan suci Ramadhan tahun ini terasa sangat berbeda. Pemerintah membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah. Hal ini imbas dari virus Covid-19 yang menyerang Indonesia dan guna memutus tali rantai penyebaran virus tersebut. Meski tetap di rumah aja dan berpuasa, bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan ya sobat! Ini waktunya justru lebih produktif! Tapi, bagaimana caranya?

Bukan hal mudah untuk tetap produktif dengan suasana di rumah yang tentu terasa berbeda ketika berada di sekolah atau kampus maupun juga tempat kerja. Rasa bermalas-malasan jauh lebih tinggi dibandingkan rasa rajin itu sendiri.

Baca Juga: Bosan di Rumah? Atasi Dengan 3 Cara Ini!

Hal itu tentu saja tidak terlepas dari kebiasaan sebelumnya yang lebih sering beraktivitas di luar dan ketika sudah tiba di rumah, maka pilihan terbaiknya adalah beristirahat dan bersantai-santai. Namu kini, semuanya terasa terbalik. Kita harus menjalankan beragam aktivitas di rumah demi terhindar sekaligus memutus rantai penyebaran pandemi virus Covid-19 ini. Keluar rumah pun hanya untuk membeli bahan makanan, obat-obatan, dan lain hal yang sangat penting lainnya.

Tidak mudah untuk membiasakan diri dengan perubahan yang terjadi ini. Tidak mudah pula untuk dapat produktif selama di rumah aja. Dan tidak mudah pula untuk terus bertahan hingga jangka waktu yang belum ditentukan ini.

Tapi, tidak mudah bukan berarti menyerah akan keadaan. Tidak mudah itu bisa menjadi mudah dan terbiasa jika kita benar-benar ingin berubah. Jadi, bagaimana mengubah kebiasan bermalas-malasan dan menjadi produktif di rumah aja selama puasa dan pandemi ini? Ini dia tipsnya!

Jangan Lagi Tidur Setelah Sahur

Waktu sahur adalah waktu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh baik makan dan minum sebelum nantinya menjalankan ibadah puasa seharian. Waktu sahur ini terjadi menjelang matahari terbit. Untuk itu, jangan tidur lagi setelah sahur. Ini tips pertama agar tetap produktif meski di rumah aja dan berpuasa.

Manfaatkan momen bangun pagi ini untuk setidaknya melakukan aktivitas olahraga yang sifatnya ringan. Contohnya, kamu bisa workout dengan porsi ringan sekaligus menjemur diri di bawah terik matahari pagi yang menyehatkan.

Sebagai informasi, tenaga medis menyarankan agar masyarakat berjemur di pagi hari guna meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus untuk melawan Covid-19. Jadi, jangan tidur lagi setelah sahur ya sobat goKampus!

Mengatur Jam Produktif

Tips yang kedua agar tetap produktif meski di rumah aja dan tengah menjalankan ibadah puasa adalah mengatur jam produktif. Maksud dari jam produktif ini adalah waktu dimana kamu akan benar-benar fokus untuk mengerjakan sesuatu, baik itu tugas kuliah, mengikuti kelas online, dan lain sebagainya.

Jangan sampai kamu tidak melakukan tips yang kedua ini sobat! Karena jika tidak, dapat dipastikan segala kegiatan yang seharusnya kamu kerjakan, menjadi berantakan. Dampak buruknya, kamu terburu-buru mengerjakan tugas tersebut dan tentu saja hasilnya jauh dari kata maksimal.

Inilah mengapa mengatur waktu produktifitas itu menjadi penting. Kamu tentu tidak ingin mendapatkan nilai buruk atau tertinggal tugas hanya karena bermalas-malasan padahal memiliki banyak waktu, bukan?

Tetap Istirahat Yang Cukup

Dan tips terakhir untuk menghindari rasa malas dan tetap produktif  di tengah situasi seperti saat ini serta pula tengah berpuasa, adalah tetap mengatur waktu istirahat yang cukup. Jangan sampai kamu kurang istirahat ya sobat goKampus.

Kamu tentu sudah tahu kalau kurang istirahat itu akan berdampak buruk tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga yang lainnya seperti salah satunya kurang berkonsentrasi. Untuk itu, menjadi penting tidak menyepelekan waktu istirahat. Sebaiknya minimal istirahat dalam sehari adalah 6 jam.

Nah ada kabar gembira untuk kalian semua sobat goKampus! Kabar gembiranya adalah bahwa kamu bisa langsung diterima di kampus pilihan hanya dengan mengirimkan rapor semester kamu. Sebuah program baru dari goKampus yang menghadirkan solusi di tengah pandemi Covid-19. Jadi, download aplikasi goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store!

Ets, ngak cuma itu aja sobat. Selain daftar kuliah, melalui aplikasi goKampus, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan beasiswa, informasi magang, promo mahasiswa, event kampus, hingga mengajukan dana pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like