Kalau kalian berpikir bahwa kuliah itu hanya belajar saja, itu adalah pemikiran yang salah. Pada saat kalian memasuki dunia kuliah, kalian justru diharapkan untuk mengumpulkan pengalaman sebanyak-banyaknya yang tentu saja tidak hanya pengalaman akademis.

Baca juga: Masih Berpikir, “Kenapa Kuliah Itu Penting?”

Untuk mempermudah kalian membayangkan, berikut ini adalah hal-hal yang bisa kalian lakukan selain belajar di kampus

  1. Organisasi Kemahasiwaan
    Bagi kalian yang ingin melatih kemampuan kepemimpinan dan politik kalian sewaktu di kampus, bergabung di Badan Eksekutif Mahasiswa tentu menjadi pilihan. Tidak jarang para aktivis kampus yang tergabung di dalam organisasi semacam ini, memilih karir menjadi politisi setelah lulus. Bahkan banyak perusahaan yang menjadikan hal ini sebagai pertimbangan penerimaan pegawai.
  2. Kegiatan kemahasiswaan berdasarkan minat
    Jika di sekolah kalian mengenal kegiatan ekstrakurikuler, hal yang sama juga bisa kalian temui di kampus. Bedanya, di kampus lebih dikenal dengan Unit Kegiatan Mahasiswa. Bentuknya beragam, mulai dari kegiatan kesenian, olahraga, hingga keagamaan. Organisasi seperti ini biasanya sering mengikuti lomba-lomba yang kemudian akan membesarkan nama kampus.
  3. Membantu dosen
    Hal ini memang tidak jauh dari kegiatan akademis. Mahasiswa yang berprestasi banyak yang diajak oleh dosennya untuk ikut ambil bagian di penelitian yang sedang berlangsung. Hal ini tentu akan menambah pengalaman kalian dan akan menambah pengalaman dalam resume kalian. Secara tidak langsung, hal ini akan memudahkan kalian dalam mencari kerja bahkan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Mengorganisir acara
    Tentu kalian tahu banyak acara-acara yang dilaksanakan di kampus, baik acara kemahasiswaan maupun acara dari kampus itu sendiri. Jangan ragu untuk ambil bagian karena di sini kalian bisa mengalami bagaimana bekerja sama dengan orang lain.
  5. Magang
    Menurut kalian, mana yang akan lebih mudah mencari pekerjaan, lulusan dengan transkrip yang bagus atau lulusan dengan pengalaman yang banyak? Pengalaman sebelum lulus kuliah ini akan menjadi senjata utama kalian dalam mencari kerja. Namun, pilihlah kerja magang yang berhubungan dengan karir yang akan kalian tempuh. 
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like