seleksi mandiri
goKampus Tips Belajar Upskill

Ini 5 Keunggulan SNMPTN Yang Bisa Kamu Dapatkan

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk lolos di kampus impian. Jika kamu berencana ingin masuk PTN, kamu bisa mengikuti SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri, sedangkan untuk perguruan tinggi swasta ada jalur raport dan tes. SNMPTN atau biasa disebut “jalur undangan” adalah salah satu seleksi yang paling banyak diharapkan oleh siswa. Hal ini dikarenakan keunggulan SNMPTN yang berbeda dengan jalur lainnya.

Salah satu keunggulan SNMPTN adalah kuota penerimaan mahasiswa baru yang paling besar yaitu 50% dibandingkan kuota jalur SBMPTN minimal 30%. Selain itu, SNMPTN juga hanya menyeleksi berdasarkan hasil prestasi akademik dan/atau portofolio siswa selama sekolah. Gak heran ya, banyak banget yang ingin bisa diterima di PTN melalui jalur ini. Masih ada beberapa keunggulan SNMPTN lainnya yang bisa kamu dapat dan rasakan jika berhasil lolos, loh. Yuk cek artikelnya!

1. Diterima lebih awal

Dalam rangkaian seleksi masuk perguruan tinggi negeri, SNMPTN merupakan seleksi yang dilaksanakan paling awal dan memberikan pengumuman lebih awal juga. Keunggulan SNMPTN satu ini tentunya bikin kamu jadi dapat kepastian dan lebih lega jika berhasil lolos masuk kuliah lebih dulu. Kamu juga jadi bisa mempersiapkan mental lebih matang sebelum mulai kegiatan belajar di kuliah nanti. Jadi satu langkah lebih cepat menuju impian kamu, deh!

2. Terbebas dari ujian tulis

Keunggulan SNMPTN ini bisa jadi yang paling diincar oleh seluruh pendaftar. Jalur SNMPTN menyeleksi siswa berdasarkan nilai rapor dan portofolio (untuk beberapa jurusan khusus), sehingga jika kamu diterima, kamu bisa bebas dari ujian-ujian tulis lewat SBMPTN maupun Jalur Mandiri. Gak perlu lagi ikut kelas tambahan di bimbingan belajar, terus-menerus latihan soal, dan deg-degan karena persaingan di ujian tulis yang lebih kompetitif.

Baca Juga: Cara Daftar SNMPTN 2021 Buat Calon Mahasiswa

3. Memiliki waktu luang lebih panjang 

Kalau diterima melalui SNMPTN, kamu bisa memiliki sisa waktu yang lebih banyak di sebelum memulai kegiatan belajar di perkuliahan. Waktu luang ini bisa kamu gunakan untuk refreshing dan melakukan kegiatan self reward yang belum sempat kamu lakukan saat sibuk di masa-masa pendaftaran kuliah. Selain itu, sambil menunggu masuk kuliah, kamu juga bisa mempersiapkan kuliah lebih matang seperti mempersiapkan dokumen untuk daftar ulang atau mulai baca-baca materi perkenalan kuliah supaya gak kagok pada saat sudah mulai belajar lagi nanti.

4. Hemat biaya

Terdapat biaya pendaftaran yang perlu dibayar kalau kamu mau mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur tes masuk seperti SBMPTN maupun Ujian Mandiri, sedangkan untuk SNMPTN tidak dipungut biaya sama sekali. Diterima melalui SNMPTN berarti kamu sudah gak perlu mengikuti jalur tes dan mengeluarkan biaya lagi untuk pendaftaran dan juga transportasi ke lokasi ujian. Selain itu, biaya kuliah calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN biasanya lebih murah dibandingkan jika diterima melalui jalur Mandiri. Menarik bukan? Bisa meringankan pengeluaran orang tua kamu juga, nih!

5. Menjadi kebanggaan 

Peserta SNMPTN tahun 2021 mencapai 854.599 peserta dengan daya tampung hanya 110.459 kursi, jadi bisa dibayangkan untuk lolos melalui SNMPTN berarti kamu harus bersaing dengan ratusan ribu siswa lain dengan impian yang sama. Dengan keketatan seperti ini, diterima lebih awal tanpa tes di perguruan tinggi favorit akan jadi prestasi tersendiri bagi diri sendiri dan keluarga bagi siapapun yang lolos SNMPTN. Hal ini berarti perjuangan belajar selama 6 semester di SMA membuahkan hasil yang manis. Gak cuma diri sendiri dan keluarga yang bangga, kamu juga pasti jadi kebanggaan sekolah karena sudah bisa membimbing dan mengantarkan kamu ke perguruan tinggi favorit.

Nah, gimana, jadi semakin semangat kan untuk masuk kuliah karena udah tahu keunggulan SNMPTN? Tapi ingat, tidak lolos lewat SNMPTN bukan berarti akhir dari segalanya ya, karena masih banyak cara lain untuk kuliah. Kalau masuk PTN tanpa tes bisa dengan jalur SNMPTN, kamu juga bisa masuk ke perguruan tinggi swasta tanpa tes lewat Instant Approval di goKampus, loh! 

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

Admin

Hai, Siswa!
Ayo gabung di goKampus!

www.gokampus.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *