peluang kerja
Tips Belajar

Daftar Peluang Kerja yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Apakah pernah terlintas di pikiranmu peluang kerja apa saja yang akan tetap ada di masa depan? Terlebih di era yang serba mengandalkan teknologi ini. Kita harus mempersiapkan diri agar dapat tetap bersaing di dunia kerja hingga nanti. So, apa saja peluang kerja yang dibutuhkan di masa depan? Yuk, kepoin di artikel ini agar kamu tetap up to date!

Peluang Kerja yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Tahukah kamu kalau di masa depan nanti, terutama di 2030, ada beberapa pekerjaan ayng akan hilang dan tetap bertahan. Hal ini pernah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir sampaikan melalui Sindonews. Apa saja kah pekerjaan itu? Berikut beberapa peluang kerja yang akan tetap ada di masa depan!

1. Peluang kerja di bidang teknologi informasi (information technology)

Masih mengutip dari laman yang sama, menurut Menteri BUMN, ada 17 juta pekerjaan di bidang teknologi yang dibutuhkan di 2030. Seperti yang kita tahu, gak hanya kekinian, pekerjaan di bidang teknologi atau IT juga menjanjikan. Adapun beberapa pekerjaan tersebut, di antaranya software developer, game developer, data scientist atau big data analyst

Nah, kalau kamu tertarik untuk menjadi software dan game developer, kamu harus menguasai soft dan hard skills. Soft skills yang harus kamu kuasai, seperti komunikasi dan berbahasa Inggris yang baik, kreatif, problem solving, dan bisa bekerja dalam tim. Selain itu, hard skills yang kamu kuasai, yaitu memahami algoritma, bahasa pemrograman, serta software development life cyle

Kamu juga harus punya soft dan hard skills yang baik untuk menjadi data scientist atau big data analyst. Skills tersebut di antaranya statistika, pemrograman (Phyton dan R), database management, data visualization, dan menguasai data mining. Kamu juga harus familier dengan public dan hybrid clouds, memahami bisnis, serta dapat bekerja dalam tim maupun dengan tim lain. 

2. Digital marketer

Selain di bidang teknologi, pekerjaan di digital marketing juga akan tetap bertahan di masa depan. Untuk menjadi digital marketer di masa depan, kamu harus menguasai hard skills, seperti search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), content marketing, analytics dan data insights, hingga social media. Sementara, untuk soft skills, kamu harus mampu berkomunikasi dengan baik, mampu bekerja sama dalam tim dan berkolaborasi dengan tim lain, serta punya keinginan untuk mendengar dan belajar.

3. Digital content creator

Content creator juga akan menjadi salah satu pekerjaan yang tetap ada di masa depan. Untuk menjadi content creator, kamu harus memahami social media, terutama Instagram, TikTok, hingga YouTube. Selain itu, kamu harus punya kemampuan riset, memiliki manajemen waktu yang baik, menguasai copywriting, fotografi dan videografi beserta editing, serta kreativitas yang tinggi.

Baca Juga: Content Creator, Pekerjaan yang Sekarang Jadi Idaman Anak Muda

Itulah peluang kerja yang masa depan butuhkan. Untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai kebutuhan di masa depan, kamu tentu harus selalu mau belajar hal-hal baru dengan mengikuti courses yang bersertifikat. Sertifikat dapat menjadi bukti kalau kamu menguasai kemampuan tertentu dan dapat menarik perhatian recruiter perusahaan nantinya.

Mumpung masih ada waktu, yuk ciptakan peluangmu di dunia kerja dengan ikutan courses yang sesuai minatmu dan kebutuhan masa depan. Bareng goKampus, kamu gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insights dari pakar, tetapi juga bisa ikutan courses di sini secara online, plus dapat sertifikat dari institusi terbaik dunia.

Nah, kalau kamu tertarik upgrade skill di bidang programming, kamu bisa cek beragam kelas dari AWS di sini. Ikutan kelasnya sekarang, yuk!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *