hukum pacaran tapi puasa
Tips Belajar

Hukum Puasa tapi Pacaran, Bikin Batal dan Pahala Berkurang?

Selama bulan Ramadan, kamu wajib berpuasa dan menjaga seluruh hawa nafsu, mulai dari makan, minum, bergunjing, berkata-kata kasar dan sebagainya. Namun, bagi kamu yang menjalin hubungan asmara, pasti ada hal yang terlintas di benak, yaitu bagaimana hukum puasa tapi pacaran? Apakah pacaran membatalkan puasa dan mengurangi pahala? Supaya kamu gak penasaran, yuk langsung aja baca artikel ini sampai tuntas!

Bagaimana Hukum Puasa Tapi Pacaran?

Pacaran secara umum adalah hubungan asmara yang melibatkan 2 pihak. Namun, agar semakin jelas mengenai hukum puasa tapi pacaran, kamu perlu membaca penjelasan menurut berbagai sumber berikut. Sebenarnya, yyang membuat khawatir adalah jika kegiatan pacaran tersebut merujuk ke perzinahan.

Islam sebenarnya gak mengenal istilah pacaran. Mengutip dari Antaranews.com, jika maksud dari pacaran tersebut adalah berduaan dengan lawan jenis yang bukan mahram, maka hal tersebut haram, seperti yang tertulis dalam hadis berikut:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan sekali-kali berkhalwat (berduaan) dengan perempuan yang bukan mahram karena yang ketiga di antara mereka adalah setan,” (HR Ahmad).

Bergandengan tangan dan memandang lawan jenis gak membatalkan puasa. Namun, kegiatan ini dapat membuat puasamu gak diterima oleh Allah SWT. Jika kamu memandang pasanganmu sampai timbul hawa nafsu atau syahwat dan mengeluarkan air mani, maka puasamu akan batal dan tentunya gak mendapat pahala.

Salah satu hal yang membatalkan puasa adalah keluarnya air mani dengan sengaja. Mengutip dari NU Online, hal ini juga berbeda jika kamu mengeluarkan air mani karena mimpi basah, maka kamu bisa mandi junub dan kemudian melanjutkan puasa lagi.

Ada baiknya selama bulan puasa, kamu dan kekasihmu membuat kesepakatan atau komitmen. Misalnya, dengan mengurangi intensitas bertemu saat puasa, gak jalan berduaan hingga berduaan di tempat yang gelap atau remang-remang. Hal tersebut bisa menjadi celah setan untuk masuk dan menghasut ke perzinahan. Jika rindu, maka kamu bisa mengirimi pasangannmu pesan singkat melalui aplikasi chat.

Baca Juga: Hukum Puasa Ramadan dan Golongan Tak Wajib Puasa

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan apa hukum pacaran tapi puasa? Semoga artikel ini bisa menjawab keraguanmu. Oh iya, kamu bisa mengisi waktu selama bulan puasa atau setelah lebaran nanti dengan ikutan kelas eksklusif dari Nanyang Technological University, loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa atau gak ada kegiatan selama lebaran, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *