apa itu content creator
Tips Belajar

Apa Itu Content Creator? Ini Daftar Skill yang Diperlukan

Era digital serba internet semakin kencang nih! Efeknya, banyak bermunculan content creator atau pembuat konten baru! Semakin banyak anak muda yang menjalani dan mendapatkan uang sebagai seorang pembuat konten. Sebenarnya, apa itu content creator? Apa saja yang harus kita pahami? Kita bahas yuk.

Baca Juga: 6 Contoh Pekerjaan yang Memanfaatkan Ilmu Komunikasi Massa

Apa Itu Content Creator dan Kerjaannya Ngapain?

Untuk memahami apa itu content creator, yuk kita simak padanan katanya dalam bahasa Indonesia yaitu konten kreator. Inilah pengertian kata “konten” dan “kreator” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Konten: informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik

Kreator: pencipta; pencetus gagasan

Sederhananya, content creator adalah pencipta berbagai informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Konten yang mereka ciptakan bisa bersifat informatif, edukatif, atau bisa juga sekadar hiburan. 

Dulu, sebelum sosmed menjamur, seorang pembuat konten bisa membagikan tulisan yang mereka buat dalam format blog. Kini, semakin banyak medium di internet yang bisa menjadi tempat bagi pembuat konten untuk memperlihatkan karyanya kepada banyak orang.

Kini, pembuatan konten oleh content creator bisa bermacam-macam jenis, dari tulisan, video, foto, siniar (podcast), dan bentuk-bentuk lainnya. Tempat mengunggahnya bisa di media sosial seperti Facebook, Instagram, Snapchat, Twitter, dan TikTok. 

Mereka juga bisa mempersembahkan karyanya dalam berbagai layanan streaming. Salah satunya mengunggah konten video ke dalam Youtube, sementara dalam bentuk audio bisa menyiarkannya ke dalam podcast di Spotify.

Pembuatan konten-konten tadi bisa saja bersifat pribadi. Misalnya, kamu memotret dan merekam video pemandangan Gunung Rinjani yang baru saja selesai kamu daki. 

Lalu, foto dan video tersebut kamu unggah di sosmed kamu, misalnya Instagram. Dengan begitu saja, kamu sudah mendapatkan julukan sebagai seorang content creator.

Tetapi, itu bukan berarti kamu berprofesi sebagai content creator. Orang yang bekerja sebagai pembuat konten mampu mendatangkan uang dari konten yang ia miliki.

Skill Wajib Kalau Ingin Jadi Konten Kreator Sukses!

  1. Memahami audiens
  2. Memiliki pengetahuan mendalam tentang produksi konten
  3. Memahami cara menyebarkan konten secara efektif dan efisien

Kreativitas yang tinggi juga sangat perlu dalam profesi ini. Gak bisa kalau kontenmu begitu-gitu saja, misalnya isi feed Instagram kamu cuma foto selfie yang angle-nya sama semua. Itu namanya kurang kreatif.

Karena konten modern cenderung ke arah multimedia, seorang pembuat konten bisa jadi harus memiliki beberapa teknik/skill sekaligus, misalnya kemampuan fotografi, videografi, penyuntingan video, dan menulis copy. Salah satu skill terpenting adalah teknik pemasaran digital alias digital marketing.

Paham kan apa itu content creator? Tergoda untuk jadi pembuat konten andal? Kamu bisa mengikuti Kelas Dasar Digital Marketing di sini dari goKampus. Di kelas tersebut, kamu bisa mendalami strategi pemasaran sampai pengelolaan digital marketing. Ada sertifikat resmi dari Trent Global College loh! Tunggu apa lagi? Segera daftar dan pilih kelas favorit lainnya di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *