jurusan antropologi
Kategori Kelas

Alasan Kenapa Kamu Harus Masuk Jurusan Antropologi

Katanya sih, tak kenal maka tak sayang. Makanya, artikel ini dibuat khusus untuk kamu yang tertarik mempelajari kehidupan manusia beserta kebudayaannya. Bukan hanya itu saja, buat kamu yang berjiwa petualang, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, senang travelling dan berkenalan dengan banyak orang, mungkin bisa jadi salah satu pertimbangan kamu untuk mempelajari jurusan antropologi ini.

Singkatnya, jurusan ini adalah ilmu yang mempelajari berbagai unsur-unsur dan seluk beluk kebudayaan yang dihasilkan oleh manusia. Di jurusan ini, kamu bisa meneliti asal muasal bahasa, agama, pola pikir, kemasyarakatan, etika, budaya, dan masih banyak lagi.

Karena faktanya, ada banyak kebudayaan di seluruh dunia yang layak untuk diteliti dan dipelajari. Makanya, jurusan antropologi ini sangat cocok untuk kamu yang suka mengeksplor suatu kebudayaan dan masyarakat di berbagai daerah. Yuk, kita intip kenapa jurusan antropologi ini harus jadi pertimbangan kamu!

Mata Kuliah

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai dinamika sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti mengidentifikasi kebudayaan dalam konteks geografis, sosial, sejarah, ataupun politik, dan juga melakukan penelitian-penelitian berbasis etnografi.

Banyak mata kuliah seru yang akan kamu temui ketika mempelajari jurusan antropologi, misalnya Antropologi Indonesia, Teknologi, Ekonomi, Pariwisata, Politik, Etnografi Indonesia, Kebudayaan Populer, Etnofotografi, Etnovideografi, Etnografi Wilayah, Folklore, Agama, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Belajar Hukum Lebih Asik dengan Antropologi Hukum

Uniknya, penamaan jurusan ini di berbagai kampus berbeda-beda loh. Misalnya Universitas Gadjah Mada dan Universitas Udayana menggunakan nama Antropologi Budaya, sedangkan Universitas Indonesia dan Universitas Andalas menggunakan nama Antropologi Sosial. Nantinya, alumni jurusan antropologi akan bergelar Sarjana Antropologi, atau S.Ant.

Banyaknya Penelitian Langsung ke Lapangan

Psst…di jurusan antropologi, kamu harus siap untuk banyak terjun langsung ke lapangan ya. Karena nanti kamu akan banyak melakukan observasi langsung dan berbaur dengan masyarakat setempat.

Di sini lah kemampuan kamu untuk berpikir kritis, analitis, dan berkomunikasi dengan masyarakat akan terasah. Biasanya, mahasiswa jurusan antropologi punya banyak pengalaman melakukan riset lapangan bahkan sebelum menyusun skripsi. Seru kan!

Prospek Kerja yang Luas

Jurusan ini mungkin memang tidak sepopuler jurusan yang lainnya, tapi siapa sangka ternyata jurusan ini memiliki banyak peluang dalam dunia kerja loh!

Prospek kerja yang ditawarkan untuk lulusan jurusan antropologi pun luas, seperti ahli antropologi, staf penelitian dan pengembangan, akademisi, administrator internasional, juru arsip, teknisi museum dan konservator, konsultan masyarakat, etnografi pemasaran, hingga jurnalis.

Bahkan lulusan jurusan ini banyak dicari di lembaga-lembaga nasional. Wow, keren banget! Lalu, jika kamu jeli dengan perkembangan dunia digital, kamu bisa memanfaatkan peluang ini menjadi content creator.

Gimana? Semakin yakin untuk kuliah di jurusan antropologi? Atau kamu masih mau lihat-lihat jurusan lain? Tenang, semua informasi itu bisa kamu cari di goKampus. Yuk, langsung saja cari tahu informasi jurusan lainnya di sini ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *