pemasaran adalah
Kategori Kelas

Benarkah Pemasaran Adalah Kunci Sukses Bisnis?

Kamu tentu sudah akrab dengan kata yang satu ini, bukan? Pemasaran atau marketing memang berperan penting dalam mencapai target bisnis, meningkatkan penjualan hingga meningkatkan brand awareness. Pemasaran adalah kunci kesuksesan dari suatu bisnis. Makanya nih, banyak orang yang berlomba-lomba membuat pemasaran yang unik, bagus, dan banyak calon konsumen minati. Tapi, apakah pemasaran hanyalah melakukan promosi? Yuk, kenali apa itu pemasaran di artikel ini!

Apa Itu Pemasaran?

Mengutip dari buku Konsep dan Strategi Pemasaran (2019), pemasaran atau marketing memiliki arti yang luas, gak hanya sekadar promosi atau penjualan. Pemasaran adalah sebuah proses sosial dan manajerial yang membuat individu atau kelompok bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Proses ini dilakukan dengan penciptaan atau pertukaran produk dan nilai dengan orang lain. Marketing dilakukan untuk mendapatkan keuntungan, baik secara materi maupun non-materi. Jika seorang marketer jeli dalam melihat peluang dan mampu menciptakan marketing yang bagus, tentu bisa memberikan keuntungan besar untuk bisnisnya.

Apa Saja yang Termasuk Ruang Lingkup Pemasaran?

Berikut ruang lingkup pemasaran yang perlu kamu ketahui!

1. Barang

Tentunya dalam keseharian kita gak pernah terlepas dari paparan pemasaran barang. Barang adalah sebuah produk yang nyata dan telah melalui proses produksi, seperti pakaian, mobil, motor, rumah, smartphone, peralatan rumah tangga, dompet dan sebagainya.

2. Jasa

Di zaman sekarang produk berupa jasa sangat mudah ditemukan di mana saj, misalnya jasa transportasi. Jasa ojek online tentu membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa berpindah tempat dengan cepat dan mudah dengan menggunakan transportasi ojek online. Contoh produk jasa lainnya, yaitu di bidang perbankan, laundry, kesehatan, asuransi dan sebagainya.

3. Acara atau kegiatan

Saat ini banyak orang cenderung mengandalkan tim untuk membuat acara atau kegiatan. Mulai dari pernikahan, ulang tahun, lamaran, konser musik, pameran hingga acara olahraga baik nasional hingga internasional.

4. Pengalaman

Sebagai seseorang yang berkecimpung dalam dunia bisnis, maka penting sekali untuk menciptakan berbagai pengalaman bagus dan tak terlupakan di benak pelanggan. Pengalaman-pengalaman ini sangat berperan penting bagi kelancaran dan perkembangan bisnismu. Contohnya, dengan mengunjungi Disneyland, orang-orang dapat merasakan kehidupan seperti dalam dunia dongeng dan bertemu dengan para tokoh animasi favoritnya.

5. Orang

Salah satu usaha pemasaran di lingkup orang umumnya untuk menjadi tenaga kerja atau branding secara individual. Mungkin kamu sudah sering mendengar kata personal branding, yaitu bagaimana orang-orang membentuk citra mereka di hadapan publik sehingga publik dapat menciptakan persepsi mengenai mereka.

6. Tempat

Tempat yang bagus, indah dan unik dapat memiliki nilai jualnya sendiri. Banyak orang yang berlomba-lomba membuat atau menghias berbagai tempat agar dapat memiliki nilai jual, seperti tempat wisata baik alam atau buatan, restoran, kafe, mall maupun gedung perkantoran.

7. Properti

Properti adalah hal kepemilikan tak berwujud atas properti sebenarnya, seperti apartemen dan real estate mapun properti finansial, seperti saham dan obligasi. Agar dapat terjual, tentunya agen properti juga membutuhkan marketing.

8. Organisasi

Sekumpulan orang yang memiliki ide bisnis beserta visi dan misi yang sama dapat membentuk sebuah organisasi, baik dalam lingkup kecil atau besar, profit maupun non-profit serta berlandaskan hukum ataupun gak berlandaskan hukum. Organisasi biasanya menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan bidangnya.

9. Informasi

Saat ini segala informasi dan teknologi informasi yang ada dapat menjadi bisnis yang menguntungkan, seperti media online, tv, radio, cetak hingga media sosial.

10. Ide

Ide termasuk produk yang paling orisinil dan aman dari plagiat atau penjiplakan. Keberagaman ide dalam membuat inovasi dan kebaruan mampu menghasilkan produk yang istimewa.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan dengan Berbagai Strategi Pemasaran Ini!

Itulah pengertian dan ruang lingkup pemasaran. Kalau tertarik menggali tentang pemasaran, kamu bisa ikutan kelas Prinsip-Prinsip Pemasaran di sini. Selain dapat ilmu yang bisa diikuti secara online dari mana saja, kamu juga akan mendapatkan insight menarik dari pengajar PLUS sertifikat dari institusi ternama Singapura dengan biaya terjangkau.

Mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *