Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, khususnya di bidang pariwisata. Hal ini tidak terlepas dari segi kualitas pendidikan yang diberikan, termasuk juga di dalamnya tenaga pengajar berkompeten.

Perguruan tinggi yang juga disebut dengan STP Bandung ini memang berstatus negeri dibawah naungan Kementerian Pariwisata, sedang secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional, namun tidak bersifat kedinasan.

Baca Juga: Program Kelas Internasional STP NHI Bandung

STP NHI Bandung menyelenggarakan program pendidikan dari jenjang Diploma III (D3), Diploma IV (D4), Strata 1 (S1), dan Magister Manajemen Pariwisata. Dan untuk program S1, hanya terdiri dari Studi Destinasi Pariwisata, Studi Akomodasi & Katering, dan Studi Industri Perjalanan.

S1 Studi Destinasi Pariwisata (SDP)

Program pendidikan S1 Studi Destinasi Pariwisata (SDP) dirancang dengan tujuan untuk menghadirkan para ahli pariwisata yang berkompeten dan memiliki penguasaan secara konseptual terhadap aspek-aspek pengeloaan dan kebijakan Pariwisata.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah menetapkan akreditasi A untuk program S1 SDP. Mengenai masa perkuliahan pada program ini berlangsung selama 8 semester dengan beban studi sebanyak 145 SKS (Satuan Kredit Semester).

Gelar yang akan disandang oleh para lulusan dari prodi S1 SDP ini adalah Sarjana Pariwisata (S.Par). Mengenai prospek kerjanya sendiri, dapat bekerja sebagai Tenaga Ahli pada Institusi atau Instansi Kepariwisataan, dan Pengajar atau Dosen.

S1 Studi Akomodasi & Katering (SAK)

Sama halnya dengan S1 SDP, S1 Studi Akomodasi & Katering (SAK) telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Begitu juga dengan masa kuliahnya yang berlangsung selama 8 semester dengan waktu maksimal adalah 7 tahun. Beban SKS-nya sendiri sebanyak 150 SKS. Dan lulusannya juga akan menyandang Sarjana Pariwisata (S.Par).

Program S1 SAK ini dirancang untuk mencetak sumber daya manusia yang mampu mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian, dan deseminasi di bidang Akomodasi dan Katering dengan ragam implikasinya. Selain itu, para lulusannya juga memiliki kemampuan berpikir secara konseptual.

Untuk para lulusan dari program S1 SAK Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung ini dapat bekerja sebagai birokrat di bidang industri pariwisata. Tidak hanya itu, bisa juga sebagai konsultan, peneliti, entrepreneur, administrator, dan akademisi.

Tujuan STP NHI Bandung menghadirkan program S1 SAK ini adalah untuk mengembangkan Akomodasi dan Katering sebagai ilmu yang mandiri sekaligus memberikan manfaat bagi pembangunan pariwisata.

Selain itu, juga bertujuan untuk mengembangkan program pendidikan S1 yang memiliki ciri khas kajian dan kompetensi jasa pariwisata yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjadi jawaban akan kebutuhan industri.

S1 Studi Industri Perjalanan (SIP)

Program S1 Studi Industri Perjalanan (SIP) ini dirancang untuk menghasilkan para ahli pariwisata yang berkualitas dengan tetap menjunjung nilai-nilai Indonesia dan memiliki kemampuan yang kompeten di bidang pariwisata, khususnya di industri perjalanan.

Profil lulusan prodi S1 SIP ini dapat bekerja sebagai peneliti, akademisi, dan birokrat. Bahkan juga bisa menjadi Teknokrat dan Konsultan, khususnya dalam bidang industri perjalanan. Adapun gelar yang akan disandangnya adalah Sarjana Pariwisata (S.Par).

Waktu kuliah program S1 SIP ini berlangsung selama 8 semester dengan maksimal 7 tahun, dan dibebankan studi sebanyak 145 SKS. Untuk akreditasinya sendiri, BAN-PT telah menetapkan A untuk program S1 SIP.

Menangkan kesempatan beasiswa kuliah hingga 20 juta per semester. Caranya cukup download goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Selain itu, pendaftaran kuliah juga bisa dilakukan di aplikasi goKampus. Ragam informasi seputar dunia perkuliahan pun jadi lebih mudah didapat. Diantaranya magang, dana pendidikan, dan event kampus hingga promo mahasiswa,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like