Berada dibawah naungan Kementerian Pariwisata sedang secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional, Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung menyelenggarakan program pendidikan tinggi dari jenjang D3 hingga S2.

Meski berstatus milik pemerintah, perguruan tinggi yang juga dikenal dengan sebutan STP Bandung ini tidak bersifat kedinasan. Walaupun begitu, perguruan tinggi ini tetap mengenakan seragam untuk para mahasiswanya.

Baca Juga: Catat! Jadwal Kuliah Perdana STP NHI Bandung!

Tujuan hadirnya STP NHI Bandung di Indonesia adalah untuk menghadirkan ahli-ahli pariwisata dalam membuat perencanaan, kebijakan, dan pengelolaan industri pariwisata. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga mampu bersaing secara global.

Selain itu, para lulusan STP NHI Bandung juga diharapkan mampu menjadi aset nasional di bidang pariwisata yang berkulitas, berjiwa wirausaha, kreatif, dan tetap memegang budaya Indonesia dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri pariwisata.

Adapun program pendidikan di jenjang Diploma IV (D4) yang diselenggarakan oleh STP NHI Bandung, yakni D4 Manajemen Destinasi Pariwisata, D4 Manajemen Bisnis Pariwisata, D4 Administrasi Hotel, D4 Manajemen Bisnis Perjalanan, D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan, dan D4 Manajemen Bisnis Konvensi & Event.

D4 Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP)

Program pendidikan D4 Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP) merupakan salah satu dari tiga prodi yang tergabung dalam Jurusan Kepariwisataan. Dua lainnya adalah S1 Studi Destinasi Pariwisata, dan D4 Manajemen Bisnis Pariwisata.

Jenjang D4 MDP ini merupakan program studi yang melahirkan sumber daya manusia profesional dengan bidang keahlian perencanaan, kebijakan, dan pemasaran destinasi pariwisata pada tingkat regional, nasional, dan internasional.

Lulusan dari program D4 MDP yang menyandang sebutan Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par) ini akan memiliki kemampuan baik secara konseptual maupun teknis dalam pengelolaan destinasi pariwisata. Hal ini tidak terlepas dari keseimbangan antara pembelajaran teori dan praktek di lapangan.

Masa perkuliahan dari program D4 Manajemen Destinasi Pariwisata STP NHI Bandung ini adalah 8 semester, dengan beban studi sebanyak 155 SKS. Mengenai akreditasi prodi ini, BAN-PT sudah menetapkannya dengan nilai A.

D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW)

Program D4 Manajemen Bisnis Pariwisata mempelajari tentang pengelolaan kegiatan hiburan dan rekreasi di resort berstandar internasional dan juga di tempat-tempat wisata ternama lainnya. Prodi ini ditempuh 8 semester dengan komposisi perkuliahan antara teori dan praktik.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah menetapkan akreditasi A untuk prodi D4 MBW lulusannya nanti diberi gelar Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par). Adapun jumlah beban studinya sebanyak 155 SKS.

D4 Administrasi Hotel (ADH)

Jurusan Hospitaliti di STP NHI Bandung terdiri dari 7 prodi. Salah satunya adalah D4 Administrasi Hotel (ADH). Prodi ini menghasilkan lulusan yang profesional dan berkualitas, bekerja cerdas, cakap dalam keterampilan, penguasaan teknologi, dan mampu bersaing di era global dalam bidang pengelolaan perhotelan.

Masa kuliah yang ditempuh pada prodi ini adalah 8 semester dengan 154 SKS yang dibebankan. Sebutan yang diberikan untuk lulusan D4 ADH bukan lain yakni Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.Tr.Par). Dan Profil lulusan program D4 ADH ini salah satunya adalah Operational Manager.

D4 Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP)

Program studi yang telah ditetapkan dengan akreditasi A ini merupakan prodi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam mengelola usaha pada bagian retail perjalanan wisata.

Selain BAN-PT, UNWTO Tedqual dan ISO juga memberikan sertifikat standar untuk program D4 Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP). Prodi MBP ini ditempuh selama 8 semester dengan beban studi berjumlah 149 SKS. Dan lulusannya diberi gelar Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).

D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan

Tidak berbeda jauh dengan D4 MBP, program D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan ini bertujuan untuk menghasilkan para profesional yang ahli di bidang perjalanan wisata atau tour. Pada prodi ini, mahasiswa akan belajar tentang bagaimana cara merencanakan, menyusun, hingga melaksanakan program perjalanan wisata.

Profil lulusan yang menyandang gelar Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.Tr.Par) ini diantaranya Tour Manager, Tourist Guide, Tour Leader, Tour Operation, dan Tour Consultant atau Tour Planner.

D4 Manajemen Bisnis Konvensi & Event (MBK)

Program D4 Manajemen Bisnis Konvensi & Event (MBK) merupakan prodi yang mempelajari tentang Event Management. Prod D4 MBK ini pun telah berhasil mencetak para ahli dalam pengelolaan usaha pariwisata di bidang event, baik itu skala lokal, nasional maupun internasional.

Untuk akreditasi prodi D4 MBK ini sendiri adalah A. Dan masa kuliahnya ditempuh selama 8 semester dengan beban studi sebanyak 144 SKS. Lulusannya mendapatkan gelar Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).

Urusan kuliah beres. Hal yang hanya bisa dilakukan jika kamu download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Melalui aplikasi ini, pendaftaran kuliah jauh lebih mudah, cepat dan hemat hingga 80%. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk meraih beasiswa kuliah. Tak berhenti disitu, ragam informasi seputar dunia perkuliahan tersaji secara menarik dan lugas. Sebut saja, dana pendidikan, magang, dan acara kampus hingga promo mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like