Mengenyam pendidikan tinggi sudah selayaknya menjadi sebuah keharusan di era global seperti sekarang ini. Bagaimana tidak, ragam inovasi bermunculan yang menghadirkan kemudahan dalam melakukan berbagai hal.

Jika tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, maka hanya akan terjebak pada kebiasaan lama. Untuk itulah, sudah sepatutnya kamu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi setelah sebelumnya menyelesaikan masa studi di bangku sekolah.

Baca Juga: Program Kelas Internasional STP NHI Bandung

Beragam pilihan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta tersedia tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Namun penting untuk diketahui bahwa perguruan tinggi ternama tidak menjamin kamu menjadi orang sukses. Karena yang paling penting itu bukan soal tempat kamu belajar, tetapi bagaimana meningkatkan kualitas diri kamu.

Jurusan kuliah pun juga sekarang sudah sangat bervarian. Salah satunya adalah pariwisata. Berbicara mengenai perguruan tinggi di bidang pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) patut untuk dipertimbangkan sebagai pilihan.

Perguruan tinggi yang juga dikenal dengan sebutan STP NHI Bandung ini berada dibawah naungan Kementerian Pariwisata, namun Kementerian Pendidikan Nasional tetap membina secara teknis akademis. Meskipun berstatus milik pemerintah, namun tidak bersifat kedinasan.

STP NHI Bandung menyelenggarakan program pendidikan dari jenjang Diploma III (D3), Diploma IV (D4), Strata 1 (S1) hingga Magister Manajemen Pariwisata (S2). Prodi D3 di STP NHI sendiri hanya tersedia pada satu dari ketiga jurusan. Adalah Jurusan Hospitaliti. Dua jurusan lainnya adalah Kepariwisataan dan Perjalanan.

Jurusan Hospitaliti terdiri dari 7 prodi. 5 diantaranya adalah program D3, yakni Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Tata Hidang, Manajemen Tata Boga, dan Manajemen Patiseri.

D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK)              

Program pendidikan D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK) merupakan prodi vokasi yang melahirkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menjadi supervisor dalam bidang Room Division, khususnya Housekeeping dan Front Office.

Prodi D3 MDK menerapkan kurikulum tahun 2014 dengan jumlah 48 mata kuliah yang terdiri dari tiga bagian. Pertama, 4 mata kuliah wajib umum. Kedua, 18 mata kuliah wajib prodi kemampuan kerja umum. Dan ketiga, 26 mata kuliah wajib prodi kemampuan kerja khusus.

Masa kuliah prodi ini ditempuh selama 6 semester dengan beban studi sebanyak 11 SKS. Sebutan dari lulusan program D3 MDK adalah Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par). Untuk akreditasinya sendiri, BAN-PT telah menetapkan A.

D3 Manajemen Tata Hidang (MTH)

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah menetapkan program pendidikan D3 Manajemen Tata Hidang (MTH) dengan akreditasi A. Prodi ini sendiri bertujuan untuk melahirkan para ahli yang memiliki kemampuan dalam bidang makanan dan minuman, khususnya dari segi pelayanan.

Profil lulusan prodi D3 MTH bisa bekerja sebagai Head Waiter atau Restaurant Supervisor. Selain itu juga dapat menjadi Bartender maupun Barista. Adapun lulusannya nanti mendapatkan gelar Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

D3 Manajemen Tata Boga (MTB)

Tujuan program pendidikan D3 Manajemen Tata Boga (MTB) adalah untuk menghadirkan lulusan yang berkompeten dalam mensupervisi usaha pariwisata, khususnya pada bagian pengolahan makanan.

Lulusan dari yang memiliki peluang kerja sebagai Chef de Party atau Food Supervisor ini akan mendapatkan gelar Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par). Namun gelar tersebut harus didahului dengan menempuh masa kuliah selama 6 semester dengan beban studi sebanyak 120 SKS.

D3 Manajemen Patiseri (MPI)

Deskripsi umum program D3 Manajemen Patiseri (MPI) ini adalah merancang, membuat dan pengemasan produk secara inovatif dan kreatif dengan akurat, cermat, dan teliti dengan menerapkan prinsip-prinsip pastry dan bakery.

Sehingga, setelah menempuh kuliah selama 6 semester di prodi ini, para lulusan yang mendapat gelar Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par) ini memiliki kompetensi dalam pengelolaan pastry dan bakery.

Ingin urusah kampus beres? Langsung saja download goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Pendaftaran kuliah bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan hemat. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk memenangkan beasiswa kuliah. Tidak berhenti disitu, ragam informasi juga disajikan dengan menarik. Mulai dari dana pendidikan, event kampus, magang, hingga promo mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like