Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung tidak hanya menyelenggarakan program pendidikan Diploma III (D3), Diploma IV (D4), dan Strata 1 (S1) saja, melainkan juga Pascasarjana. Namun untuk program S2, STP NHI Bandung saat ini hanya membuka prodi Magister Manajemen Pariwisata.

Status akademik program pascasarjana di perguruan yang juga dikenal dengan sebutan STP Bandung ini berstatus negeri. Lulusannya pun dapat kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Doktoral (S3).

Status prodi S2 ini tidak terlepas dari status STP NHI Bandung itu sendiri. Seperti diketahui bahwa STP Bandung adalah perguruan tinggi negeri yang berada dibawah naungan Kementerian Pariwisata. Tetapi, Kementerian Pendidikan Nasional tetap menjadi pihak yang membina STPB secara akademis.

Baca Juga: Daftar Program Studi S1 di STP NHI Bandung

Penyelenggaraan akademik program Pascasarjana di STP NHI Bandung berlangsung selama 4 semester. Jangka waktu tersebut juga sudah termasuk dalam penulisan tesis. Mengenai tenaga pengajarnya, berasal dari para akademik lulusan S3 alias professor yang tentu saja kompeten. Dan dosen profesional yang telah memiliki penguas tinggi di terhadap pariwisata, bisnis perjalanan dan bisnis hotel.

STP Bandung telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri pada program S2 ini. Adapun nama-nama lembaga pendidikan luar negeri yang telah bekerjasama adalah Southern Cross University, Australia, Universite de la Rochelle, Prancis, dan Bournemouth University, Inggris.

Metode Perkuliahan Pascasarjana STPB

Program Magister Manajemen Pariwisata STP NHI Bandung dirancang untuk mengembangkan kompetensi spesifik dengan cara menerapkan metode kuliah tanpa tatap muka, sindikasi kasus, dan program orientasi lapangan.

Untuk menunjang semua itu, STP Bandung pun telah melengkapi fasilitas kampus, yakni spesifik kepariwisataan. Diantaranya adalah Lab. Alam Pariwisata, Lab. Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata.Dan Lab. Manajemen Industri Perjalanan Pariwisata, serta Lab. Manajemen Perhotelan.

Kurikulum Program Pascasarjana STP Bandung

Kurikulum yang diterapkan pada program pascasarjana STP NHI Bandung, terdiri dari dua bagian. Pertama adalah bagian inti. Terdiri dari Metodologi Kuantitatif, Akuntansi Manajerial, Manajemen Strategis. Dan Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, serta Ekonomi Manajerial.

Dan untuk bagian kedua bernama Fungsional, yakni Tourism Journal, Inovasi & Kewirausahaan di bidang kepariwisataan, Metodologi Riset, Kebijakan Pengembangan Pariwisata, Sistem Informasi Manajemen Pariwisata, dan Manajemen Kualitas Pelayanan Pariwisata.

Pendaftaran Program S2 STP Bandung

Untuk proses pendaftaran program Magister Manajemen Pariwisata STP NHI Bandung itu sendiri, tidaklah rumit. Langkah pertama adalah membawa berbagai berkas persyaratan pada saat pelaksanaan tes seleksi. Dan setelah dinyatakan lulus seleksi, kembali melampirkan sejumlah berkas.

Pada saat pelaksanaan tes seleksi, calon peserta wajib melampirkan 2 lembar fotocopy Ijazah S1/D4 dari PTN/PTS/Akademi/Politeknik yang terakreditasi dan telah dilegalisir. Bagi yang memiliki ijazah luar negeri, sudah harus mendapatkan kesetaraan dari DIKTI.

Selain itu, juga membawa 2 lembar fotocopy Transkrip Nilai yang juga telah dilegalisir. Bagi angkatan S1/D4 Tahun 2012 keatas, mahasiswa harus terdaftar pada PDDIKTI (Pangkalan Data DIKTI). Membawa pula 2 lembar fotocopy KTP & Kartu Keluarga. Dan pas photo berwarna sebanyak 6 buah berukuran 3×4 cm dengan background biru (tidak boleh foto instant).

Adapun syarat yang harus dipenuhi ketika dinyatakan lulus seleksi, diantaranya surat referensi dari 2 orang akademisi. Surat referensi ini bisa diunduh di laman resmi pendaftaran mahasiswa baru STP NHI Bandung. Dan syarat kedua, menyerahkan hasil tes TOEFL yang masih berlaku, dengan minimal di angka 450.

Ingin kuliah gratis? Sekaligus juga segala urusan kampus beres? Download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Menangkan beasiswa kuliah hingga 20 juta per semester. Tidak hanya itu, cukup melalui aplikasi ini, pendaftaran kuliah jadi lebih mudah, cepat dan hemat. Ragam informasi seputar dunia perkuliahan pun juga disajikan secara menarik. Diantaranya, dana pendidikan, event kampus, promo mahasiswa, hingga magang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like