mahasiswa
FAQ goKampus Tips Belajar Upskill

Daftar 10 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS Yang Oke!

Anak-anak IPS kelas 12 SMA yang lagi galau milih jurusan, mana suaranya? Kamu suka kepikiran gak sih kira-kira apa aja ya jurusan kuliah untuk anak IPS yang cocok? Nah, tenang aja guys! goKampus akan merangkum semuanya untuk kamu terkait jurusan kuliah untuk anak IPS. Cek ini ya!

1. Jurusan Jurnalistik

Jurusan untuk anak IPS yang pertama adalah jurusan jurnalistik. Jurusan jurnalistik cocok banget untuk kamu yang pengen jadi penyiar atau tim kreatif yang pengen kerja di stasiun TV.

Program studi Jurnalistik ini akan membantu mengasah seluruh pemikiran kamu dan gak hanya menjadi lebih kritis secara pemikiran loh tapi kamu juga akan mendalami ilmu public speaking, penulisan, periklanan, broadcasting, dan juga problem solving. 

Nah, saat kamu lulus jadi mahasiswa jurnalistik nanti kamu juga bisa menjalani berbagai profesi seperti wartawan TV, koran, radio, editor media, konten kreator, dan masih banyak lagi profesi-profesi seru lainnya yang mungkin buat kamu makin familiar sama kamera nih!

2. Jurusan Psikologi

Jurusan untuk anak IPS yang kedua adalah jurusan psikologi nih. Pastinya kamu gak asing lagi kan sama jurusan psikologi.. Karena para peminat pelajar di Indonesia rata-rata memilih jurusan psikologi loh sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikannya.

Jurusan Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia nih. Gak jarang loh kalau kamu dianggap sebagai cenayang karena kamu bisa membaca gerak tubuh atau senang menikmati perilaku orang-orang di sekitarmu!

Nah biasanya untuk mahasiswa lulusan dari jurusan Psikologi bisa kerjanya beragam, kamu bisa bekerja sebagai HRD, peneliti, dan juga psikolog.

3. Jurusan Sastra

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang ketiga adalah jurusan sastra nih guys.. Jurusan sastra ini cocok banget deh buat kamu yang senang belajar bahasa baru.

Selain kamu akan belajar bahasa Inggris, kamu akan belajar tentang Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain sebagainya. Jadi, kamu tinggal pilih aja deh pelajaran sastra mana yang paling sesuai dengan minatmu.

Selain itu, jurusan sastra juga memiliki prospek kerja yang luas yang bisa kamu kembangkan di berbagai bidang seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan sampai kerja di Kedutaan Besar. Gimana? Keren banget kan?

instan approval 1jam diterima
instan approval 1jam diterima

4. Jurusan Bisnis dan Manajemen

Jurusan untuk anak IPS yang keempat adalah jurusan bisnis dan manajemen nih.. Jurusan ini cocok banget buat kamu yang pengen jadi entrepreneur maupun pebisnis sukses. Jurusan untuk anak IPS yang satu ini selalu gak pernah sepi peminatnya dari tahun ke tahun loh karena dianggap prospek karirnya cemerlang!

Buat kamu nih yang suka banget mungkin belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, atau mendalami ilmu soal wirausaha dan lain-lainnya, kamu bisa mengambil jurusan bisnis dan manajemen sebagai tempatmu bernaung nantinya!

Selain itu, kamu bisa merintis karir di banyak bidang nih seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

5. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan Hubungan Internasional atau yang biasa disebut dengan jurusan HI nih. Jurusan HI termasuk salah satu jurusan yang paling bergengsi dan selalu menjadi incaran para pelajar SMA nih.

Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain sebagainya.

Buat kamu mahasiswa lulusan Hubungan Internasional biasanya akan banyak berkarir sebagai pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi di Kementerian Luar Negeri nih. Jadi buat kamu yang suka dengan politik luar negeri, bisa banget untuk jadiin jurusan HI sebagai pilihan utamamu!

Baca Juga : Macam-Macam Jurusan Kuliah Untuk Calon Maba

6. Jurusan Ilmu Politik

Jurusan untuk anak IPS selanjutnya adalah Ilmu Politik nih. Buat kamu yang mungkin pengen jadi anggota DPR atau anggota parlemen lainnya, Ilmu Politik merupakan bidang yang sangat menarik banget untuk ditekuni loh, karena kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti sosiologi, antropologi, Hak Asasi Manusia (HAM), bahkan kamu juga akan mendalami sistem politik luar negeri.

Nah, meskipun terdengar berat tapi peluang karir yang ada di jurusan ilmu politik ini gak akan hanya membawa kamu jadi politikus aja tapi kamu juga bisa mengembangkan minat dan bakat kamu yang ingin menjadi analis politik, dosen, peneliti, pengamat politik, bahkan berkarya di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

7. Jurusan Ilmu Sosiologi

Jurusan untuk anak IPS selanjutnya adalah jurusan Ilmu Sosiologi nih, Ilmu sosiologi merupakan ilmu yang mendalami dan mempelajari tentang interaksi antara satu orang dengan orang lainnya dan menjelaskan bagaimana struktur sosial terbentuk di dalam suatu masyarakat.

Setelah kamu lulus sebagai mahasiswa sosiologi pastinya kamu akan lebih banyak mendedikasikan diri untuk membantu masyarakat, seperti dosen atau peneliti, bergabung dengan lembaga-lembaga sosial, dan profesi lain yang berkaitan dengan pembangunan sosial.

8. Jurusan Administrasi Fiskal

Jurusan untuk anak IPS yang satu ini mungkin terdengar gak terlalu familiar dibandingkan dengan jurusan administrasi fiskal ini. Jurusan Administrasi Fiskal tepat banget untuk kamu yang ingin belajar mengenai seluk beluk pengelolaan aset dan keuangan negara.

Untuk prospek karir Administrasi Fiskal juga cukup luas loh, kamu bisa bekerja sebagai dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, PNS, dan berbagai profesi lain untuk kamu. Sudah dipastikan deh jurusan untuk anak IPS satu ini akan menjanjikan banget!

9. Jurusan Filsafat

Jurusan untuk anak IPS yang selanjutnya merupakan salah satu jurusan bergengsi loh guys karena jurusan ini bisa jadi terkesan sangat sulit dan membuat kamu merasa seperti Aristoteles. 

Tapi, ilmu Filsafat sebenarnya gak semengerikan itu loh guys. Ilmu Filsafat mempelajari tentang sifat dasar manusia dan hubungannya dengan realitas di masyarakat.

Nah, permasalahannya ini juga meliputi tentang moralitas, tujuan hidup, hati nurani, dan esensi tentang kemanusiaan. Di ilmu Filsafat, kamu akan mempelajari tentang Hak Asasi Manusia (HAM), paradigma feminis, teologi, dan lain-lainnya.

Yang menarik adalah saat kamu kuliah di ilmu filsafat, kamu akan dituntut untuk belajar berpikir jernih tanpa mengesampingkan kebenaran di setiap ilmu pengetahuan. Lulusan sarjana Filsafat juga bisa bekerja menjadi pengamat, konselor, psikoterapis, jurnalis, bahkan sampai pejabat di pemerintahan. Gimana? Seru kan?

10. Jurusan Manajemen Perhotelan

Jurusan untuk kuliah IPS saat ini adalah jurusan manajemen perhotelan nih. Buat kamu yang memang suka banget dengan bahasa Inggris dan pengen berkarir di bidang perhotelan atau pariwisata, kamu bisa banget untuk ambil jurusan manajemen perhotelan guys!

Di jurusan ini, pastinya kamu akan belajar dan mengembangkan keterampilan di bidang perhotelan/pariwisata.

Nah, untuk prospek kerjanya kamu gak perlu khawatir, karena karir jurusan manajemen perhotelan terbuka luas, seperti perencana meeting, manajer hotel, food service manager, manager penginapan, kepala koki, dan lain-lainnya.

Ini dia daftar 10 jurusan kuliah untuk IPS yang terbaik dan cocok banget buat kamu yang masih galau milih jurusan. Kamu juga bisa loh mengunjungi berbagai universitas yang ada di goKampus dengan klik halaman ini! 

Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *