writer adalah
Tips Belajar

Struktur Teks Deskripsi, Kunci Tulisan Jadi Lebih Menarik!

Bukan hanya memberikan penggambaran dan informasi kepada pembaca untuk memahami sebuah cerita, penulis wajib mengetahui seperti apa struktur teks deskripsi. Mengutip Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud), secara umum teks deskripsi terbagi menjadi dua bagian, yaitu deskripsi umum dan deskripsi bagian.

Deskripsi umum adalah rangkaian kalimat atau paragraf yang berisi gambaran umum dari suatu objek. Deskripsi umum dapat disebut juga identifikasi. Penulis akan memberikan informasi mengenai objek deskripsi secara luas.

Sedangkan deskripsi bagian adalah rangkaian kalimat atau paragraf yang berisi rincian dari suatu objek. Pada bagian ini, penulis akan memberikan banyak informasi terkait objeknya dengan detail. Misalnya penulis memberikan gambaran seperti apa bagian-bagian dari objek deskripsinya.

Struktur Teks Deskripsi

Supaya tidak semakin bingung, yuk kita simak dulu kaya gimana sih struktur dari teks deskripsi. Dengan memahami strukturnya, maka kamu tidak akan kesulitan lagi dalam menulis kalimat deskripsi. Struktur teks deskripsi sendiri terbagi lagi menjadi 3 bagian, yaitu identifikasi, deskripsi, dan kesimpulan. Masing-masingnya memiliki isi yang berbeda-beda.

1. Identifikasi

Identifikasi biasanya berada pada awal paragraf, yang berperan sebagai pembukaan. Biasanya berisi nama deskripsi objek, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek. Identifikasi menjadi kalimat pengantar untuk masuk ke dalam topik utama dalam sebuah cerita. Bagian ini juga bisa untuk menginformasikan tujuan dan maksud penulis dalam membahas suatu objek.

2. Deskripsi

Di bagian deskripsi, penulis akan menggambarkan dan memberikan informasi objek secara lengkap dan terperinci. Isi deskripsi dapat menjelaskan apa yang terlihat oleh penulis secara subjektif, misalnya bagian-bagian objek, komposisi warna, bunyi-bunyian, dan kesan pertama penulis tentang objek tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek emosional kepada pembaca, sehingga membuat tulisan seolah-olah bisa terlihat, terdengar, dan pembaca bisa merasakannya.

Dari buku Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs, terdapat beberapa jenis pengembangan teks deskripsi. Mulai dari berdasarkan ruang, anggota-anggota bagian objek, proses sesuatu berlangsung, dan fokus penulisan.

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian

·  Berdasarkan Ruang

Jenis ini berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, ketika menggambarkan sebuah rumah, penulis akan mendeskripsikan bahwa di dalam rumahnya terdapat pintu masuk, ruangan tengah, dan bagian belakang rumahnya. Perincian ruangan juga bisa menyebutkan nama ruang serta ciri-cirinya.

·  Berdasarkan Anggota Bagian-bagian Objek

Teks deskripsi ini berisi perincian bagian-bagian dari objek yang dideskripsikan penulis. Misalnya penulis mendeskripsikan sebuah pantai, maka ia juga akan menggambarkan seperti apa pasirnya dan lautnya, apakah terdapat banyak bebatuan atau tebing yang mengelilingi, ada tanaman apa saja di pantai tersebut, dan sebagainya.

·  Berdasarkan Proses Sesuatu Berlangsung

Biasanya teks deskripsi jenis ini menggambarkan suatu peristiwa yang sedang berlangsung, seperti pementasan, musibah atau kejadian, atau atraksi-atraksi. Terdapat perincian pada bagian awal, kemudian mulai meningkat menuju puncak kejadian, inti atau klimaksnya, terakhir adalah penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan seperti apa awal pementasan, puncak adegan, dan penutup.

·  Berdasarkan Fokus Penulisan

Deskripsi ini berisi bagian yang paling disukai penulis dari objek yang dideskripsikannya. Misalnya, bagian yang paling penulis sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Karena memiliki desain yang unik, selain itu cat cerah membuat pengunjung merasa nyaman.

Baca Juga: Yuk, Pahami Berbagai Contoh Dan Jenis Teks Deskripsi

Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan, berisi kesan penulis pada objeknya secara umum. Selain itu juga berisi kesimpulan dari seluruh teks yang sudah dituliskan.

Sudah tercerahkan dengan struktur teks deskripsi? Siap jadi penulis andal nih! Kamu juga bisa meningkatkan skill apapun yang kamu minati melalui kursus online di goKampus! Kursus online di goKampus, dapat skill, dapat juga sertifikat siap kerja dari Singapura! ? Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *