contoh soft skill
Tips Belajar

Contoh Soft Skill yang Harus Mahasiswa Kembangkan

Ketika duduk di bangku kuliah, ada tuntutan di mana kamu harus menjadi lebih mandiri, bertanggung jawab dan serba bisa. Berbeda ketika masih di bangku sekolah, ketika kuliah kamu harus pandai mengatur waktu kuliah sendiri, mengatur keuangan untuk biaya sehari-hari, belajar memasak, dan berbagai macam lainnya. Gak sedikit mahasiswa baru yang merasa kesulitan untuk beradaptasi pada awal masa kuliah. Tak hanya itu, masa kuliah juga masa di mana kamu harus mengembangkan berbagai potensi diri. Karena potensi diri tersebut bakal sangat berguna ketika kamu lulus kuliah, dan memasuki dunia kerja nanti. Potensi diri ini ada beberapa contoh seperti soft skill dan hard skill. Umumnya hard skill yang bisa kamu pelajari secara langsung dengan melakukan banyak praktik.

Baca Juga: Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill yang Wajib Kamu Pahami

Berbeda halnya dengan soft skill. Soft skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan kepribadian dan karakter seseorang. Sederhananya, soft skill adalah kemampuan yang melibatkan kecerdasan emosional seseorang dan belajarnya pun gak bisa secara formal dalam pendidikan. Akan tetapi, kamu dapat mengembangkannya seiring waktu di dunia perkuliahan dengan mengikuti berbagai kegiatan. Terus, soft skill apa saja yang harus mahasiswa kembangkan?

1. Kemampuan Berkomunikasi

Saat ini, kemampuan berkomunikasi adalah hal yang sangat penting. Bukan hanya sekedar berkomunikasi dalam sehari-hari, tetapi kemampuan kamu dapat menempatkan diri dalam berbagai situasi dan kondisi.

Beberapa contoh soft skill yang memiliki dasar komunikasi adalah berbicara di depan umum, mempresentasikan materi, memahami komunikasi non-verbal (gestur tubuh, mimik wajah, intonasi nada, dan sebagainya), bernegosiasi, berdiskusi dan mengemukakan opini, menjadi pendengar yang baik, dan berbagai macam lainnya. Kamu memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan kemampuan ini di dunia kuliah, karena kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

2. Kemampuan Kerja Tim

Dalam perkuliahan seringkali dosen memberikan tugas kepada mahasiswa untuk berkelompok. Di sini menjadi kesempatan bagi kamu untuk mengembangkan kemampuan kerja tim, mulai dari pembagian tugas, tanggung jawab tugas, diskusi memecahkan sebuah permasalahan, koordinasi dengan banyak orang, dan juga tidak mementingkan diri sendiri. Jika kamu memiliki kemampuan kerja tim yang bagus, maka kamu tidak akan kaget ketika masuk dunia kerja nanti karena sudah terbiasa bekerja secara berkelompok.

3. Kemampuan Manajemen Waktu

Kalau kamu gak pandai dalam mengelola waktu, maka seluruh kegiatan dan tugas-tugasmu bisa-bisa terbengkalai. Misalnya, selain untuk belajar, pastinya kamu juga harus memiliki waktu untuk refreshing atau sekedar berkumpul dengan teman-teman. Belum lagi jika kamu mengikuti organisasi dan kepanitiaan di kampus yang cukup menyita waktu.

Itu semua akan menjadi berantakan jika kamu gak bisa membagi waktu dan gak dapat menentukan prioritas pekerjaan. Dari kemampuan ini, kalian dapat belajar untuk disiplin dan bertanggung jawab dengan waktu. Sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang dengan sia-sia.

4. Kemampuan Membuat Keputusan

Ketika kamu berhadapan dengan suatu konflik, seringkali kamu memiliki beberapa pilihan guna meredam konflik tersebut. Berdasarkan berbagai macam pertimbangan dan faktor lainnya, kamu harus dapat mengambil keputusan agar konflik gak menjadi berkepanjangan. Tentunya mengambil keputusan bukanlah hal yang mudah, namun kamu akan menjadi terbiasa seiring dengan berjalannya waktu, apalagi jika kamu aktif mengikuti organisasi kampus. Karena kamu akan terbiasa dengan problem solving.

5. Kemampuan Leadership

Kepemimpinan adalah kemampuan yang dicari oleh banyak perusahaan. Jika kamu bisa memimpin orang lain, maka dapat dipastikan kamu dapat memimpin dirimu sendiri, dengan kata lain kamu dianggap cukup disiplin dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan. Untuk mengembangkan kemampuan ini maka hal pertama yang harus kamu miliki adalah keberanian. Terutama berani untuk mengambil segala resiko yang mungkin terjadi, dan menjadi panutan bagi sekelilingnya.

Itu tadi beberapa soft skill yang harus mahasiswa kembangkan di dunia perkuliahan. Dengan memiliki kemampuan-kemampuan di atas, dijamin banyak perusahaan yang akan melirikmu setelah lulus kuliah. Apalagi dalam dunia kerja yang dibutuhkan adalah keahlian, keterampilan, dan juga pengalaman.

Agar lebih siap memasuki dunia kerja, kamu harus mengasah soft skill yang sesuai dengan minat ya. Supaya soft skill bisa berkembang, kamu bisa ikutan kursus online di goKampus! Ikutan kursus online di goKampus, asah kemampuan digital sekaligus dapat sertifikat bonafide dari Singapura! Penasaran? Klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *