contoh skripsi perpajakan lengkap
Tips Belajar

Contoh Judul Skripsi Perpajakan Lengkap, Bisa Jadi Referensi Nih!

Tonton Sekarang

Pada era serba internet seperti sekarang, mencari contoh skripsi perpajakan yang lengkap gak terlalu susah nih. Kamu bisa menemukan referensi skripsi cukup dari rumah. Beda dengan zaman dulu yang mewajibkan mahasiswanya harus mengunjungi perpustakaan demi perpustakaan dari berbagai kampus untuk mendapatkan referensi skripsi.   

Tujuan pembuatan skripsi sendiri adalah karangan ilmiah sebagai bagian dari pendidikan akademis mahasiswa. Nah, skripsi ini menjadi syarat kelulusan dari jenjang sarjana atau S1 (Strata 1). Pertanyaannya, kenapa sih mahasiswa sibuk mencari contoh-contoh skripsi di akhir masa kuliahnya?

Soalnya, karya tulis ilmiah tersebut harus benar-benar sesuai kaidah penelitian dan aturan skripsi. Misalnya harus melakukan penelitian sendiri, gak boleh plagiat, dan memiliki kebaruan ide penelitian. 

Jadi dalam memilih judul, seorang mahasiswa harus mencari tahu dulu apakah sudah pernah ada orang yang menggunakan judul tersebut atau belum. Jangan sampai kamu membuat judul skripsi dengan judul penelitian yang sudah pernah ada karena bisa muncul kecurigaan plagiat nih.

Memang, sangat sulit menemukan ide penelitian yang 100 persen original dan belum pernah ada pembahasannya. Apalagi untuk bidang ilmu yang terbilang populer seperti perpajakan yang banyak banyak peminatnya. 

Itulah mengapa mahasiswa Jurusan Perpajakan perlu melakukan riset dulu terhadap contoh judul skripsi yang sudah ada. Dari situ, mereka bisa melakukan pengembangan dari berbagai penelitian terdahulu, mengulang penelitian serupa dengan ide, modifikasi, dan tambahan variabel tertentu agar lebih spesifik. 

Umumnya, mahasiswa Jurusan Perpajakan memilih skripsi yang berhubungan dengan pajak bumi dan bangunan, pajak pertambahan nilai, pajak kendaraan bermotor dan pajak penghasilan. Namun seiring perkembangan zaman, skripsi-skripsi tentang pajak e-commerce juga mulai bermunculan, termasuk pajak aset-aset digital yang belakangan juga ramai dibicarakan.

Bagi kamu yang ingin kuliah atau mahasiswa di Jurusan Perpajakan, ada beberapa contoh skripsi perpajakan lengkap yang mungkin bisa kamu jadikan referensi.

Baca Juga: 7 Alasan Kuliah Akuntansi Perpajakan Di Unpam

Contoh Judul Skripsi Perpajakan Tentang Pajak Bumi dan Bangunan Lengkap!

  1. Evaluasi Tentang Pemungutan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan Manfaatnya Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Daerah (Studi Kasus Dilakukan Oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas X).
  2. Studi terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pajak Bumi dan Bangunan PBB di Kabupaten Bojonegoro.
  3. Analisis Kinerja Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Daerah Kabupaten Tuban.
  4. Evaluasi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Pada Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Kabupaten Gresik.
  5. Studi tentang Perbedaan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-p2) Sebelum dan Sesudah Berlakunya Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).
  6. Studi terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pada Kabupaten Bojonegoro Periode 2016-2020.
  7. Analisis Sistem Pengendalian Intern Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Daerah Kabupaten Tuban.
  8. Potensi PBB dan Hubungannya dengan Peningkatan Pendapatan Daerah Pada Kantor Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Kota Surabaya.
  9. Identifikasi terhadap Sistem Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Meningkatkan Pendapatan Daerah di Dipenda Kab X.
  10. Analisis Tingkat Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten YZ Dalam Menghadapi Otonomi Bebas.

Contoh Tentang Pajak Pertambahan Nilai

  1. Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai Pada PT X di X.
  2. Analisis Perhitungan Pajak Pertambahan Nilai dan Pelaporannya Pada PT X di Bojonegoro.
  3. Penerapan Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Pada PT Suara di Sleman.
  4. Analisis Perlakuan Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai dan Dampaknya Pada Laporan Keuangan Pada PT X.
  5. Perlakuan Akuntansi Pajak Pertambahan Nilai dan Dampaknya Pada Laporan Keuangan Pada PT Xx.
  6. Analisis Terhadap Pajak Pertambahan Nilai Sambungan Langsung Internasional (SLI) Pada PT X.
  7. Analisis Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Putusan Sidang Pengadilan Pajak Pada Kasus Banding Pajak Pertambahan Nilai.
  8. Analisa tentang Efek dari Self Assessment System Serta Surat Tagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai.
  9. Analisis Tingkat Efektifitas Adanya Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, Surat Tagihan Pajak, Jumlah Pengusaha Kena Pajak Serta Surat Pemberitahuan Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).
  10. Analisis Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Pada Penjualan Terhadap Aliran Kas Pada PT X.

Contoh Tentang Pajak Kendaraan Bermotor

  1. Macam-Macam Faktor yang Berpengaruh Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Provinsi Jawa Tengah.
  2. Evaluasi Tingkat Pengaruh Adanya Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus Pada Samsat X).
  3. Analisis Dampak Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Akuntabilitas Pelayanan Publik, Sanksi Perpajakan, Serta Keadilan Prosedural Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.
  4. Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pada Kantor Bersama Samsat Kota Surabaya
  5. Analisis Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Melalui Layanan Drive Thru Dan Efeknya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak
  6. Macam-Macam Faktor yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Masyarakat Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor.
  7. Analisis Adanya Pemberlakukan Akuntansi Pajak Atas Kepemilikan Aktiva Kendaraan Dengan Metode Capital Lease Pada PT X.
  8. Analisis Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Melalui Layanan Samsat Corner Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.
Contoh Tentang Pajak Penghasilan
  1. Pengaruh Self Assessment System Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Di Kantor Pelayanan Pajak X.
  2. Koreksi Pajak Atas Laba Usaha Dalam Hubungannya Dengan Ketentuan Pajak Penghasilan Pada PT X.
  3. Analisa Laporan Pemeriksaan Akuntansi Publik Sebagai Dasar Penerapan Pajak Penghasilan Pada PT Xx.
  4. Analisis Pengaruh Peningkatan Penghasilan Tidak Kena Pajak Terhadap Penerimaan Pajak di KPP X.
  5. Analisa Penggunaan Laporan Pemeriksaan Akuntansi Publik Sebagai Dasar Penerapan Pajak Penghasilan Berkaitan Dengan Adanya Perbedaan Pengakuan Biaya (Studi Kasus Pada PT X).
  6. Perlakuan Akuntansi Pajak Penghasilan Atas Pemberian Fringe Benefits Dan Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan Pada PT X.
  7. Penerapan Pajak Penghasilan (Pasal 21) Pada PT Xx di Kediri.
  8. Akuntansi Pajak Penghasilan (Pph) Pasal 21 Pada Dinas X Kota Surabaya.

Itu tadi beberapa contoh skripsi tentang perpajakan yang bisa kamu jadikan referensi. Sembari kamu mengerjakan skripsi, jangan lupa untuk terus upgrade skill dan menambah wawasan sebelum terjun ke dunia kerja bareng goKampus ya!

Di goKampus, kamu bisa menjadi expert di bidang yang kamu minati bareng teman-teman melalui program Give One, Get One (GOGO) dari goKampus.

Dengan berbagai courses di bidang-bidang yang sedang hype sekarang ini, kamu bisa terus upgrade skill bareng teman-temanmu. Dapatkan 1 course gratis dan lebih banyak course lainnya dengan mengajak temanmu untuk menggunakan referral id-mu. Mau tahu detailnya? Yuk, cek program GOGO dari goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *