budaya indonesia
Kategori Kelas

Cinta Dengan Budaya Indonesia? Ternyata Ini Asal-Usul dan Definisinya!

Budaya Indonesia berasal dari beragam suku bangsa. Apa saja sih yang masuk ke dalam dan definisi kebudayaan tersebut? Yuk, kita bahas.

Asal-Usul Budaya Indonesia

Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing. Semuanya telah ada dan mendarah daging di Indonesia, sebelum kita merdeka pada tahun 1945. 

Dengan kata lain, budaya Indonesia tidak hanya mencakup budaya asli yang sudah ada di Nusantara sejak lama. Namun juga mencakup budaya terakulturasi yang mendapat pengaruh budaya Tionghoa, Arab, India, Eropa, dan lain-lain.

Kalau kita bahas dari segi bahasa, kata “budaya” berasal dari bahasa Sanskerta yaitu “buddhayah”, yang merupakan bentuk jamak dari “buddhi” (akal). Artinya sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Bentuk lain dari kata budaya adalah kultur yang berasal dari bahasa Latin yaitu cultura.

Jika merunut dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat. Dari segi antropologi, budaya merupakan keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya.

Dalam pandangan tokoh antropologis Prof. Dr. Koentjaraningrat, kebudayaan nasional adalah apapun yang khas dan bermutu dari suku apapun di Indonesia. Asal bisa menjadi identitas bersama dan menimbulkan rasa bangga bagi orang Indonesia.

Baca Juga: Cagar Budaya Adalah Warisan Budaya Bangsa, Apa Saja Contohnya?

Jadi, Secara Definisi…

Budaya Indonesia adalah gabungan dari berbagai budaya daerah di Indonesia. Cakupannya adalah rumah adat, upacara adat, tarian, lagu, musik, dan lain-lain. Aneka ragam kebudayaan ini tidak menjadikan kita terbelah-belah, melainkan membuat kita sebagai satu bangsa dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika (berbeda-beda tetapi tetap satu).

Dengan semakin derasnya arus globalisasi, kebudayaan daerah di Indonesia semakin tergerus. Ini adalah tugas kita semua sebagai generasi muda penerus bangsa untuk melestarikan dan mempertahankan budaya daerah. Tujuannya agar tidak punah, atau malah dicaplok dan diklaim negara tetangga. Tentu kamu gak mau itu terjadi, kan?

Itulah definisi budaya Indonesia. Kamu tertarik gak nih untuk menyelami kebudayaan tanah air? Kamu bisa memilih jurusan dan universitas terbaiknya di goKampus ya! Daftar kuliah di goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima. Klik di sini dan cari tahu kemudahannya.

Selain itu, goKampus juga menyediakan ruang untuk upgrade skill kamu untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja saat ini ya! Melalui program kelas online, kamu bisa mendapatkan sertifikat bonafide sebagai bukti kualitas kamu agar bisa join di perusahaan besar. Yuk, pilih kelasnya di link ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *