fungsi pemasaran
Kategori Kelas

Apa Saja Fungsi Pemasaran? Cek Berbagai Fungsinya!

Waktu adalah uang. Mungkin kamu sering mendengar kalimat tersebut. Rupanya kalimat tersebut juga berlaku dalam dunia bisnis, loh. Pelaku bisnis harus dapat menggunakan waktu dengan efektif dan efisien, gak terkecuali pada pemasaran. Nah, agar proses pemasaran gak memakan banyak waktu dan gak terbuang sia-sia, maka penting untuk melakukan manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran memiliki banyak fungsi untuk mendukung kesuksesan bisnis. Apa saja sih fungsi pemasaran dan manajemen pemasaran? Yuk, baca selengkapnya di artikel ini!

Kenapa Manajemen Pemasaran Penting?

Sebelum mengetahui fungsi pemasaran dan manajemennya, kamu perlu mengetahui alasan pentingnya manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang meliputi perencanaan, tindakan, pengawasan, dan evaluasi. Manajemen pemasaran merupakan salah satu langkah sukses untuk mencapai tujuan bisnis.

Ada beberapa tujuan yang bisa kamu dapatkan dari manajemen pemasaran, seperti untuk menciptakan permintaan (demand) lebih banyak, meningkatkan keuntungan, menciptakan pelanggan baru, memuaskan dan memenuhi kebutuhan pelanggan, serta membuat reputasi produk yang baik di mata pelanggan. Selain itu, manajemen pemasaran juga bisa membantu pelaku bisnis untuk dapat menciptakan berbagai ide kreatif demi menunjang kelangsungan hidup dari bisnis atau perusahaan.

Lalu, Apa Saja Fungsi Pemasaran?

Pemasaran memang memiliki peranan yang penting dalam bisnis. Nah, buat kamu yang sudah penasaran, yuk ketahui 3 fungsi pemasaran terlebih dahulu!

1. Fungsi pemasaran sebagai pertukaran

Fungsi pemasaran yang pertama adalah sebagai alat pertukaran. Tahukah kamu kalau perusahaan bisa loh menukarkan produk dengan produk lainnya? Hal ini perlu untuk keperluan operasional perusahaan maupun untuk pertambahan aset.

2. Sebagai perantara

Pemasaran memiliki fungsi untuk menjadi perantara antara perusahaan dengan pelanggan.

3. Untuk distribusi

Fungsi pemasaran lainnya adalah distribusi agar produk atau barang dapat calon pelanggan atau konsumen kenali sehingga akan meningkatkan peluang untuk mendapat lebih banyak pelanggan.

5 Fungsi Manajemen Pemasaran

Setelah mengetahui fungsi pemasaran, kamu juga perlu mengetahui berbagai fungsi manajemen pemasaran. Apa sajakah itu? Cek satu per satu di bawah ini!

1. Mengenali pasar atau melakukan riset pasar

Sebagai pebisnis tentunya kamu harus mengetahui seperti apa permintaan pasar dan faktor yang dibutuhan agar produk dapat terus menarik pelanggan. Dengan melakukan analisis pasar, kamu dapat meningkatkan jumlah pelanggan baru, dan menarik minat pelanggan lama agar tetap memakai produk atau layanan bisnismu. Selain itu, analisis pasar juga berfungsi untuk mengetahui berbagai peluang, ancaman, kebutuhan, serta keinginan dari pelanggan.

2. Mengetahui segmentasi pasar juga salah satu fungsi manajemen pemasaran

Pemasaran lebih terarah dan efektif jika kamu memiliki segmentasi pasar. Segmentasi pasar ialah dengan mengelompokkan masing-masing pasar sesuai dengan kesamaan ciri. Segmentasi pasar memiliki beberapa syarat yang harus terpenuhi, yaitu dapat diukur besar dan luasnya daya beli segmen pasar (measurable), dapat dicapai sehingga pelayanan dapat dilakukan dengan efektig (accessible), substansial sehingga dapat menguntungkan dan bisa melaksanakan semua program yang sudah dirancang sebelumnya untuk menarik dan melayani segmen pasar.

3. Menetapkan target market

Manajemen pemasaran dapat membantumu untuk menetapkan target market bisnis. Agar dapat menetapkan target market maka kamu harus melakukan evaluasi berdasarkan beberapa faktor, seperti usia, pendapatan, jenis kelamin hingga sumber daya manusia yang perusahaan miliki.

4. Mengetahui penempatan pasar

Penempatan pasar berfungsi untuk mengidentifikasi posisi para kompetitor sebelum mereka menentukan tempatnya sendiri. Terdapat 2 pilihan untuk menentukan penempatan pasar menurut Kotler (1992), pertama adalah dengan menempatkan diri di salah satu pesaing dan berusaha agar bisa mendapatkan bagian pasar juga. Kedua adalah melakukan inovasi dan pengembangan produk yang belum pernah ada di pasaran sebelumnya.

5. Merencanakan pemasaran

Fungsi manajemen pemasaran lainnya adalah sebagai perencanaan pemasaran. Perencanaan pemasaran sendiri meliputi beberapa tahap yaitu menetapkan misi perusahaan, mengenali unit-unit bisnis, menganalisis dan mengevaluasi portofolio bisnis, serta mengenali area bisnis baru yang akan dimasuki.

Baca Juga: Kamu Entrepreneur Muda? Yuk Intip Kunci Sukses Pemasaran!

So, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja fungsi pemasaran dan manajemen pemasaran? Kalau ingin mempelajari lebih jauh seputar strategi manajemen pemasaran, kamu bisa ikutan kelas Basic Concepts of Marketing di sini. Kamu gak hanya bisa ikutan kelasnya dari mana saja secara online, tetapi juga dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura dengan biaya terjangkau.

Oh iya, kamu mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *