data analyst
Kategori Kelas

Yuk, Jaga Budaya Indonesia Lewat Antropologi Budaya

Antropologi Budaya – Budaya di negeri kita ini memang tidak ada duanya! Seperti yang kalian semua ketahui, Indonesia memiliki ribuan budaya yang hingga saat ini masih terjaga kelestariannya. Tahukah kamu, dilansir dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), bahwa jumlah warisan budaya tak benda di Indonesia baru saja bertambah menjadi 289 karya budaya loh! Keragaman budaya di Indonesia sendiri ada karena faktor geografis sebagai negara kepulauan.

Nah, banyaknya budaya di Indonesia dapat terus terjaga, karena peran dari masyarakat adatnya. Indonesia memiliki lebih dari seribu suku bangsa, yang masing-masingnya memiliki adat istiadat dan budayanya sendiri. Mereka lah yang menjaga dan melestarikan budaya miliknya, agar tidak hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, tidak hanya mereka saja, kita pun punya peran penting dalam menjaga kebudayaan yang sudah ada tersebut.

Kalian tau gak sih? Kalau ada jurusan yang khusus mempelajari seputar manusia beserta kebudayaan yang dihasilkannya loh. Jurusan yang mempelajari ilmu tersebut adalah jurusan antropologi.

Di jurusan antropologi ini kamu bisa mempelajari berbagai fakta dan sejarah, mulai dari perjalanan manusia di muka bumi sejak awal kemunculannya, hingga saat ini. Makanya, jurusan antropologi sangat cocok buat kamu yang memiliki minat dan ketertarikan dengan perilaku manusia, sosial, adat istiadat dan juga budaya.

Lalu,Apa Hubungannya Dengan Antropologi Budaya?

Eitss.. tenang jangan bingung dulu. Antropologi budaya sendiri adalah salah satu cabang ilmu antropologi yang khusus mempelajari variasi kebudayaan dari seluruh dunia yang dihasilkan oleh manusia. Ilmu ini fokus pada bagaimana manusia mampu menghasilkan budaya, dan mengembangkan budayanya dari masa ke masa.

Melalui cabang ilmu ini, kamu akan semakin mengetahui bagaimana masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga budayanya. Karena, budaya merupakan salah satu identitas dari sebuah negara.

Nah ini nih yang ditunggu-tunggu, praktek langsung ke lapangan. Nantinya, kamu bisa melakukan eksplorasi dan penelitian kebudayaan langsung, di berbagai tempat di Indonesia, bahkan dunia. Tapi sebelum turun langsung ke lapangan, kamu akan dibekali dulu dengan penelitian berbasis etnologi ya. Keren banget!

Tidak hanya antropologi budaya saja, di jurusan antropologi juga terdapat cabang ilmu lainnya seperti antropologi sosial, antropologi hukum, ataupun antropologi kesehatan. Ingin tahu apa saja perbedaan masing-masing cabang ilmu tersebut? Kamu bisa langsung cari semuanya di website goKampus loh. Langsung aja klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *