ptn yang masih buka jalur mandiri
Upskill

9 PTN yang Masih Buka Jalur Mandiri Plus Biayanya

Saat UTBK-SBMPTN berakhir, tentu banyak calon mahasiswa, termasuk mungkin saja kamu yang mencari informasi soal PTN yang masih buka jalur mandiri. Pasalnya, jalur mandiri bisa menjadi solusi ketika hasil ujian UTBK-SBMPTN gak sesuai ekspektasi alias gak lulus. Nah, apa saja PTN yang masih buka jalur mandiri dan tergolong favorit? Lalu, berapa sih biayanya? Simak selengkapnya di artikel ini!

Seperti yang sudah kamu ketahui, jalur mandiri adalah salah satu jalur masuk ke PTN selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN). Jalur mandiri adalah sistem penerimaan mahasiswa baru oleh Perguruan Tinggi Negeri secara mandiri sehingga mulai dari tata kelola hingga aturan seleksinya, semua dari PTN tersebut. 

Waktu penyelenggaraannya juga berbeda. Biasanya, jalur mandiri setelah UTBK-SBMPTN serentak di seluruh Indonesia. Jalur mandiri juga adalah kesempatan terakhir para calon mahasiswa untuk bisa kuliah di PTN impian mereka. Masalahnya, meski ujiannya setelah pelaksanaan SBMPTN, biasanya pendaftaran seleksi ini sudah buka sejak awal. Selain itu, ujian mandiri ini juga terbatas. Itulah alasannya kamu harus tahu mengenai jadwal pendaftaran seleksi mandiri agar gak ketinggalan. 

Daftar PTN yang Masih Buka Jalur Mandiri

Untuk menambah rekomendasi biar kamu gak bingung saat memilih kampus, berikut daftar PTN yang masih buka jalur mandiri!

  1. Seleksi Mandiri (SM) ITB (Pendaftaran 6-29 Juni, dengan biaya Rp200.000) atau klik di sini untuk melihat informasi tentang seleksi mandiri.
  2. SM Institut Pertanian Bogor (Waktu daftar 15-25 Juni dengan biaya Rp300.000-500.000) atau cek web pendaftaran IPB di sini.
  3. Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS (Pendaftaran 1-26 Juni) atau lihat pendaftaran seleksi ITS di sini.
  4. SM Universitas Padjadjaran (Pendaftaran hingga 27 Juni dengan biaya Rp100.000-200.000) atau cek informasi ujian mandiri di web SM Unpad.
  5. SM Unair (Waktu daftar 4 Juni-22 Juli) atau lihat informasi di web PPMB Universitas Airlangga.
  6. SIMAK UI (Waktu daftar 24 Mei-27 Juni dengan biaya Rp400.000-Rp600.000) atau baca informasi lainnya di web SIMAK UI.
  7. SM Universitas Udayana (Pendaftaran 11 April-30 Juni dengan biaya Rp450.000) atau cek pengumumannya di web Unud.
  8. UM-PMB Universitas Diponegoro (Waktu daftar 11 April-20 Juni dengan biaya Rp350.000-Rp500.000) atau lihat informasi lainnya seputar ujian mandiri di web PMB Undip.
  9. SIMA Universitas Andalas (Pendaftaran 6 Juni-13 Juli) atau cek web SIMA UNAND untuk informasi lebih lanjut.

Itulah daftar PTN yang masih buka jalur mandiri beserta biayanya. Langsung catat dan buat pengingat di ponselmu biar gak ketinggalan. Persiapkan diri kamu dari sekarang karena biasanya soal-soal ujian seleksi mandiri lebih sulit daripada UTBK-SBMPTN. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya!

Baca Juga: Seleksi Mandiri Langsung Diterima? Ini Penjelasannya!

Oh iya, menurut Survei Willis Towers Watson 2014-2016, 8 dari 10 perusahaan di Indonesia sulit dapat lulusan yang siap bekerja? Relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri juga berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020.

Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sinikelas UX Writer di sini, atau Memulai Karier sebagai Product Manger di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelas dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *