kuliah jurusan jurnalistik
Kategori Kelas

Mau Jadi Presenter TV? Yuk Kuliah Jurusan Jurnalistik!

Ada yang pengen jadi presenter seperti Najwa Shihab? Atau ada yang penasaran gimana sih proses kreatif di media? Pernah kepikiran gak… Masyarakat dapat berita dari wartawan, nah wartawan dapat berita dari mana ya? Buat kamu yang penasaran dengan dunia kerja reporter dan jurnalis, goKampus akan kasih kamu penjelasan kuliah jurusan jurnalistik serta prospek kerjanya. Yuk simak!

1. Kenapa milih kuliah jurusan jurnalistik?

Di kuliah jurusan jurnalistik ini kamu pasti akan mendapatkan banyak ilmu-ilmu yang mungkin berbeda dengan jurusan lainnya. Identik kata jurnalistik adalah wartawan, dimana kamu akan belajar semua hal tentang wartawan. Padahal gak juga loh guys! Di jurusan jurnalistik kamu akan diajarkan tentang critical thinking, statistika, radio, majalah, videografi, dan banyak hal lainnya. Kamu juga akan diajarkan bagaimana cara kerja di balik layar stasiun TV bahkan kamu akan mendapat tugas untuk turun lapangan melakukan wawancara dengan untuk menulis berita.

Selain itu, kamu gak akan lepas dari yang namanya kerja kelompok guys. Nah ini membantu banget buat kamu untuk bisa memimpin dan mengkoordinasikan tugas-tugas dengan tim.  Yakin masih gak mau ngerasain vibesnya jurusan jurnalistik?

2. Selama kuliah nanti belajarnya apa aja?

Selama 4 tahun kamu kuliah, kamu akan mendapatkan mata kuliah jurnalistik radio, bahasa jurnalistik, program televisi dan radio, penulisan artikel, hukum etika pers, manajemen media massa, bahkan sampai media marketing. Soft skill kamu juga akan berkembang banget nih.. Karena kamu akan belajar bagaimana riset yang benar dan baik, bagaimana cara menulis artikel, senang melakukan analisis berita, dan kamu akan diajarkan untuk menulis juga loh!

Baca Juga : 5 Film Untuk Kamu Yang Jatuh Cinta Dengan Jurnalistik

3. Kerjanya bisa jadi apa dan di mana aja?

Mahasiswa lulusan S1 jurusan jurnalistik peluang kerjanya besar loh. Kamu bisa bekerja menjadi penyiar berita di televisi atau radio, pembawa acara talkshow, menjadi kameramen untuk televisi, radio, atau film, fotografer, penulis artikel, dan masih banyak lainnya loh.. Kalo di era sekarang banyak yang jadi youtuber, gak menutup kemungkinan kamu juga akan menjadi content creator. Kebayang kan betapa serunya kerja sebagai lulusan jurnalistik!

Gimana? Udah kebayang kan bagaimana kuliah jurusan jurnalistik dan prospek kerjanya? Yang paling penting adalah pilihlah jurusan yang kamu suka ya! Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *