jurusan musik
Kategori Kelas

Kuliah di Jurusan Musik, Tujuannya Apa Sih?

Belajar musik kan bisa otodidak, untuk apa kuliah di Jurusan Musik? Mungkin pertanyaan itu muncul saat kamu mendengar tentang jurusan permusikan. Sebenarnya, kuliah di jurusan ini bisa punya prospek cerah, loh. Kita bahas yuk!

Belajar Apa di Jurusan Musik?

Tentunya kamu akan mempelajari musik secara dalam dan serius. Mulai dari sejarah musik, teori musik, aspek-aspek musik seperti melodi, ritme, dan harmoni, serta aliran-aliran musik seperti pop, rock, jazz, musik tradisional, dan sebagainya. 

Kamu akan bertemu dengan berbagai mata kuliah seperti Teori Musik, Teori Bentuk Musik, Sejarah Musik, Koor/ Orkes/ Ensambel, Instrumen Dasar Piano, Baca Partitur, Solfegio, Kontrapung, Harmoni, Instrumen Mayor, Kondakting, Kritik Musik, Analisis Bentuk Musik, dan sebagainya.

Gak hanya teori, kamu juga akan mempelajari teknik aransemen musik, keterampilan memproduksi musik secara kolaboratif, juga kemampuan bermain instrumen musik dan mempelajari teknik vokal. 

Saat kuliah, kamu akan diminta memilih instrumen mayor yang akan kamu pelajari secara mendalam, misalnya piano, gitar, biola, violin, cello, terompet, saxophone, perkusi, hingga vokal. Wah, buat kamu yang suka main musik, kapan lagi dapat nilai dengan bermusik?

Baca Juga: Mengenal Alat Musik Ritmis, Penjaga Irama Sebuah Lagu

Prospek Jurusan Musik

Dengan kuliah di Jurusan Musik, tentu saja kamu bisa menjadi musisi. Bekal ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah tentu jauh lebih lengkap dibanding musisi yang belajar secara otodidak. Meskipun ini belum tentu menjamin kesuksesanmu, setidaknya kamu selangkah di depan mereka.

Ingat, orang yang kuliah di jurusan musik gak cuma jadi komposer musik, vokalis, dan pemain musik. Masih banyak profesi lain yang tersedia di industri musik seperti soundman, music director, arranger, produser musik, pengamat musik, dan masih banyak lagi.

Jurusan Musik juga punya banyak jenis. Ada yang mempelajari musik bersama seni drama dan tari, membuat peluangmu menjadi lebih besar lagi. Untuk kamu yang ingin jadi guru/dosen seni musik, tentu saja kamu bisa mengawali langkah melalui jurusan ini.

Kuliahnya Di Mana?

Ada beberapa universitas yang menyediakan Jurusan Musik. Berikut daftarnya:

1. Universitas Pendidikan Indonesia

2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

3. Universitas Negeri Semarang

4. Sekolah Tinggi Internasional Konservatori Musik Indonesia

5. Universitas Negeri Manado

6. Universitas Negeri Makassar

7. Universitas Pelita Harapan

8. Institut Seni Indonesia Padang Panjang

9. Institut Kesenian Jakarta – LPKJ

10. Universitas Palangka Raya

Itulah sekilas mengenai kuliah di jurusan permusikan. Tertarik kuliah di jurusan ini? Kamu bisa memilih universitas favorit dan paling cocok untukmu di goKampus! Dapatkan beasiswa senilai total Rp10 miliar dan CASHBACK hingga Rp500 ribu bagi kamu yang daftar Instant Approval melalui Aplikasi goKampus. Menarik kan? Cek selengkapnya di link ini ya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *