cara merawat indra pendengar
Tips Belajar

Cara Merawat Indra Pendengar, Jangan Sampai Terabaikan!

Salah satu pancaindra adalah indra pendengar atau telinga. Dengan telinga, kamu bisa mendengar berbagai macam suara serta bunyi-bunyian yang ada di sekitarmu. Tentunya telinga harus kita rawat dengan baik agar dapat berfungsi maksimal. Kebersihan dan kesehatan telinga merupakan salah satu hal yang wajib kita perhatikan. Yuk, langsung kepoin cara merawat indra pendengar atau telinga di artikel ini!

Cara Merawat Indra Pendengar

Kita gak bisa sembarangan merawat telinga. Jika ada yang salah dalam prosesnya justru bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Mengutip dari website SehatQ dan Hello Sehat, ada beberapa cara untuk merawat indra pendengar. Berikut cara yang perlu kamu perhatikan!

1. Membersihkan indra pendengar atau telinga dengan benar

Beberapa orang hanya membersihkan telinga dengan cotton bud. Tahukah kamu kalau penggunaan cotton bud justru membuat kotoran yang ada di telinga semakin terdorong masuk ke dalam? Apalagi kalau kamu menggunakan cotton bud dengan kasar. Bagian dalam telinga justru akan berisiko timbul rasa nyeri. Kamu bisa menggunakan obat tetes telinga jika ingin membersihkan telinga atau datang langsung ke dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT). Untuk membersihkan bagian luar telinga, cukup kamu bersihkan atau lap menggunakan tisu atau kain.

2. Melindungi telinga dari suara yang keras

Suara yang terlalu keras dan melengking dapat membuat pendengaranmu terganggu. Saat berada di area yang bising, kamu bisa memakai pelindung telinga, seperti ear plug untuk melindungi telingamu dari suara bising tersebut.

3. Hindari mendengarkan suara musik yang terlalu keras

Mendengarkan musik dengan earphone memang salah satu hal yang menyenangkan. Namun, kamu harus berhati-hati jangan sampai volume suara yang kamu dengarkan terlalu keras. Dengan begitu, indra pendengar kamu bisa terhindar dari gangguan. Bahkan World Health Organization (WHO) menyarankan gak menggunakan earphone lebih dari satu jam setiap hari dengan volume suara gak boleh lebih dari 60%.

4. Rajin membersihkan earphone

Earphone yang kotor dan tak terawat sangat memungkinkan menjadi penyebab infeksi atau gangguan di telinga. Hal ini karena bakteri akan berkembang biak dalam earphone tersebut. Kamu bisa membersihkan earphone menggunakan sabun, sikat gigi, dan lap kering. Bagian yang harus kamu bersihkan adalah bagian karetnya karena berhubungan langsung dengan telinga atau indra pendengar.

5. Jagalah telinga agar tetap kering

Telinga yang basah akan memudahkan bakteri masuk. Selain itu, telinga yang basah juga menjadi tempat berkembang biak bakteri. Setiap selesai beraktivitas menggunakan air, seperti mandi dan berenang, kamu bisa mengeringkan bagian telinga terlebih dahulu menggunakan handuk yang lembut. Ini untuk menjaga indra pendengar kamu tetap kering.

6. Mengistirahatkan telinga

Para ahli merekomendasikan untuk mengistirahatkan telinga. Ketika kamu lagi mendengarkan musik atau menonton televisi, usahakan untuk mengecilkan volume agar telingamu dapat beristirahat dan mendengarkan suara yang lebih tenang.

7. Rajin memeriksa kondisi indra pendengar ke dokter

Untuk menghindari segala jenis gangguan dan penyakit telinga, kamu bisa melakukan pemeriksaan rutin ke dokter THT. Jika terindikasi adanya gangguan telinga, bisa teratasi lebih awal dan gak akan menbahayakan telingamu.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Indra Pendengar? Ini Urutan Prosesnya!

Itulah cara merawat indra pendengar yang perlu kamu perhatikan. Kamu sudah menerapkan semua cara di atas? Oh iya, kamu mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *