Bagi mahasiswa baru rantau atau bertempat tinggal jauh dari area kampus, mencari tempat kost untuk mahasiswa bisa jadi tantangan tersendiri. Dalam memilih tempat kos tentu setiap orang memiliki kriteria masing-masing. Namun, terlepas dari semua kriteria personal tersebut, tentu kenyamanan dan dekat dengan kampus kerap menjadi pertimbangan utama bagi hampir semua mahasiswa baru rantau yang tengah mencari-cari tempat kost.

Nah, jika kamu termasuk mahasiswa yang tengah mencari tempat kost dekat kampus yang nyaman, berikut adalah tips dan cara untuk menemukan tempat kost terbaik untukmu!

1. Lakukan survey harga, baru tentukan budget

Menentukan budget atau biaya yang ingin kamu keluarkan memang sangat penting dalam proses mencari kost. Namun, untuk bisa menentukan budget kost yang realistis kamu perlu terlebih dahulu melakukan survey harga. Hal ini akan membantumu untuk menentukan budget yang pas. Tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

Untuk melakukan survey harga, kamu bisalakukan dengan sesederhana bertanya dengan sesama temanmu yang juga tinggal di kost-kostan atau langsung mengunjungi kost. Setelah mendapat beberapa sampel harga, kamu bisa mengetahui rata-rata harga sewa kost dan menentukan budget kost yang akan kamu tinggali.

2. Tak harus dekat kampus, namun pastikan lokasi kost strategis

Kost yang berada di dekat kampus tentu merupakan impian bagi mahasiswa baru karena dianggap sangat praktis. Namun, mencari kost dekat kampus tentu akan memberikanmu tantangan tersendiri. Selain harganya yang umumnya lebih tinggi, ketersediaannya juga cukup jarang karena kost seperti ini sudah pasti menjadi incaran banyak mahasiswa.

Untuk itu, kamu bisa mulai mencari kost-kost yang berada di area tidak terlalu dekat dengan kampus yang bisa menawarkanmu biaya yang lebih bersahabat. Namun, meski tidak dekat kampus, pastikan lokasi kost strategis, yaitu bisa dijangkau dengan mudah dan terdapat kendaraan umum yang bisa memudahkanmu menuju kampus atau lokasi-lokasi penting lainnya seperti perpustakaan umum atau lainnya.

3. Pastikan fasilitas kost dan sekitar kost apakah mampu menunjang aktivitasmu

Setiap kost tentu memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Semakin lengkap fasilitas maka semakin tinggi pula harga sewa kost. Namun, bukan berarti kost dengan fasilitas lengkap adalah hal mutlak. Jika memang kost yang kamu pilih tidak memiliki fasilitas yang kamu butuhkan, pastikan jika lingkungan sekitar kost menyediakan fasilitas tersebut.

Sebagai contoh, jika kost tidak menyediakan jasa laundry, apakah di area sekitar kost terdapat jasa laundry. Fasilitas lainnya yang juga harus kamu perhatikan adalah ketersediaan tempat print dan fotocopy di sekitar kost dan juga tempat makan serta minimarket sehingga kelak kebutuhan sehari-harimu sebagai mahasiswa baru bisa jadi lebih mudah.

4. Amati lingkungan dan suasana kost

Untuk bisa mengetahui apakah kost nyaman ditinggali salah satunya adalah faktor lingkungan sekitar kost. Kamu bisa mengamati apakah area kost bersih dan cenderung ramai sehingga aman. Perhatikan juga tetangga-tetangga di sekitar kost dan juga tetangga kamar kost, apakah mereka ramah atau justru terlihat mencurigakan. Dengan mengamati lingkungan dan suasana kamu bisa menentukan apakah kelak kamu akan nyaman dan aman untuk tinggal di area kost tersebut.

5. Jangan malu bertanya, daripada sesat di jalan

Tips mencari kost terakhir adalah jangan pernah ragu dan malu untuk bertanya, baik pada penyedia atau penjaga kost-kostan mengenai segala informasi yang kamu perlukan mengenai kost, tetangga kost untuk mengetahui seperti apa suasana dan situasi area kost berada dan juga meminta pendapat-pendapat teman atau orang terdekatmu. Jadi, saat mencari kost tak ada salahnya ajak teman atau orang terdekat untuk berikan pendapat tambahan.

Mencari kost impian yang sesuai dengan kriteria personal memang bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan berbagai tips mencari kost di atas, tentu takkan mustahil untukmu menemukan kost dekat kampus yang nyaman, bukan? Dengan memiliki kost yang nyaman, tentu aktivitas belajar dan perkuliahan bisa jadi jauh lebih baik, bukan?

Jika kamu ingin memaksimalkan pengalaman selama berkuliah lebih jauh lagi, kamu juga bisa download aplikasi goKampus di smartphone-mu. Berbagai informasi mulai dari beasiswa, informasi tempat magang hingga dana pendidikan, bisa kamu temukan lewat satu aplikasi go Kampus. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store dan nikmati berbagai fitur dari aplikasi goKampus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like