tips belajar
Upskill

Cara Menentukan Jurusan Kuliah Buat Anak-Anak SMA

Buat beberapa siswa yang mulai memasuki fase akhir SMA, menentukan jurusan dan kampus adalah sesuatu yang cukup membingungkan. Banyak juga yang masih galau menentukan ingin mengambil bidang yang sesuai passion atau mengikuti arahan dari orang tua. Gimana ya sebenarnya cara menentukan jurusan kuliah yang terbaik untuk kita semua?

Sementara itu, banyak sekali kemampuan dan lowongan pekerjaan di masa depan sehingga sebisa mungkin harus memilih jurusan kuliah yang tepat. Nah, tentunya dengan belajar di jurusan yang tepat, kamu bisa semakin fokus mengembangkan potensi dan memahami rencana karir. Berhubung di luar sana banyak banget jurusan, kamu harus memilih dengan pertimbangan yang matang nih.

Kamu juga bisa menjadikan beberapa indikator sebagai standar cara menentukan jurusan kuliah. Beberapa indikator tersebut pastinya punya kaitan erat dengan jurusan yang akan kamu pilih. Kamu bisa coba pertimbangkan dan ada juga yang benar-benar perlu kamu terapkan agar tidak menyesal dengan pilihan yang diambil nantinya. Nah, untuk memudahkan kamu, goKampus akan kasih kamu gimana cara menentukan jurusan kuliah buat kamu calon mahasiswa baru! Yuk simak!

1. Riset mengenai kemampuan dan skill diri sendiri

Cara menentukan jurusan kuliah yang pertama adalah kamu harus ketahui dulu sebenarnya kamu senang dan paling oke di bidang apa. Kemampuanmu harus kamu ketahui dulu nih, misalnya aja kalo kamu senang banget dengan hal-hal yang berbau komunikasi, seperti pelajaran bahasa, sosiologi, bahasa asing, dan lainnya. Yakinkan diri kamu dulu nih apakah kamu benar-benar ingin melanjutkan kuliah di bidang yang kamu suka sekarang.

Kamu bisa mengetahui itu dengan melakukan riset juga kepada senior ataupun di internet khususnya berhubungan dengan pelajaran yang kamu suka. Cari tau juga dari yang akan kamu pelajari, perkiraan tugas-tugas yang akan kamu kerjakan nanti, dan juga peluang karir yang bisa kamu ambil.

Jika kamu mengambil jurusan ilmu komunikasi, maka harus mencari tahu kira-kira kemampuan mahasiswa ilmu komunikasi harus seperti apa. Contohnya harus bisa berpikir kritis, suka menulis, harus detail, dan bisa memecahkan masalah secara efektif. Selagi sekolah, kamu bisa pelan-pelan mempersiapkan bagaimana caranya untuk bisa mencapai titik kemampuan tersebut ya. Ingat, riset adalah hal utama yang harus kamu lakukan!

2. Ketahui nilaimu di sekolah!

Cara menentukan jurusan kuliah yang kedua adalah kamu harus membuka kembali rapormu untuk melihat di mata pelajaran apa kamu mendapatkan nilai yang baik dan konsisten. Cara ini merupakan cara yang objektif untuk bisa membuat kamu menemukan jurusan yang sebenarnya kamu senangi. Misalnya aja nih selama kelas 10-12 SMA, pelajaran yang nilaimu selalu bagus adalah mata pelajaran matematika, nah kamu bisa memilih jurusan matematika atau pun yang masih berhubungan dengan matematika di bidang perkuliahan nanti.

3. Cari tau keuntungan dan konsekuensinya!

Dalam memilih sebuah jurusan, pastikan kalau kamu tahu secara jelas apa yang akan kamu hadapi saat perkuliahan nanti, nah misalnya aja nih kalau kamu sudah siap dengan hal tersebut maka kamu pasti tetap akan bertanggung jawab untuk menerima konsekuensinya. Contohnya aja nih kalau kamu mengambil jurusan yang berhubungan dengan jurnalistik, maka kamu harus menerima konsekuensinya jika nanti akan ada tugas-tugas yang memaksa kamu untuk turun melakukan liputan peristiwa yang ada di lapangan nanti. Misalnya seperti ada festival, atau demo yang memang sedang terjadi di hari itu.

Baca Juga : 8 Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah Untuk Calon Maba

Memahami dan mengetahui konsekuensi itu merupakan poin yang paling penting sebagai cara menentukan jurusan kuliah karena kalau kamu sudah tau apa saja yang akan menjadi konsekuensi kamu, kamu pasti akan jauh lebih siap untuk menerima seluruh pembelajaran apapun yang akan diberikan nanti. Kamu pastinya juga akan lebih termotivasi karena kamu akan merasa memiliki tantangan selama perjalanan kuliah kamu nantinya. 

4. Skeptis memilih kampus!

Cara menentukan jurusan kuliah yang keempat ini perlu kamu perhatikan! Kamu harus pilih kampus yang menawarkan jurusanmu dengan kualitas dan akreditasi yang terbaik. Nah, kalau kualitasnya baik pastinya kamu akan dilengkapi dengan fasilitas serta program yang bisa meningkatkan kemampuanmu. Memilih kampus ini penting banget menjadi salah satu cara menentukan jurusan kuliah, karena kalau reputasi atau fasilitas di kampus yang kamu pilih gak bisa menunjang pembelajaranmu, maka itu akan berdampak untuk prospek kerja maupun langkah selanjutnya yang kamu pilih loh

5. Durasi program studi

Cara menentukan jurusan kuliah yang kelima adalah dengan mempertimbangkan durasi dari program studi yang kamu pilih. Setiap program studi pastinya punya durasi yang berbeda-beda, misalnya nih kalau kamu ambil kuliah di luar negeri khususnya di Inggris, biasanya kamu akan menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun aja, atau gak kalau kamu mengambil pendidikan di Australia, ada juga beberapa program studi yang menawarkan durasi program hanya satu sampai dua tahun saja. Jadi, kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan pertimbangan yang kamu inginkan.

6. Konsultasi dengan orang terdekat atau yang berpengalaman!

Nah, cara menentukan jurusan kuliah yang terakhir ini penting banget dan wajib kamu ikuti. Cara menentukan jurusan kuliah yang ini bisa kamu lakukan agar kamu gak terpengaruh dengan hal lainnya dalam menentukan jurusan. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua atau orang-orang sekitarmu yang lebih berpengalaman misalnya saja guru-guru di sekolah atau senior yang kamu kenal dan memiliki bidang yang sama.

Berkonsultasi dengan orang tua bisa membuat kamu lebih spesifik untuk menentukan dan mengetahui minat yang tepat untuk kamu, sekaligus pandangan dari orang juga bisa menjadi support dan motivasi kamu untuk siap memilih jurusan kuliah tersebut. Yang penting adalah jangan pernah ikut-ikutan teman ya! Pastikan jika kamu meminta sebuah saran, kamu harus meminta saran dari orang yang lebih profesional. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan konsultan pendidikan seperti goKampus!

Yang penting disaat mungkin kamu masih galau untuk memilih jurusan kuliah, jangan langsung menerima mentah-mentah pendapat yang orang berikan kepada kamu ya, karena pada akhirnya keputusan menentukan jurusan kuliah itu berada di tanganmu sendiri! Karena kamu yang menentukan apakah kamu siap untuk melanjutkan ke jenjang karir berikutnya!

Kunjungi halaman ini ya untuk cari tau bagaimana cara menentukan jurusan kuliah lainnya! Semoga artikel dari goKampus bisa berguna untukmu memilih jurusan kuliahmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *