Raihlah pendidikan setinggi mungkin. Kalimat yang menegaskan bahwa pendidikan itu sangatlah penting dalam menjalani kehidupan. Karena dengan pendidikan, kualitas manusia menjadi lebih baik. Inilah mengapa informasi terbaru cara daftar kuliah tahun ini juga menjadi hal penting untuk diketahui.

Baca Juga: 7 Persiapan Hari Pertama Kuliah Wajib bagi Mahasiswa Baru

Pendidikan terbagi menjadi dua jenis, yakni formal dan non-formal. Formal artinya pendidikan yang diraih di bangku sekolah secara sistematis dan berjenjang. Sementara non-formal adalah pendidikan yang diselenggarakan di luar pendidikan formal. Keduanya masing-masing memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian dan kualitas manusia.

Di Indonesia, pendidikan formal wajib ditempuh oleh seseorang hingga bangku SMA atau wajib belajar 12 tahun. Setelah menyelesaikannya, mereka akan memutuskan apakah akan kembali menempuh pendidikan di tingkat yang lebih tinggi yakni universitas, atau justru memilih untuk langsung terjun ke dunia kerja, atau pilihan terakhir adalah menjalani kedua pilihan tersebut.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi hal yang seharusnya diutamakan oleh para pelajar. Mengapa demikian? Karena perlu diketahui bahwa sekarang ini adalah eranya serba modern. Berbagai pekerjaan jauh lebih mudah untuk diselesaikan. Jika tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang begitu pesat ini, dapat dipastikan akan ketinggalan dan artinya terjebak pada kebiasan lama.

Dengan kembali menempuh studi di bangku perguruan tinggi, maka tidak hanya akan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, tetapi juga tidak menutup kemungkinan akan menjadi pelopor atau innovator dalam sebuah perubahan yang lebih baik.

Jauh sebelum mendaftarkan diri ke universitas negeri di Jakarta maupun perguruan tinggi swasta, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari informasi terbaru tentang cara daftar kuliah di era informatika ini.

1. Mengisi Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru Secara Online

Daftar kuliah di Indonesia tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan. Cara pertama dalam proses pendaftaran diri menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi tidak lain adalah mengambil dan mengisi formulir.

Pengambilan formulir ini dilakukan dengan langsung mendatangi universitas terkait. Dikenakan biaya dengan besaran yang berbeda-beda setiap perguruan tinggi. Isi formulir dengan data-data pribadi sebenarnya.

Namun berkat perkembangan zaman yang begitu pesat, pengisian formulir sudah dapat dilakukan secara online. Sekarang, tidak sedikit universitas di Indonesia yang telah menyediakan fitur pendaftaran online bagi para calon mahasiswa baru.

2. Melengkapi Berkas Persyaratan Mahasiswa Baru

Setelah formulir pendaftaran mahasiswa baru dilengkapi dengan data yang sesuai dan benar, berikutnya adalah dengan melampirkan berkas-berkas pendukung, seperti diantaranya transkrip nilai rapor sekolah, fotocopy Ijazah dan SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional), fotocopy KTP, dan lain sebagainya.

Bagi yang baru saja dinyatakan lulus, dimana belum memperoleh Ijazah maupun SKHUN, dapat tetap melanjutkan proses pendaftaran mahasiswa baru dengan cukup melampirkan surat keterangan lulus dari pihak sekolah yang dilengkapi tandatangani kepala sekolah dan stempel sekolah.

3. Ikuti Ujian Saringan Masuk Mahasiswa Baru

Proses pendaftaran mahasiswa baru di universitas negeri maupun swasta di Indonesia yang terakhir adalah mengikuti ujian saringan masuk. Namun ini hanya berlaku pada perguruan tinggi yang menerapkan ujian tertulis sebagai proses penerimaan mahasiswa baru, mengingat ada beberapa universitas yang tidak menyertakan ujian.

Sebelum mengikuti ujian tertulis, tentu harus lebih dulu melengkapi formulir beserta berkas-berkas sebagai persyaratan mahasiswa baru. Dan di era informatika sekarang ini, telah hadir fitur daftar kuliah online, dimana tidak perlu lagi datang ke universitas tujuan hanya untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa. Cukup mengakses situs resmi universitas terkait baik melalui smartphone maupun komputer atau laptop, kemudian cari informasi mengenai daftar kuliah online, dan lengkapi segala persyaratannya.

Beragam informasi pendaftaran beasiswa dapat dengan mudah diperoleh hanya cukup melalui aplikasi goKampus. Tak hanya beasiswa, pendaftaran kuliah, informasi acara kampus, dana pendidikan, hingga kerja magang juga bisa kamu akses dengan mudah di aplikasi goKampus. Jadi, tunggu apalagi? Download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like