Menjadi impian sebagian besar bagi para pelajar untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Dengan semakin tinggi status pendidikan setinggi seseorang, maka semakin besar pula kesempatan untuk penghidupan yang layak di masa depan.

Namun, tidak sedikit yang mampu mewujudkan impian tersebut. Beragam faktor menjadi penghalang. Sebut saja salah satunya mengenai biaya kuliah. Butuh dana pendidikan dengan jumlah yang cukup tinggi untuk melanjutkan kuliah.

Baca Juga: 3 Rahasia Menulis Essay Beasiswa Kuliah

Fakta menunjukan bahwa inflasi dana pendidikan cukup tinggi. Di Indonesia, angka inflasinya lebih tinggi dibandingkan kuliah di luar negeri. Inilah alasan mengapa banyak yang memutuskan untuk langsung terjun ke dunia kerja dibandingkan harus kembali belajar di bangku kuliah.

Meski demikian, tidak seharusnya menyerah akan keadaan. Layaknya pepatah mengatakan “Banyak Jalan Menuju Roma”, banyak cara pula untuk mengatasi permasalahan biaya kuliah yang mahal. Dan beasiswa masih menjadi pilihan terbaik.

Program-program beasiswa ditawarkan dari berbagai pihak. Mulai dari perusahaan swasta, universitas, hingga pemerintah pusat. Salah satu program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah adalah Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Beasiswa Unggulan Kemendikbud merupakan program dana bantuan pendidikan dalam negeri untuk jenjang S1, S2, hingga S3. Beasiswa ini mengakomodir seluruh biaya pendidikan tinggi hingga biaya hidup.

Perbedaan dari program beasiswa dari Kemendikbud ini dengan program serupa lainnya adalah dapat di-apply oleh mahasiswa baru maupun mahasiswa yang tengah kuliah dengan maksimal semester 2.

Tahapan seleksi penerimaan Beasiswa Unggulan Kemendikbud dibagi menjadi dua tahap. Pertama, tahap seleksi administrasi, dimana hanya melengkapi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan. Diantaranya, essay beasiswa, formulir, lampiran transkrip nilai dan Ijazah, dan lain sebagainya.

Tahapan Wawancara Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Setelah mendaftar dan submit, calon pelamar hanya tinggal menunggu pengumuman lulus administrasi. Apabila dinyatakan lolos dari tahapan pertama ini, maka akan berlanjut ke tahapan tes wawancara.

Penyelenggara Beasiswa Unggulan Kemendikbud merupakan pihak yang berwenang untuk melakukan tes wawancara kepada para pelamar. Umumnya, tes ini akan memakan total waktu hingga dua hari dengan setiap regional sekitar 400 pelamar.

Proses wawancara dimulai dengan tahapan verifikasi dokumen asli. Pada proses ini, para pelamar harus mampu membuktikan keaslian dokumen yang dilampirkan saat tahapan administrasi.

Sebaiknya, urutkan berkas sesuai dengan urutan persyaratan yang telah diinformasikan sebelumnya. Tidak sedikit yang gagal pada proses pertama dalam tahapan wawancara beasiswa karena pelamar tidak membawa berkas asli atau dokumen yang mereka bahwa ternyata palsu.

Usai verifikasi dokumen dinyatakan berhasil, selanjutnya para pelamar akan ditempatkan pada kursi khusus sesuai dengan jenjang yang mereka pilih. Tahapan wawancara Beasiswa Unggulan Kemendikbud terbilang mudah mengingat berbagai pertanyaan hanya seputar tentang diri sendiri, jurusan yang dipilih, dan konten essay serta proposal study.

Seputar Pertanyaan Wawancara Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Interviewer Beasiswa Unggulan Kemendikbud berasal dari dosen psikolog, dosen ahli hingga guru besar. Menjadi hal penting untuk menguasai psikologi, seperti bagaimana sikap berjalan ketika maju ke depan meja interview, sikap dalam menjawab, ketegasan, hingga penguasaan essay beasiswa.

Adapun mengenai beberapa pertanyaan seputar wawancara Beasiswa Unggulan Kemendikbud diantaranya: Mengapa memilih jurusan tersebut? Mengapa universitas itu yang dituju? Potensi apa dari jurusan tersebut dan apa implementasinya ke masyarakat?.

Selain itu, pertanyaan-pertanyaan juga mengarah pada beasiswa dan rencana masa depan. Seperti mengapa memilih Beasiswa Unggulan? Apa harapan di masa yang akan datang? Ingin menjadi apa setelah lulus kuliah nanti? Dan lain sebagainya.

Dapatkan informasi seputar beasiswa kuliah dengan mudah hanya melalui satu aplikasi, goKampus namanya. Tidak hanya itu, aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store ini juga bisa digunakan untuk proses pendaftaran kuliah. Informasi seputar dunia perkuliahan pun juga disajikan secara menarik. Mulai dari kerja magang, dana pendidikan, hingga event kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like