“Jangan batasi mimpimu”. Sebuah kata pembuka untuk artikel ini yang menegaskan bahwa beranilah untuk bermimpi meski itu tidak masuk akal. Karena ketahuilah, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, hanya butuh waktu.

Ambil contoh, dulu kita membayangkan mobil bisa terbang dan hal itu kita anggap adalah hal yang mustahil. Namun lihat sekarang, hal yang sebelumnya dianggap mustahil secara perlahan sudah benar-benar ada. Oleh karena, bermimpilah tanpa mengenal kata batas.

Baca Juga: Kuliah di Luar Negeri? Jangan Lakukan 3 Hal Ini!

Begitu juga dengan ambisi mengenyam pendidikan tinggi. Bermimpilah untuk kuliah di luar negeri. Sebuah mimpi yang kini tidak sulit untuk diwujudkan. Sudah banyak cerita sukses para pelajar Indonesia yang berhasil kuliah di luar negeri. Sebut saja Maudy Ayunda yang kini tengah kuliah di Stanford University, California, Amerika Serikat. Salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia.

Berkesempatan kuliah di luar negeri tentu akan mendatangkan keuntungan tersendiri dibandingkan kuliah di dalam negeri. Keuntungan pertama adalah memperoleh pendidikan dengan kualitas terbaik. Tidak perlu dipungkuri lagi bahwa universitas-universitas dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia ada di luar negeri, seperti di Inggris, Amerika Serikat, Australia dan sebagainya.

Keuntungan kedua kuliah di luar negeri adalah memperluas relasi hubungan. Kamu akan bertemu dengan mahasiswa internasional yang datang dari berbagai negara. Dan keuntungan selanjutnya adalah mendapatkan pengalaman berharga. Bagaimana tidak, kamu akan tinggal dengan budaya yang berbeda, begitu juga dengan kehidupan bermasyarakat di sana.

Untuk mewujudkan impian kamu kuliah di luar negeri, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi sebelum mendaftarkan diri. Informasi yang penting untuk diketahui mulai dari jadwal pendaftaran, persyaratan, hingga ketentuan. Dan berikut ini setidaknya 3 persyaratan umum untuk daftar kuliah di luar negeri.

1. Persyaratan Akademis

Persyaratan umum untuk daftar kuliah di luar negeri yang pertama adalah akademis. Layaknya universitas dalam negeri, perguruan tinggi di luar negeri juga mewajibkan para pendaftarnya untuk melampirkan bukti bahwa telah lulus tingkat pendidikan tertentu.

Tingkat pendidikan tertentu itu tentu saja minimal SMA dan sederajatnya bagi yang ingin kuliah S1 di luar negeri. Dan untuk kuliah S2 di luar negeri, syarat minimalnya adalah lulusan S1. Begitu juga dengan jenjang S3.

Pembuktian kelulusan dari tingkat tertentu itu ditinjau dari lampiran berkas seperti Ijazah, Transkrip Nilai, maupun nilai rapor semester saat pendaftaran. Jadi, kamu tidak langsung bisa daftar kuliah di luar negeri jika belum lulus di tingkat pendidikan sebelumnya.

Apabila kamu memiliki kualifikasi bertaraf internasional seperti International Baccalaureate Diploma, A-Level, dan lain sebagainya, tentu akan menjadi nilai tambahan yang baik saat daftar kuliah di luar negeri.

2. Bahasa Inggris

Selain pembuktian akademis, persyaratan umum yang kedua untuk daftar kuliah di luar negeri adalah menguasai bahasa Inggris. Meski tidak semua perguruan tinggi negeri di luar negeri mewajibkan calon mahasiswa untuk bisa bahasa Inggris, namun perlu diketahui bahwa bahasa yang digunakan dalam proses belajar mengajar adalah bahasa Inggris.

Oleh karena itu, menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan. Selain untuk memudahkan dalam proses belajar, juga untuk berkomunikasi dengan mahasiswa mancanegara Internasional.

3. Berkas Penting Lainnya

Dan persyaratan umum lainnya untuk daftar kuliah di luar negeri adalah melampirkan berkas penting lainnya. Maksud dari berkas penting ini diantaranya Letter of Acceptance (LoA), Letter of Motivation atau Intention, Letter of Guarantee dan lain sebagainya.

Penting untuk diingat bahwa berkas-berkas penting tersebut memakan waktu yang tidak sedikit. Untuk itu, perhitungan waktu menjadi kunci dalam persyaratan yang satu ini. Karena jika salah dalam menghitung waktu, maka berkas tidak bisa dilampirkan karena belum siap, namun batas pendaftaran sudah tutup.

Pastikan semua berkas untuk daftar kuliah di luar negeri lengkap. Pastikan pula seluruh urusan kamu beres supaya berjalan sesuai rencana. Dan untuk memastikan tersebut, langsung saja download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Hanya cukup melalui aplikasi goKampus, segala urusan kampus beres. Mulai dari daftar kuliah, berbagai program beasiswa kuliah, dana pendidikan, magang, hingga event kampus dan promo mahasiswa tersaji secara lengkap.

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like