analytics
Tips Belajar

Apa Itu Data Analytics? Ini Fungsi dan Aplikasinya Dalam Perusahaan!

Tonton Sekarang

Perkembangan digital ternyata mendorong kemajuan bisnis di berbagai sektor loh. Apakah kamu juga menyadarinya? Salah satu yang sedang marak adalah penggunaan data analytics dalam bisnis. Gimana sih cara penggunaannya dalam menunjang bisnis? Yuk kita bahas selengkapnya.

Baca Juga: Kerja di Startup dengan Gaji Besar? Wajib Punya Keahlian Ini!

Apa Itu Data Analytics?

Menurut situs republika.co.id, data analytics adalah ilmu dalam menganalisis data mentah untuk membuat kesimpulan tentang sebuah informasi. Ada banyak teknik dan proses dalam data analytics yang telah diotomatisasi menjadi proses mekanis dan algoritma yang bekerja pada data mentah untuk digunakan oleh manusia.

Data analytics sendiri merupakan istilah yang mencakup berbagai jenis analisis data. Semua jenis informasi yang berhubungan dengan teknik data analytics bertujuan untuk mendapatkan wawasan yang dapat digunakan untuk meningkatkan berbagai hal. Misalnya, mengungkapkan tren dan metrik dalam mengumpulkan informasi. Informasi tersebut bisa digunakan untuk mengoptimalkan proses dalam meningkatkan efisiensi keseluruhan bisnis atau sistem.

Selain itu, perusahaan manufaktur misalnya sering mencatat runtime, downtime, dan antrean kerja untuk berbagai mesin. Kemudian mereka menganalisis data untuk merencanakan beban kerja dengan lebih baik sehingga mesin tersebut dapat beroperasi mendekati kapasitas puncaknya.

Data analytics juga bisa menunjukkan hambatan dalam produksi. Misalnya, perusahaan e-commerce menggunakan data analytics untuk menetapkan jadwal hadiah bagi pengguna yang mampu mengundang teman untuk menggunakan layanan tertentu. Di sini kita melihat banyak perusahaan konten menggunakan banyak data analytics yang sama untuk membuat kamu mengklik, menonton, atau mengatur ulang konten untuk mendapatkan tampilan atau klik lainnya.

Apa Saja Kegunaannya Bagi Perusahaan?

1. Mempermudah Perhitungan Statistik

Data statistik merupakan salah satu data yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Setiap hari, pegawai harus mengolah data-data tersebut untuk digunakan dalam menunjang bisnis. Dengan menggunakan data analytics, pekerjaan para karyawan dalam menghitung ataupun menganalisa data-data tersebut akan semakin mudah.

2. Waktu Perhitungan Lebih Efisien

Jika sebelumnya para pekerja harus berlama-lama dalam mengerjakan perhitungan dan analisa data karena masih menggunakan cara manual, kini hal tersebut gak akan terjadi lagi. Soalnya, berkat hadirnya data analytics mampu menjadikan waktu untuk menganalisa data-data, terutama yang berkaitan dengan data statistika lebih singkat dan efisien.

Waktu perhitungan yang semakin efisien juga mampu meningkatkan kinerja dari para pekerja karena mereka tak berkutat pada satu pekerjaan saja, sehingga dapat melakukan lebih banyak pekerjaan. Saat kinerja para karyawan semakin meningkat, maka kinerja perusahaan pun akan ikut meningkat.

3. Solusi untuk Bisnis

Data analytics punya peran penting dalam membantu perusahaan untuk mencari solusi bagi kepentingan bisnisnya. Solusi tersebut berasal dari hasil perhitungan statistik yang telah dianalisa sebelumnya. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah mengambil kebijakan terbaik. 

4. Perhitungan Akurat dan Tepercaya

Penggunaan data analytics menjadikan hasil perhitungan data stastik menjadi lebih akurat dan dapat dipercaya. Adanya data statistik sangat menguntungkan bagi perusahaan karena dapat mengurangi risiko kesalahan dalam proses analisa data.

5. Membantu Riset Pasar dari Sebuah Bisnis

Perusahaan harus melakukan riset pasar untuk kelancaran bisnis. Dengan adanya riset pasar, perusahaan akan mengetahui keinginan dan kemampuan pasar dalam merespon produk dari perusahaan tersebut. Untuk memudahkan proses riset pasar, perusahaan harus menerapkan teknologi yang tepat. Itu sebabnya kini banyak perusahaan menerapkan data analytics untuk memudahkan riset pasar.

Itu tadi fungsi data analytics untuk berbagai kebutuhan bidang bisnis. Menarik kan? Kamu juga bisa mengenal lebih jauh tentang pemanfaatan data analytics dengan ikutan kelas online di goKampus ya!

Saat ini, goKampus dan platform cloud terkemuka di dunia, Amazon Web Services (AWS) membuka online course bersertifikat AWS. Di kelas ini, kamu bisa meningkatkan skill yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kerja di industri teknologi! Kelasnya GRATIS loh! Tunggu apalagi? Klik di sini buat kamu yang ingin ikutan kelasnya atau cek link ini untuk kelas AWS lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *