gelar sarjana
Upskill

12 Jurusan IPS Yang Sepi Peminat Tapi Menjanjikan

Mempertimbangkan dan memilih program studi kuliah selalu jadi salah satu hal yang paling sulit buat anak SMA yang mau lulus. Semakin banyak program studi yang ada saat ini, semakin bingung deh kamu dibuatnya. Apalagi kalo kamu anak IPS! Wah ada banyak sekali program studi dan beberapa di antaranya masih tergolong baru! Kalau kamu ingin daftar ke program studi kuliah IPS tapi ragu-ragu karena jurusan tersebut sudah memiliki banyak peminat, maka kamu bisa coba loh ke 10 program studi IPS yang sepi peminat tapi menjanjikan. Simak yuk!

1. Program Studi Aktuaria

Jurusan IPS yang sepi peminat tapi menjanjikan yang pertama adalah jurusan Aktuaria. Jurusan Aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan risiko terhadap keuangan di masa depan. Ilmu aktuaria merupakan kombinasi dari peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Kalau kamu termasuk orang yang suka dan ahli banget dalam hitung-hitungan, jurusan ini cocok banget untuk kamu!

Di Indonesia sendiri, jurusan aktuaria memang masih terdengar asing, tapi setelah kamu lulus dan menjadi sarjana aktuaria, maka kamu tidak perlu pusing karena kesempatanmu untuk dapat pekerjaan sangat besar, dan gajinya juga luar biasa!

2. Program Studi Bisnis Digital

Mumpung saat ini kita sedang fokus di industri 4.0 maka program studi Bisnis Digital bisa jadi solusi terbaik buat kamu yang ingin selalu berkembang dan menyesuaikan diri dengan zaman.

Kamu akan belajar banyak mengenai teknologi, bisnis online, startup, marketing digital, dan banyak hal yang berkaitan sama teknologi nantinya. Pastinya gak akan membosankan deh!

3. Program Studi Ekonomi Kreatif

Meskipun program studi yang satu ini memiliki sedikit peminat, namun program studi ini memiliki berbagai prospek kerja yang sangat menjanjikan loh! Program studi ekonomi kreatif ini mengajarkan kamu bagaimana caranya bisa membangun dan mengembangkan segi perekonomian Indonesia dari segi kreatif. Nantinya, kamu bisa kerja di pemerintahan atau mendirikan startup loh!

4. Program Studi Administrasi Fiskal

Pernah dengar jurusan kuliah IPS yang satu ini gak? Kedengarannya memang gak terlalu familiar dibandingkan dengan jurusan kuliah IPS lainnya. Tapi, kalau kamu tertarik untuk belajar mengenai seluk beluk pengelolaan aset dan keuangan negara, jurusan ini tepat banget buat kamu!

Di jurusan administrasi fiskal, kamu akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan tata kelola kekayaan suatu negara termasuk tentang perpajakan dan kebijakan fiskal. Wah.. wah rumit ya? Sabar dulu!

Untuk prospek karir Administrasi Fiskal juga cukup luas loh, kamu bisa bekerja sebagai dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, PNS, dan berbagai profesi lain untuk kamu. Sudah dipastikan deh jurusan kuliah IPS satu ini akan menjanjikan banget!

5. Program Studi Manajemen Perhotelan

Buat kamu yang suka dengan bahasa inggris dan mau berkarir di bidang pariwisata/perhotelan bisa banget ambil jurusan manajemen perhotelan guys! Di jurusan ini, kamu akan belajar dan mengembangkan keterampilan di bidang perhotelan. 

Di jurusan ini kamu akan belajar segala hal tentang perencanaan, pengelolaan, manajemen, sampai pengawasan akomodasi. Nah, untuk prospek kerjanya kamu gak perlu khawatir, karena karir jurusan manajemen perhotelan terbuka luas, seperti perencana meeting, manajer hotel, food service manager, manager penginapan, kepala koki, dan lain-lainnya.

Baca Juga : Daftar 10 Jurusan Untuk Anak IPA Yang Cocok Untukmu!

6. Program Studi Filsafat

Jurusan IPS yang sepi peminat tapi menjanjikan selanjutnya adalah Filsafat. Program studi Ilmu Filsafat mempelajari tentang sifat dasar manusia dan hubungannya dengan realitas di masyarakat.

Nah, permasalahannya ini juga meliputi tentang moralitas, tujuan hidup, hati nurani, dan esensi tentang kemanusiaan. Di ilmu Filsafat, kamu akan mempelajari tentang Hak Asasi Manusia (HAM), paradigma feminis, teologi, dan lain-lainnya. 

Yang menarik adalah saat kamu kuliah di ilmu filsafat, kamu akan dituntut untuk belajar berpikir jernih tanpa mengesampingkan kebenaran di setiap ilmu pengetahuan. Lulusan sarjana Filsafat juga bisa bekerja menjadi pengamat, konselor, psikoterapis, jurnalis, bahkan sampai pejabat di pemerintahan.

7. Program Studi Data Manajemen

Banyaknya perusahaan yang ada di Indonesia membuat program studi ini menjadi salah satu program studi yang memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan data merupakan salah satu kebutuhan pokok yang paling rahasia dan penting bagi sebuah perusahaan.

Nah, kalau kamu memilih di program studi ini, kamu akan banyak mempelajari tentang bagaimana mengolah data yang baik dan benar. Saat ini, ada banyak sekali berbagai perusahaan besar yang membutuhkan kemampuan untuk menganalisis data manajemen perusahaannya.

8. Program Studi Jurnalistik

Buat yang pengen jadi penyiar atau kerja di stasiun TV? Jurusan kuliah IPS yang satu ini cocok banget buat kamu tekuni! Program studi jurnalistik ini akan membantu mengasah seluruh pemikiran kamu, gak hanya menjadi lebih kritis secara pemikiran, tapi kamu juga akan mendalami ilmu penulisan, public speaking, dan juga pemecahan masalah. 

Saat lulus menjadi mahasiswa jurnalistik nanti, kamu juga bisa menjalani berbagai profesi seperti wartawan TV, koran, atau radio, editor media, konten kreator, analisis media, peneliti, dan profesi-profesi lainnya.

9. Program Studi Kesejahteraan Sosial

Program Studi Kesejahteraan Sosial akan banyak mengkaji dan mengembangkan pemikiran serta metode yang pas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kalau kamu memilih program studi ini, kamu akan memiliki peluang untuk bekerja menjadi seorang Corporate Social Responsibility (CSR), atau bahkan Manajer Layanan Sosial dan Komunikasi.

10. Program Studi Kriminologi

Kalau kamu lihat dari namanya saja pasti kamu tahu bukan apa yang akan dipelajari di program studi ini kan? Program Studi Kriminologi akan fokus mempelajari teori dan praktek tindak kriminal secara empiris, baik dalam ruang lingkung nasional maupun internasional.

Program studi ini akan sangat cocok bagi kamu yang tertarik dengan dunia hukum namun khawatir dengan banyaknya pesaing karena Program Studi Hukum hingga saat ini merupakan salah satu program studi yang paling memiliki banyak peminat.

Prospek kerja program studi ini juga sangat menarik, kamu bisa menjadi detektif dan investigator swasta, analis intelijen, staff identifikasi dan rekam jejak kepolisian.

11. Program Bisnis Fashion

Dari dulu dunia fashion selalu jadi bidang yang dibutuhkan serta selalu berkembang di setiap zamannya, bahkan semakin kesini dunia fashion menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh orang banyak. 

Program Studi Bisnis Fashion akan sangat cocok bagi kamu yang tidak terlalu menyukai pelajaran-pelajaran yang terlalu banyak teori. Disini kamu akan mempelajari tentang bagaimana mengatur bisnis dan perilaku konsumen pada trend fashion saat ini.

Prospek kerja yang bisa kamu dapatkan adalah bisa menjadi seorang visual merchandiser, wirausaha fashion, fashion stylist, dan designer terkenal.

12. Program Studi Sastra Mandarin

Nah, jika kamu pikir memilih Program Studi Sastra Mandarin gak ada gunanya, maka kamu salah besar loh! Program Studi Sastra Mandarin memang menjadi salah satu program studi yang memiliki sedikit peminat karena dianggap tidak memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Padahal jika kamu sadari, saat ini Indonesia sangat bergantung dengan Tiongkok dalam dunia perdagangan dan ekonomi. Banyak sekali perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia, dan perusahaan Indonesia sedang banyak yang menjalin kerjasama dengan perusahaan Tiongkok lainnya.

Disinilah kesempatan emas bagi kamu, kamu bisa menjadi seorang translator, tour guide, bahkan kamu bisa menjadi bagian dari perusahaan Tiongkok atau China.

Klik halaman ini yuk untuk cari tau lebih lanjut tentang jurusan IPS lainnya! Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *