gaji content creator
Tips Belajar

Berapa Gaji Seorang Content Creator? Menjanjikan Gak Sih?

Banyak anak muda ingin jadi content creator. “Enak jadi Youtuber, Instagrammer, dan TikToker, cuma bikin konten dapat gaji besar”. Padahal nyatanya gak semudah itu loh. Memang berapa sih gaji content creator? Prospek kerjanya apa saja? Yuk, kita bahas.

Bisa Kerja di Agensi

Content creator tapi bekerja untuk orang lain? Mengapa tidak? Dengan bekerja di perusahaan, biasanya tugas akan terbagi-bagi. 

Kamu bisa menjadi desainer grafis, editor video, copywriter, content writer, fotografer, animator, dan sebagainya, tergantung skill yang kamu miliki. Ini beda dengan content creator pemula yang berdiri sendiri, umumnya mereka harus mengerjakan semuanya sendirian.

Bekerja di agensi juga merupakan cara yang cenderung aman bagi seorang content creator untuk mendapat uang. Dapat gaji tetap bulanan kan lumayan, apalagi kalau kamu masih bisa cari sampingan.

Meski begitu, gaji content creator di agensi gak akan gede-gede banget loh. Biasanya standar Upah Minimum Regional (UMR) saja, sih, misalnya UMR Jakarta pada tahun 2022 ada di kisaran Rp4,6 juta. Namun, seharusnya akan ada peningkatan seiring bertambahnya pengalaman kamu sebagai content creator

Kalau kamu bekerja di agensi besar, kamu bisa mendaki jenjang karier. Siapa tahu bisa jadi creative director, atau kamu bisa jadi CEO di agensi tersebut.

Baca Juga: Minat Baca di Indonesia Sangat Rendah, Kok Bisa?

Bisa Juga kerja untuk Diri Sendiri

Yang satu ini sangat menantang. Kamu harus memulai semuanya benar-benar dari nol, kecuali kalau kamu pada dasarnya sudah pernah jadi selebriti yang punya massa sendiri. 

Umumnya, seorang content creator yang sukses punya banyak pengikut (followers atau subscriber). Sebutan mereka biasanya sebagai influencer atau Key Opinion Leader (KOL). Nah, jika sudah punya massa, akan ada banyak tawaran endorsement, sponsor, kolaborasi, dan sebagainya yang bisa mendapatkan cuan.

Kamu bisa menempuh banyak jalan, tapi umumnya seorang content creator punya satu topik yang mereka sukai, sehingga topik tersebut bisa dikembangkan terus menerus hingga akhirnya konten mereka disukai orang dan mendapat banyak pengikut.

Gaji dan Penghasilan Content Creator WOW!

Misalnya, David Brendi dari kanal Youtube GadgetIn yang memiliki 9 juta subscriber. Dari 1000-an video yang sudah diunggah, hampir semuanya punya jutaan views. Pendapatan David dari Youtube saja bisa dipastikan minimal mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Itu baru dari Youtube, belum termasuk pendapatan dari sponsor video, endorsement, dan sebagainya.

Tapi itu semua gak terjadi dalam semalam. Sejak dulu, David adalah penggila gadget. Pada 2014, ia mulai menjadi content creator dengan bikin video tentang gadget, yang diunggah di Youtube. Ternyata berkat ketekunan dan konsistensinya dalam membuat konten, ia sukses.

Kalau kamu perhatikan, kualitas video pertama dan terbaru dari GadgetIn punya kualitas yang sangat berbeda dan pastinya terus membaik. Penampilan David sebagai host juga semakin bagus dan ia tak lagi mengucapkan naskah secara terbata-bata, menandakan bahwa David terus belajar membawa diri sebagai seorang penampil.

Kamu ingin berdikari sebagai content creator seperti David GadgetIn? Bisa saja, tapi realitanya pasti akan berdarah-darah dulu. Boro-boro gaji atau endorsement ratusan juta rupiah, dapat ribuan followers saja sudah bagus. Belum lagi kamu harus punya modal. Minimal harus ada smartphone dan kuota internet, kan?

Sarannya sih, lebih baik kamu punya pekerjaan tetap dulu biar kamu bisa dapat gaji tetap dan kehidupanmu jadi lebih aman. Misalnya bekerja di agensi iklan, sekalian kamu bisa menimba ilmu digital marketing dari mereka.

Lalu bikin dan upload konten sebagai sampingan. Jika sudah mapan sebagai pembuat konten, baru deh kamu bisa lepas pekerjaanmu dan mulai dapat gaji sebagai content creator.

Gimana guys? Kamu tertarik jadi content creator? Sebelum memulainya, yuk asah diri kamu dulu sebelum terjun ke dunia content yang makin sengit ini. Kamu bisa memulainya upgrade skill dengan ikutan Kelas Dasar Digital Marketing di sini dari goKampus. Di kelas ini kamu akan mendalami strategi pemasaran sampai pengelolaan digital marketing. Ada sertifikat resmi dari Trent Global College dan diskon up to 65% loh! Penasaran? Segera daftar dan pilih kelas favorit lainnya di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *