tugas pustakawan
Tips Belajar

Apa Tugas Pustakawan? Yuk, Kenali Perannya!

Kamu yang sering ke perpustakaan tentu juga sering bertemu dengan pustakawan. Nah, tahukah kamu kalau tepat pada hari ini, 7 Juli 2022, Indonesia merayakan Hari Pustakawan Nasional? Yup, salah satu profesi di perpustakaan yang sangat berjasa bagi kita yang sering ke perpustakaan adalah pustakawan. Yuk, kita mengenal peran dan tugas pustakawan di Hari Pustakawan Nasional ini!

Saat kamu kesulitan mencari data dan informasi tertentu, perpustakaan menjadi salah satu pilihan utama. Di perpustakaan, kamu bisa membaca dan meminjam banyak buku, hingga bergabung menjadi anggota perpustakaan. Perpustakaan menjadi penyelamatmu ketika mengerjakan tugas atau laporan, seperti tugas sekolah, laporan penelitian, membuat artikel, dan berbagai macam lainnya.

Siapakah Pustakawan Itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pustakawan adalah seseorang yang bekerja di bidang perpustakaan ataupun seseorang yang ahli di bidang perpustakaan. Pustakawan adalah tenaga professional yang terlatih, terdidik, dan memiliki keterampilan terkait kepustakaan.

Tanggung jawab dan tugas pustakawan adalah mengelola, mendata, dan merawat koleksi buku di perpustakaan, membantu dan memberikan layanan referensi untuk pengunjung perpustakaan, melakukan administrasi perpustakaan, memberikan layanan teknologi di perpustakaan, hingga mempromosikan perpustakaan tempat ia bekerja.

Di Indonesia, terdapat dua kategori pustakawan, yaitu Pustakawan Tingkat Ahli dan Pustakawan Tingkat Terampil. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 9 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya, masing-masing kategori pustakawan memiliki tugas pokok sebagai berikut:

Tugas Pustakawan Tingkat Ahli

  1. Melakukan perencanaan penyelenggaraan kegiatan perpustakaan.
  2. Monitoring dan evaluasi penyelenggaraan kegiatan perpustakaan.
  3. Pelayanan perpustakaan, mulai dari mengidentifikasi bahan perpustakaan, melakukan survei sederhana kebutuhan informasi pemustaka, mengelola layanan sirkulasi, melakukan bimbingan pendidikan pemustaka dan literasi informasi, mengelola layanan pinjam antar perpustakaan, e-resources, layanan koleksi perpustakaan bukan buku, storytelling, melakukan bimbingan penggunaan sumber referensi, melakukan pelayanan pemustaka berkebutuhan khusus, serta menyusun dan menyebarkan informasi terkait perpustakaan.
  4. Pengembangan sistem kepustakawanan, seperti mengkaji pepustakawanan, melakukan pengembangan, menganalisis, serta mengkritisi karya kepustakawanan.
  5. Pengembangan profesi, seperti membuat karya tulis atau karya ilmiah di bidang kepustakawanan, penerjemahan dan penyaduran buku, menyusun buku pedoman, serta ketentuan pelaksanaan
  6. Penunjang tugas pustakawan, seperti mengajar diklat fungsional/teknis di bidang kepustakawanan, ikut serta dalam kegiatan di bidang kepustakawan, dan menjadi anggota dalam organisasi profesi.

Tugas Pustakawan Tingkat Terampil di Tingkat Pelaksana

  1. Mengumpulkan data untuk persiapan perencanaan penyelenggaraan perpustakaan.
  2. Menghimpun alat seleksi bahan perpustakaan.
  3. Mengidentifikasi bahan perpustakaan untuk pengadaan.
  4. Membuat desiderata.
  5. Melakukan registrasi bahan perpustakaan.
  6. Menyusun daftar tambahan bahan perpustakaan (accession list).
  7. Verifikasi data bibliografi.
  8. Melakukan katalogisasi deksriptif salinan.
  9. Alih data bibliografi secara manual dan elektronik.
  10. Membuat kelengkapan bahan perpustakaan.
  11. Mengeluarkan koleksi perpustakaan dari jajaran koleksi dalam rangka pelestarian.
  12. Merawat koleksi perpustakaan.
  13. Melakukan reproduksi koleksi perpustakaan dalam bentuk tercetak.
  14. Mengelola jajaran koleksi perpustakaan (shelving).
  15. Melakukan layanan peminjaman dan pengembalian koleksi.
  16. Melakukan layanan perpustakaan keliling.

Baca Juga: Perpustakaan Bukan Hanya Tempat Membaca dan Meminjam Buku Loh!

Itulah peran dan tugas pustakawan yang perlu kamu ketahui. Ternyata banyak ya tugasnya! Oh iya, apakah kamu tertarik dengan profesi ini? Atau kamu masih explore profesi lainnya?

Tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Sambil mempersiapkan diri kamu untuk terjun ke dunia kerja, kamu bisa ambil kelas Nanyang Technological University Singapore di goKampus. Ada beragam pilihan kelas yang bisa kamu ikuti dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat profesional berlisensi dari kampus ternama di Asia dengan biaya terjangkau, cukup Rp700 ribu/bulan. Kalau kamu tertarik, bisa sign up sekarang atau cek kelas NTU di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *