sosiologi
Kategori Kelas

Alasan Kamu Memilih Jurusan Sosiologi

Lulus SMA, setelah itu mau kuliah jurusan apa ya? Coba kamu pertimbangkan untuk memilih jurusan sosiologi. Meski nggak sepopuler jurusan lain seperti ekonomi atau teknik, tapi ternyata prospek peluang pekerjaan jurusan sosiologi ternyata sangat besar, loh. Lulusan ini juga banyak dicari perusahaan ternama hingga memiliki gaji tinggi.

Secara umum, sosiologi sendiri merupakan jurusan yang mempelajari ilmu seputar masyarakat sosial. Selain itu, sosiologi juga mencakup berbagai macam topik, misalnya pengembangan institusi hingga memahami sikap-sikap kebudayaan.

Nyatanya, jurusan sosiologi ternyata cocok bagi kamu yang menyukai segala hal tentang seseorang, baik orang per orang hingga masyarakat luas. Intinya, di jurusan ini kamu akan banyak mempelajari tentang kebutuhan masyarakat, mulai dari sisi ekonomi, media, lingkungan, teknologi, dan masih banyak lagi.

Untuk mendalami ilmu sosiologi, kamu akan mempelajari awal peradaban modern terbentuk, hingga meneliti faktor-faktor yang menyatukan mereka. Bahkan, ada beragam topik yang bisa dipelajari dari kasus yang ada di kehidupan sehari-hari, seperti kriminologi dan gender. Seru kan?

Alasan Memilih Jurusan Sosiologi

Kalau kamu masih ragu untuk memilih jurusan sosiologi, yuk intip alasan kenapa program studi ini cocok buat pengembangan kariermu di masa depan!

1. Memahami fenomena sosial dan belajar banyak hal berharga

Kamu akan lebih memahami fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat secara ilmiah. Selain itu, kamu juga akan mempelajari hal-hal mengenai ekonomi, hubungan internasional, komunikasi, psikologi, lingkungan hingga kesehatan. Gak hanya itu, sejumlah mata kuliah seperti penelitian kuantitatif, demografi sosial, dan statistika bisa kamu pelajari sebagai ilmu pendukung.

Meski nantinya kamu bisa ketemu angka, pengalaman kuliah sosiologi ternyata gak membosankan, loh. Soalnya, kamu gak hanya belajar di kelas, tetapi akan ada penelitian lapangan yang menjadi rutinitas belajar kamu.

Dalam praktiknya, kamu bisa melakukan riset ke daerah lain yang gak pernah kamu bayangkan sebelumnya, sehingga pikiran kamu akan lebih terbuka terhadap fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Kamu pun akan bertemu lebih banyak orang dari berbagai latar belakang berbeda. Bisa menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga, kan?

2. Skill berpikir sistematis dan kritis lebih terasah

Rata-rata mata kuliah di jurusan sosiologi akan mempelajari teori-teori mengenai aspek kehidupan sosial. Kamu akan sering menemukan permasalah sosial yang kompleks dan membutuhkan cara berpikir yang kritis untuk memahaminya. Dengan metode belajar seperti itu, kamu akan menguasai skill cara berpikir sistematis dan kritis. Hal ini bisa menjadi bekal penting untuk kamu bisa sukses di masa depan.

3. Jurusan sosiologi punya beragam konsentrasi/peminatan

Pembahasan jurusan ini sangat luas. Oleh sebab itu, di jurusan ini kamu bisa memilih beberapa konsentrasi. Apa aja? Sosiologi punya beberapa sub program studi, seperti sosiologi industri, lingkungan, ekonomi, perkotaan atau pedesaan, politik, kriminalitas, agama, hingga gender.

Beberapa konsentrasi tadi bisa kamu pilih sesuai dengan passion kamu. Di beberapa kampus, kamu bisa memilih beberapa konsentrasi yang ingin dipelajari. Namun, ada juga kampus yang harus mempelajari semuanya untuk memenuhi bebas SKS. Kalau kamu kira-kira mau memilih konsentrasi apa?

4. Peluang karier terbuka lebar

Prospek peluang karier jurusan sosiologi sangat terbuka lebar karena hampir semua industri dan perusahaan membutuhkan lulusan ini. Beberapa posisi kerja yang cocok untuk lulusan ini adalah human resource, analis pasar, perencana media, dan hubungan masyarakat.

Gak hanya itu, lulusan sosiologi juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru misalnya membuka jasa konsultan untuk data publik. Asyik, ya!

Gimana? Kamu sudah siap untuk kuliah jurusan sosiologi? Setelah lulus kuliah di jurusan yang kamu minati, mungkin salah satu keinginan kamu bekerja di perusahaan impian, kan? Sembari kuliah nanti, yuk upgrade juga skill kamu bareng goKampus agar lebih siap kerja setelah lulus nanti!

Asah soft skill kamu sebelum terjun ke dunia kerja dengan ikutan kelas Keahlian Berpikir Kritis di sini dan kelas Kecerdasan Emosional (EQ) di Tempat Kerja di sini. Kedua soft skill itu penting banget dan dibutuhkan di dunia kerja, loh. Cus, ikutan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *