Melakukan berbagai kegiatan di era modern seperti sekarang ini jauh lebih mudah dapat cepat. Itu semua tentu tidak terlepas dari ragam inovasi yang bermunculan. Di bidang pendidikan, inovasi juga hadir, salah satunya adalah kuliah online. Dengan program kuliah online, mahasiswa tidak perlu datang langsung ke kampus untuk dapat mengikuti proses belajar mengajar.

Seperti layaknya belanja online, dimana kamu tidak perlu repot-repot lagi datang ke toko yang menyediakan barang tersebut, kamu cukup mengakses toko online melalui smartphone maupun komputer atau laptop.

Baca Juga: 9 Daftar Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Begitu juga dengan kuliah online, cukup dengan menggunakan komputer, laptop atau smartphone, kamu sudah langsung bisa mengikuti proses belajar mengajar. Inovasi ini juga disebut dengan istilah e-learning. Dengan kata lain, mengenyam pendidikan tinggi bisa dilakukan dimana saja tapi tetap di waktu yang telah ditentukan oleh pihak kampus.

Namun perlu kamu ketahui bahwa kuliah online ini tidak serta merta kamu belajar melalui perangkat elektronik secara terus menerus, karena tetap ada pertemuan secara offline. Intensitas pertemuan offline ini tentu tidak sepadat layaknya mahasiswa kelas reguler. Hanya beberapa pertemuan saja dalam satu semesternya.

Kuliah online menjadi jawaban terbaik bagi kamu yang sibuk dengan pekerjaan namun tetap ingin menimba ilmu di perguruan tinggi negeri maupun universitas swasta di Indonesia. Sehingga, kerja dan belajar dapat berjalan beriringan.

Dan tentu saja hal itu akan meningkatkan kemampuan sekaligus mengembangkan diri dari sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa kamu akan mendapatkan promosi jabatan. Atau pekerjaan yang mungkin sesuai dengan gaya hidup kamu, bisa dibilang, kerja sesuai dengan fashion.

Beberapa universitas di Indonesia pun telah menyediakan program kuliah online atau e-learning yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk mengenyam pendidikan tinggi. Berikut ini 3 universitas swasta dengan program kuliah online di Indonesia.

1. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Binus telah menyelenggarakan kuliah online bagi para lulusan SMA/SMK dan lulusan D3 yang berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1.

Setiap mahasiswa pada program kuliah online ini tetap akan mengikuti proses belajar mengajar di ruangan kelas, namun hanya beberapa kali dalam satu semester. Pertemuan offline ini hanya bertujuan untuk diskusi materi kuliah, membahas kasus, dan ujian tertulis.

Untuk semetara waktu ini, kuliah online di Binus hanya tersedia pada beberapa program studi. Diantaranya adalah Teknik Informatika, Sistem Informatika, Bisnis Manajemen, Akuntansi untuk lulusan SMA/SMK, dan Akuntansi, Sistem Informatika, Bisnis Manajemen untuk lulusan D3.

2. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana menjadi kampus pertama yang menghadirkan program kuliah online, dimana menjadi bagian dari program kelas karyawan. Pada program kuliah online ini, setiap mahasiswa diberikan kebebasan dalam menentukan kampus dan waktu. Adapun kampus Mercu Buana itu sendiri terdapat di empat lokasi, yakni Meruya Jakarta Barat, Menteng Jakarta Pusat, Jatisampurna Bekasi, dan Warung Buncit Jakarta Selatan.

Kuliah online di Mercu Buana sendiri mulai dari jenjang S1 hingga S3. Untuk jenjang S1, terdiri dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dan juga Fakultas Seni serta Kreatif, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Sementara untuk jenjang S2 yakni program Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Teknik Industri, Magister Teknik Mesin, Magister Akuntansi, Magister Teknik Elektro, dan Magister Teknik Sipil. Program studi Manajemen menjadi satu-satunya program kuliah online yang tersedia untuk jenjang S3.

3. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul menjadi daftar universitas swasta di Indonesia ketiga yang menyediakan program kuliah online. Dalam program kuliah online di Universitas Esa Unggul, setiap mahasiswa akan tetap mengikuti proses belajar mengajar secara langsung di dalam ruang kelas bersama dosen. Akan tetapi, pertemuan offline tersebut hanya dilakukan beberapa kali dalam satu semesternya.

Dengan hadirnya program kuliah online, kamu dapat merasakan metode pembelajaran yang tidak lagi mengenal waktu, namun tetap dengan materi kuliah yang terbatas. Sehingga, menghadirkan pembelajaran yang berkualitas.

Pendaftaran kuliah jadi lebih mudah dengan hanya melalui satu aplikasi, goKampus. Download aplikasi goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store. Tidak hanya daftar kuliah yang bisa dilakukan, tapi juga menginformasikan seputar dunia perkuliahan, seperti magang, acara kampus, dan beasiswa kuliah. Lebih mudah dan cepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like