cara membuat puisi
Kategori Kelas

Begini Cara Membuat Puisi yang Baik dan Mudah

Apakah kamu lagi stuck dan merasa kesulitan menulis karya sastra yang satu ini? Tenang, membuat puisi gak sesulit itu kok, guys! So, gimana sih cara membuat puisi yang baik dan mudah? Apakah benar-benar mudah membuatnya? Simak langkah-langkahnya di artikel ini ya biar kamu gak kesulitan lagi!

Cara Membuat Puisi yang Baik

Kalau lihat contoh puisi yang sastrawan atau penyair buat, mungkin memang terlihat susah ya menulisnya. Namun, kamu bisa lakukan cara ini saat membuat puisi. Apa saja itu?

1. Tentukan tema dan judul

Langkah atau cara membuat puisi pertama ini penting agar kamu mengetahui pasti apa yang akan kamu tulis. Pembaca juga bisa dengan mudah memahami karya yang kamu buat. Tema adalah salah satu faktor yang bisa membuat penulisan puisimu lebih berkembang. Kamu bisa menulis dengan tema liburan, kampung halaman, belajar, dan sebagainya. Setelah menentukan tema, baru kamu putuskan judul apa yang tepat untuk puisimu tersebut.

2. Tentukanlah kata kunci

Penentuan kata kunci juga gak kalah penting untuk memudahkan kamu mengembangkan puisimu. Misalnya, kamu ingin menulis dengan tema liburan, maka kamu bisa mencari kata kunci yang berhubungan dengan liburan. Nantinya kata kunci ini bisa kamu kembangkan menjadi kalimat atau bait puisi.

3. Tentukan dan pilih diksi yang akan kamu gunakan

Diksi adalah pemilihan kata yang unik dan menarik. Pemilihan kata ini berupa gaya bahasa yang akan kamu gunakan. Usahakan diksi yang kamu pilih adalah yang mudah pembaca pahami dan gak asing di telinga. Namun, kembali lagi ke selera penulisanmu. Kalau kamu lebih suka menggunakan diksi yang asing namun menurutmu indah, maka kamu gak perlu ragu untuk menulis pemilihan kata tersebut.

4. Menggunakan rima

Agar lebih tertata dan enak dibaca, ada baiknya kamu menggunakan kata-kata berima dalam penulisannya. Kata berima adalah sebuah kata yang memiliki bunyi yang sama pada akhir kalimat. Misalnya, kamu dapat menggunakan rima baris dengan pola a-a-a-a, a-b-b-a, a-a-b-b, atau a-b-a-b.

5. Kembangkan puisimu

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan puisimu sendiri. Kamu bisa merangkai dan menyusun larik-larik menjadi satu bait yang utuh. Biasanya satu bait terdapat empat larik. Namun, pada puisi baru, jumlah larik gak dibatasi dalam satu bait. Kamu bisa menuliskan banyak larik dalam satu bait, mulai dari dua hingga lima larik. Buatlah larik dan bait seindah mungkin. Ingatlah kalau puisimu harus ringkas, padat, dan indah.

6. Buatlah penutup

Akhir puisi biasanya berisikan kalimat yang sangat indah dan menusuk pembacanya. Hal ini agar para pembaca mau membaca puisimu lebih dari satu kali. Kembangkan kreativitasmu agar karya yang kamu buat dapat menarik perhatian pembaca.

Ternyata gak sulit kan membuat puisi? Semoga cara membuat puisi di atas bisa membantumu, ya! Agar lebih mudah lagi, kamu bisa membaca berbagai referensi, misalnya yang karya-karya yang tokoh terkenal tulis atau buat. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menuliskan puisimu sendiri.

Baca Juga: 5 Contoh Puisi Karya Sastrawan Indonesia, Kamu Pernah Baca?

Oh iya, kalau kamu tertarik dengan puisi dan segala hal yang berhubungan sastra, kamu bisa ambil kuliah jurusan sastra dan daftar di goKampus. Gampang banget caranya! Cukup upload rapor, 1 jam langsung diterima. Gak percaya? Cobain daftar kuliah instan di sini.

Sambil mempersiapkan diri kamu untuk terjun ke dunia kerja nanti, kamu bisa juga ambil kelas Nanyang Technological University Singapore di goKampus. Ada beragam pilihan kelas yang bisa kamu ikuti dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat profesional berlisensi dari kampus ternama di Asia dengan biaya terjangkau, cukup Rp1 juta/bulan. Kalau kamu tertarik, bisa sign up sekarang atau cek kelas NTU di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *