ciri ciri stres
Tips Belajar

Menandai Ciri Stres, Ada yang Terlihat, Ada Juga yang Tidak!

Ciri stres itu ternyata ada banyak loh. Ada yang terlihat secara langsung, ada juga yang tidak. Soalnya dampak stres sendiri memang ada yang menyerang fisik atau tubuh, ada juga yang menyerang psikis atau mental dan pikiran. Nah sayangnya, banyak orang yang justru gak sadar kalau mereka sedang stres. 

Tidak menyadari diri sedang stres itu ternyata berbahaya loh. Apalagi kalau ternyata sampai mengalami stres yang tergolong kategori stres berat. Jadi, daripada hal tersebut menimpa kamu, alangkah baiknya jika kamu mengetahui betul apa saja sih ciri-ciri stres. Dengan mengetahui ciri-cirinya, harapannya kita jadi bisa mengambil tindakan lebih cepat sebelum semuanya jadi lebih buruk. 

Ciri stres itu ada banyak. Hal paling mudah untuk mendeteksinya adalah yang terlihat muncul di tubuh. Apa saja?

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Stres yang Terlanjur Datang

Ciri Stres yang Bisa Terlihat

1. Jerawat

Penelitian yang terbit dalam Inflammation & Allergy Drug Targets mengungkap stres ternyata turut memengaruhi kulit. Gejalanya bisa terlihat dari terjadinya inflamasi seperti psoriasis, eksim, dan jerawat. Selain itu, stres juga membuat penyembuhan luka membutuhkan waktu lama.

2. Perubahan Berat Badan

Umumnya, stres bisa menekan nafsu makan sehingga secara tidak langsung membuat berat badan turun. Namun bagi sebagian orang, ada juga yang membuat seseorang justru makan dalam porsi berlebih sehingga berat badannya naik. 

3. Otot Menegang

Saat stres, seseorang tanpa sadar bisa merasakan tegang pada rahang dan tangan yang mengepal. Di saat seperti ini, otot seperti bersiap untuk tindakan cepat demi menghindari ancaman. Mengutip American Psychological Association, ketegangan otot ini bisa menimbulkan masalah lain seperti sakit kepala, sakit leher, bahkan sakit punggung. Ada juga yang berimbas ke masalah gigi akibat kebiasaan menggertak gigi akibat stres.

Ciri-Ciri Stres yang Menyerang Psikis, Mental, dan Pikiran

Nah, ciri-ciri stres berikut ini agak sedikit bahaya. Pasalnya, gejalanya tidak terlihat mata, melainkan cuma bisa merasakannya. Apa saja? 

1. Susah Mengingat

Stres berkaitan dengan isu kognitif. Pada studi di dalam jurnal Neurology, orang berusia muda dan dewasa dengan kadar kortisol tinggi lebih cenderung mengalami masalah ingatan dan volume otak yang mengecil.

2. Merasa Terlalu Emosional

Ketika beban pikiran turun ke perasaan, biasanya seseorang akan jadi emosional. Mereka juga jadi lebih mudah marah, bahkan terhadap hal-hal sepele. Parahnya, kemarahan ini bisa saja terlampiaskan kepada orang-orang terdekat.

3. Mood Swing

Mood swing adalah kondisi ketika rasa bahagia, sedih, dan marah terasa bergantian dalam waktu dekat. Jika membiarkan perasaan mood swing dapat menyerang kesehatan mental.

4. Kehilangan Motivasi

Saat kamu merasa hilang arah dan tujuan hidup, jangan-jangan kamu sedang mengalami stres. Jika tidak segera mengatasi hal ini, bisa mengakibatkan gangguan emosional berkepanjangan. Bahaya kan?

5. Trauma

Trauma adalah pengalaman emosional yang biasanya ditandai dengan ketidakmampuan melepaskan diri dari memori kejadian buruk di masa silam. Jadi bawaannya ingat terus. Hal ini bisa bikin seseorang kehilangan semangat menjalani aktivitas sehari-hari, dan termasuk dalam kategori stres berat.

Itulah beberapa ciri-ciri stres yang lebih menyerang psikis, mental, dan pikiran. Jika hal-hal seperti disebutkan di atas mulai kamu rasakan, jangan diabaikan ya. Daripada kamu stres dan tidak tersalurkan, sebaiknya cari cuan tambahan dengan ikut writing competition yuk! Info lengkapnya klik di sini.

Sekarang tinggal bagaimana kamu melatih diri untuk mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang ada ya. Bekali ilmu dan pengetahuan sesering mungkin. Bila perlu, sediakan waktu untuk upgrade skill lewat kelas-kelas profesional di sini. Bisa jadi dari kelas tadi kamu bisa menemukan solusi atas permasalahan yang kamu alami.

Sekarang mengikuti kelas atau kursus banyak yang online. Jadi kamu gak perlu repot-repot datang ke tempat kursusnya, misalnya di goKampus! Di goKampus kamu bisa mendapatkan ikutan kelas online bersertifikat langsung dari universitas terkenal di Singapura, Nanyang Technological University (NTU). Ada promo dan program cicilan menarik loh! Jadi gak bikin stres kan? Yuk, cari kelas favoritmu dengan klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *