contoh administrasi publik
Kategori Kelas

Contoh Administrasi Publik dalam Kehidupan Sehari-hari

Implementasi administrasi publik dalam kehidupan sehari-hari ternyata ada banyak contoh, loh. Jadi, gak heran jurusan administrasi publik cukup banyak peminatnya. Dengan makin banyak penerapannya, makin besar juga prospek kerjanya. Lalu, apa saja contoh administrasi publik dalam kehidupan sehari-hari?

Pada dasarnya salah satu fokus administrasi publik adalah gimana melayani kebutuhan masyarakat. Ilmu ini juga mengatur sedemikian rupa segala hal yang berhubungan dengan pelayanan.

Contoh sederhana yang biasa kita temui pada pelayanan administrasi publik, misalnya pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Kita tahu bahwa dinas ini merupakan salah satu unsur pelaksana pemerintah daerah yang dipimpin Kepala Dinas dan bertanggung jawab penuh pada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Di sini kamu biasanya bisa mengurus KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, izin pernikahan, dan lain-lain. Nah, mulai dari pendaftaran dan pendataan catatan sipil, pelayanan penyuluhan informasi, dan sebagainya merupakan salah satu contoh penerapan administrasi publik.

Sebagai dinas yang memberikan pelayanan administrasi langsung pada masyarakat, tentunya mereka selalu meningkatkan efektivitas pelayanan administrasinya. Misalnya sekarang dinas ini juga bertugas menjamin akurasi kependudukan, menjamin ketunggalan nomor induk kependudukan (NIK), menjamin ketunggalan dokumen kependudukan dan sebagainya.

Contoh Penerapan Administrasi Publik bagi Negara

Perlu kamu ketahui juga bahwa ilmu administrasi publik pada dasarnya menguraikan gimana dalam pembuatan keputusan pemerintahan, serta mengelola proyek pemerintah untuk melaksanakan keputusan tersebut.

Untuk mengilustrasikan banyak keputusan yang harus ditangani oleh seorang administrator, kita bisa ambil contoh misalnya ada peningkatan kejahatan dengan kekerasan yang mempengaruhi lingkungan tertentu. Seorang pejabat publik harus dapat memberikan solusi yang paling efektif dan efisien untuk mengurangi kejahatan di daerah tersebut.

Caranya? Salah satu gagasan misalnya dengan menambah jumlah polisi di wilayah tersebut. Tetapi berapa banyak yang kebutuhannya? Di mana mereka seharusnya berada? Gimana menghadapi para penjahat? Haruskah semua masuk bui?

Kemungkinan lain adalah mengembangkan program sekolah untuk remaja bermasalah. Namun, gagasan ini juga akan menimbulkan tanya. Seperti dari mana sumber dananya, cara membujuk orang dewasa dan remaja untuk berpartisipasi, dan lain-lain.

Intinya, ini adalah upaya yang berkelanjutan. Negara atau pemerintah tentunya memiliki banyak masalah—mulai dari perawatan kesehatan, teknologi, hingga keuangan—yang harus dipecahkan dalam rangka menciptakan masyarakat yang lebih sempurna. Hal ini sekaligus menegaskan betapa pentingnya ilmu administrasi publik dalam kehidupan bernegara. 

Sekarang kamu sudah tahu kan seperti apa contoh administrasi publik? Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri juga masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sini, kelas UX Writer di sini, atau Memulai Karier sebagai Product Manager di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelas dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *