Banyak yang mengira bahwa Akademi Pariwisata (Akpar) NHI Bandung itu sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB). Padahal, kedua lembaga pendidikan tinggi tersebut sangatlah berbeda.

Akpar NHI adalah perguruan tinggi swasta (PTS) yang telah berdiri sejak 2001. Koperasi Pegawai Negeri Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (Kopensi STPB) merupakan lembaga pendiri PTS tersebut.

Baca Juga: Selamat! Hasil Pengumuman USM Gel 2 Akpar NHI

Sementara Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung merupakan perguruan tinggi negeri, dibawah Kementerian Pariwisata. Namun, perguruan tinggi negeri yang lebih dikenal dengan sebutan STPB ini tetap secara teknis akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Dahulu, STP Bandung dikenal dengan istilah NHI – dibaca enHaii. Seiring peningkatan status dan perkembangan pendidikan, maka NHI yang merupakan singkatan dari National Hotel Institute berganti nama menjadi STP Bandung.

Sekarang, nama NHI itu sendiri digunakan oleh Akademi Pariwisata yang berada dibawah Yayasan Kopensi STPB. Sehingga, namanya menjadi Akademi Pariwisata NHI atau juga dikenal dengan sebutan Akpar NHI.

Sejarah Singkat Berdirinya AKPAR NHI Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP Bandung) menjadi cikal bakal berdirinya Akademi Pariwisata (Akpar) NHI Bandung. STP Bandung pun tidak terlepas dari berdirinya Sekolah Kejuruan Perhotelan (SKP) di tahun 1959. KSP merupakan sekolah kejuruan menengah atas yang bernaung dibawah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan –kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berselang tiga tahun kemudian, tepatnya di tahun 1962, SKP resmi berganti nama menjadi SKPP yang merupakan singkatan dari Sekolah Kejuruan Perhotelan dan Perestoranan. Perubahan ini juga bersamaan dengan beralihnya kelembagaan yang menaunginya. Dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, menjadi Departemen Perhubungan Darat –kini, Departemen Perhubungan.

Setahun kemudian, tepatnya tanggal 11 Maret 1963, berdirilah Akademi Perhotelan dan Perestoranan (APP). APP ini sebagai kelanjutan dari SKP dan masa pendidikan berlangsung selama 3 tahun.

8 Maret 1965, APP mengalami perubahan nama menjadi APN yang merupakan singkatan dari Akademi Perhotelan Nasional. APN. Akdemi ini (APN) sekaligus menjadi pendidikan tinggi pertama di Indonesia yang bergerak di bidang Perhotelan.

Departemen Perhubungan kemudian memutuskan untuk menggabungkan SKPP dan APN menjadi Pusat Pendidikan Kepariwisataan (PUSDIKPAR) di tanggal 7 Maret 1967. Tiga tahun berselang, di tanggal 6 Januari 1970, Pusdikpar resmi berubah nama menjadi APN.

Hingga pada akhirnya, 21 Juli 1973, APN menjadi NHI (National Hotel Institute). Perubahan ini tidak terlepas dari kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Swiss dalam bidang pendidikan perhotelan. Sistem pendidikan yang diterapkan di NHI adalah program Diploma I, II, dan III.

Yayasan Kopensi STP Bandung Pendiri AKPAR NHI

Pada tanggal 21 Juli 1979, NHI dikembangkan menjadi NHTI, singkatan dari National Hotel & Tourism Institute. Perubahan ini sejalan dengan kebutuhan tenaga kerja dibidang Pariwisata. NHTI pun menambahkan dua jurusan baru, yakni Jurusan Bina Wisata (Tourism Management) dan Jurusan Usaha Perjalanan (Tours and Travel).

Perubahan nama kembali terjadi. Tanggal 11 November 1981, NHTI berganti menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Bandung. BPLP Bandung ini berada dibawah naungan Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.101 tahun 1993, BPLP Bandung berubah menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Kembali bergantinya nama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan pariwisata di Indonesia. STP Bandung pun menambahkan pendidikan Diploma IV.

Jumlah peminat yang ingin mengenyam pendidikan di STP Bandung mengalami peningkatan. Sementara daya tampung yang dibuka hanya berjumlah terbatas. Itulah mengapa STPB mendirikan Yayasan Kopensi STPB. Yayasan inilah yang kemudian mendirikan sekaligus bertugas untuk mengelola Akademi Pariwisata NHI Bandung.

Kini, mendapatkan berbagai informasi seputar dunia perkuliahan menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Bagaimana tidak, kamu cukup download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Setelah itu, kamu langsung kepoin goKampus di smartphone kamu. Informasi-informasi seperti acara kampus, magang, promo mahasiswa, beasiswa dan dana pendidikan disajikan secara lengkap dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like